PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Ways for Adapting to a New Job

31 May 2023

Hi, friends! Kalian sudah siap untuk memasuki langkah hidup yang baru dan memulai dunia kerja?

Kalian tentunya akan menghadapi rekan kerja, lingkungan, budaya, dan tantangan yang baru. Maka dari itu, kamu harus dapat beradaptasi dengan situasi yang serba baru ini agar dapat menjalaninya dengan gembira dan penuh semangat.

Namun, teman-teman tidak perlu khawatir! Kami disini akan memberikan beberapa tips agar kalian dapat beradaptasi dengan baik nantinya di tempat kerja baru.

Jangan sombong dan buka diri

Saat memulai kerja di tempat baru, tujuan kamu tentu untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru kan? Jadi, sangat penting untuk kalian membuka diri terhadap sekitar. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang menyenangkan dan positif. Dengan begitu, orang-orang di sekitar kalian tahu bahwa kalian ingin belajar dan tidak segan untuk berbagi akan pengetahuan mereka.

Tunjukkan kemampuan kalian secara maksimal

Tunjukkan kemampuan kalian bukan berarti sombong ya, tetapi kalian diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar rekan kerja kalian tahu seberapa jauh kemampuan yang kalian miliki dan membimbing kalian menjadi lebih baik lagi.

Cermati norma dan budaya kerja

Pahamilah norma dan budaya di tempat kerjamu. Cari tahu aturan-aturan dan kebiasaan yang diterapkan di kantor agar kamu jauh dari masalah dan hal negatif yang dapat berpengaruh terhadap karirmu. Selain itu, kamu juga jadi bisa fit in dengan lingkungan yang baru dan tahu batasan-batasan dalam bertindak.

Beradaptasi di lingkungan kerja yang baru merupakan kebutuhan penting yang perlu dilakukan. Cara kamu beradaptasi akan berdampak bagi kehidupan kerjamu di masa depan.

Kalau kamu jadi anggota baru di BCA (kita sebut sebagai newbie) gak usah khawatir Friends, BCA sudah siapin program First Learning Year (FLY) buat kamu lho! FLY adalah program untuk membantu newbie beradaptasi selama 1 tahun awal masa kerja, mulai dari mengenal visi misi perusahaan, struktur organisasi dan unit kerja, sampai hal simpel seperti adaptasi untuk cari tempat makan waktu istirahat lho! Dan semua ini akan didampingi oleh yang namanya buddy/mentor. Seru banget kan?

Jadi, pastikanlah kamu beradaptasi dengan baik ya! Best of luck to all of you!

Kalau mau jadi bagian dari #TeamBCA langsung aja kepoin lowongan di website karir.bca.co.id.

Artikel Lainnya

Cari Karir