PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

The Power of Cultural Awareness: How It Can Enhance Teamwork and Productivity in the Workplace

16 July 2024

Kesadaran budaya atau kepekaan terhadap perbedaan budaya merupakan sebuah kunci penting dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Khususnya ketika sedang berada di dalam suatu lingkungan kerja, dimana kita akan dipertemukan dengan budaya yang berbeda-beda. Memang faktanya tanah air tempat kita berpijak, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman budaya, agama, linguistik, dan etnis yang disatukan dalam satu slogan yaitu ‘Bhineka Tunggal Ika’. Dengan mempelajari & menyadari keragaman budaya yang ada, kita dapat berkomunikasi lebih efektif dan meningkatkan kesadaran diri sendiri serta kesadaran terhadap orang lain. Dan tentunya juga harus dilengkapi dengan sifat toleransi yang tinggi. Kesadaran budaya tidak hanya membantu dalam mengurangi kesalahpahaman budaya, tetapi juga meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim dan produktivitas. 

Pentingnya Kesadaran Budaya dalam Kerja Sama

Kesadaran budaya merujuk pada kemampuan untuk memahami, berkomunikasi, dan berinteraksi efektif dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Dengan memahami dan menerima bahwa budaya itu beragam, kita dapat meningkatkan kerja sama dan produktivitas di tempat kerja dengan lebih efektif.  Mereka akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menghadapi tantangan dan ketidakpastian karena memiliki perspektif yang lebih luas dan pemahaman yang lebih dalam tentang norma, nilai, dan praktik budaya yang berbeda. Selain itu dengan adanya perbedaan budaya juga justru dapat menggabungkan ide dan inovasi yang hadir. Perbedaan cara kerja yang ada harusnya bisa dijadikan media akulturasi untuk menciptakan budaya kerja yang lebih efektif. Hal ini membantu mereka menavigasi lingkungan sosial dan profesional yang berbeda dengan empati, adaptabilitas, dan open minded. Nah, ketika seseorang kurang memiliki kesadaran budaya, tentunya akan memiliki dampak negatif terhadap lingkungan pekerjaan, seperti terjadinya : (1) Kesalahpahaman dan Konflik, (2) Limitnya kesempatan untuk pertumbuhan karier, (3) Reputasi Negatif

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesadaran Budaya

Meningkatkan kesadaran budaya dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Mempelajari dan belajar menerima karakteristik budaya yang berbeda-beda dengan cara memperluas pengetahuan kita melalui sejarah, buku, dokumenter, atau seminar. Dan juga pengamatan langsung terhadap orang – orang sekitar kita, sehingga kita bisa memahami dan menerima bagaimana kebiasaan rekan kerja kita. 

  2. Berinteraksi dengan orang lain yang memiliki budaya yang berbeda-beda dengan sifat menghargai, agar lebih terhindar dari kesalahpahaman.

  3. Mengembangkan kesadaran diri sendiri serta kesadaran terhadap orang lain dengan menerima budaya yang berbeda-beda dengan meningkatkan rasa toleransi dan sifat tenggang rasa. 

  4. Meningkatkan kesadaran budaya sesama di lingkungan pekerjaan kita dengan tentunya memberikan contoh yang baik seperti: menghargai pendapat orang lain, memberikan ucapan kepada sesama ketika ada hari perayaan budaya/ agama mereka, tidak mengganggu ketika sesama sedang beribadah/ menjalankan tradisi, dan berusaha menghindari kesalah pahaman dengan membangun relasi komunikasi yang baik.

Jadi Friends,
Agar bisa menciptakan budaya kerja yang positif di tengah keragaman budaya, tentunya harus dimulai dari diri kita pribadi dan juga dibutuhkan peran perusahaan untuk turut andil dalam membangun suasana lingkungan dan budaya kerja yang positif agar bisa dicontoh oleh para karyawan. Hal itu pun juga yang diterapkan di BCA, dimana BCA berusaha meningkatkan aspek teamwork yang merupakan salah satu tata nilai BCA yang digunakan untuk mencapai visi & misi perusahaan. Contoh upaya yang dilakukan untuk mempererat hubungan antar karyawan dengan budaya yang berbeda-beda adalah dengan program team engagement yang dimiliki setiap divisi. Dan budaya lingkungan kerja yang baik di BCA memang sudah terbukti dengan adanya  penghargaan “Best Companies to Work for in Asia” serta penghargaan “We Care” dari HR Asia Awards.

Maka dari itu, yuk! peka terhadap perbedaan budaya di lingkungan kerja !

Artikel Lainnya

Cari Karir