PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Procrastinating Won’t Make Your Job Easier

20 July 2023

Procrastinating dapat diartikan sebagai tindakan menunda-nunda suatu pekerjaan hingga akhirnya baru mengerjakan pekerjaan tersebut di detik-detik mendekati deadline. Tindakan ini dapat diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari manajemen waktu yang buruk hingga mood diri sendiri yang berubah-ubah. Akibat paling fatal dari procrastinating adalah tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Jika dibiarkan terus menerus, procrastinating dapat menjadi sebuah kebiasaan.

Nah, bagaimana sih menghilangkan kebiasaan procrastinating?

Membuat to-do-list

Procrastinating kadang bisa disebabkan karena banyaknya tugas sehingga tidak tahu harus mulai mengerjakan dari yang mana. Oleh karena itu, mulailah menuliskan seluruh tugas dan deadline dari masing-masing tugas di catatan khusus. Catatan ini disebut to-do-list.

To-do-list dapat membantu dalam menentukan prioritas sehingga tahu harus mengerjakan tugas mana terlebih dahulu. Misalnya pengerjaan tugas diurutkan dari tugas dengan deadline paling dekat atau bisa juga pengerjaan tugas diurutkan dari tugas yang paling mudah. Tidak hanya menghambat procrastinating, to-do-list juga bisa membantu mengingatkan semua tugas tanpa ada yang terlupakan, lho!

Menentukan target

Buatlah target setiap harinya agar menjadi motivasi dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Agar target ini lebih menarik untuk dicapai, jangan lupa untuk memberikan apresiasi untuk diri sendiri. Contohnya seperti merencanakan untuk pergi nonton film di bioskop setelah mencapai target.

Namun perlu diingat bahwa pembuatan target harus tetap realistis. Jika membuat target yang terlalu berlebihan dan tidak realistis, maka target tersebut akan sulit untuk diselesaikan. Lama kelamaan diri sendiri akan terbiasa untuk tidak mencapai target dan menganggap hal tersebut biasa.

Set your alarm

Siapa yang selalu menggunakan alarm untuk membangunkan diri sendiri di pagi hari? Alarm bukan hanya untuk membangunkan dari tidur, lho. Sebenarnya fungsi umum alarm adalah sebagai pengingat.

Untuk menghindari procrastinating, tentukanlah waktu spesifik untuk mulai bekerja. Alarm dapat digunakan untuk mengingatkan waktu agar tidak lupa waktu dan tidak menunda pekerjaan. Pastikan kamu langsung mulai bekerja saat alarm berbunyi ya!
 

Beberapa cara di atas dapat diterapkan untuk menghilangkan kebiasaan procrastinating. Dengan begitu, kamu dapat bekerja dengan lebih produktif kedepannya. Semoga membantu, ya!

Artikel Lainnya

Cari Karir