PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

The Dynamism of Good Work Relationship: Perks and Benefits

16 April 2024

Tempat kerja atau work place adalah lingkungan yang penting dalam kehidupan kita, karena kita menghabiskan sebagian besar waktu dan tentu bertemu banyak tipe orang di tempat kerja. Untuk memaksimalkan kolaborasi dan produktivitas, sebaiknya kita menjalin hubungan positif dengan orang-orang yang kita temui. Karena secara tidak langsung, hubungan positif di tempat kerja akan berdampak pada banyak aspek di kehidupan, termasuk wellness, happiness, dan mental health.

Kami telah mewawancarai 2 orang yang masing-masing sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Sebut saja Pak Kim dan Ibu Maudy. Pak Kim telah bekerja di sebuah perusahaan sebagai Manajer Penjualan selama lebih dari 20 tahun, sedangkan Ibu Maudy telah bekerja sebagai Manajer Keuangan selama kurang lebih 6 tahun.

Ketika kita ingin menciptakan hubungan positif di tempat kerja kita, pertanyaan pertama yang muncul adalah; apa kunci hubungan positif di tempat kerja?

Pak Kim bercerita bahwa kunci dalam menciptakan hubungan kerja yang positif adalah terbuka dan jujur serta hindari gosip dan rumor. Selain itu, kolaborasi yang baik juga hal yang penting.

Tempat kerja yang positif adalah dambaan setiap orang, namun perlu diingat bahwa kita tidak kebal dari konflik ketika kita berada di kantor.

Menurut Ibu Maudy, dalam penanganan konflik kita tentu harus tetap tenang dan bersama berusaha mencari solusi yang terbaik untuk masing-masing pihak karena profesionalisme harus tetap kita jaga. Oleh karena itu penanganan konflik yang baik di lingkungan kerja menjadi skill yang diperlukan. Jadi apa yang terjadi di kantor, itulah yang terjadi di kantor, sedangkan di luar kantor, ada hal lain yang berbeda.

Seberapa penting komunikasi yang efektif dalam menjalin hubungan positif di tempat kerja?

Ibu Maudy menyatakan, komunikasi yang efektif menurutnya sangat penting. Dengan melakukan komunikasi yang jelas, tanpa membuang waktu, dan efisien, kita bisa lebih membangun kepercayaan dengan orang lain. Selain itu, Pak Kim juga setuju bahwa teknik komunikasi efektif juga berkontribusi terhadap hubungan positif di tempat kerja, tentunya demi perlakuan yang setara di antara orang-orang di tempat kerja.

Berdasarkan wawancara dengan Pak Kim dan Ibu Maudy, dapat disimpulkan bahwa hubungan positif di tempat kerja merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, produktif, dan berkelanjutan. Untuk menciptakan itu, diperlukan hal-hal seperti berkomunikasi dengan jelas, menghargai pendapat orang lain, bersikap terbuka dan transparan, kejujuran, dan memahami perspektif orang lain. Dengan demikian, kita dapat menciptakan hubungan positif yang mendukung kesuksesan bersama.


Begitu juga di BCA, friendly environment dibentuk dengan membangun fasilitas dan ekosistem yang mendukung terciptanya hubungan kerja yang positif. Karena BCA percaya, hubungan dan lingkungan kerja yang positif berkontribusi pada well being karyawan dan motivasi karyawan untuk pencapaian bisnis. 

Artikel Lainnya

Cari Karir