PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Making Smart New Year’s Resolutions "Slow Progress Is Better Than No Progress"

27 December 2023

Halo friends, tidak terasa ya sudah mau mencapai akhir tahun 2023. Sebelum membuat new year resolutions, kamu masih ingat ngga new year resolutions yang kamu buat tahun lalu? Apakah semuanya berhasil kamu capai? Kalau iya, kamu hebat! Kalau belum, kamu tidak sendirian kok! Banyak dari kita yang lupa akan target yang telah dibuat atau teralihkan di tengah jalan sehingga tidak bisa mencapainya.

Lalu, apa sih yang membuat kita mudah menyerah dan tidak berhasil mencapai resolusi tahun baru yang telah kita rencanakan?

  • Pertama, kita seringkali membuat goal hanya sekadar mengikuti tradisi tahun baru, bukan karena keinginan diri untuk berubah. Kalau seperti ini, kita seringkali akan lupa dan tidak memiliki motivasi yang kuat untuk menjalankannya.
  • Kedua, kita harus ingat bahwa semua yang kita rencanakan belum tentu berjalan dengan mulus. Pastinya kita akan bertemu dengan banyak rintangan di tengah perjalanan. Banyak orang yang langsung menyerah ketika bertemu dengan suatu permasalahan karena ekspektasi yang terlalu tinggi.
  • Ketiga, kita terkadang membuat goal yang terlalu sulit untuk dicapai. Kita akan merasa bahwa kita tidak pernah sampai ke tujuan goal yang diharapkan. Maka dari itu, lebih baik untuk kita membuat goal secara bertahap.

Apakah kalian melakukan kesalahan yang sama seperti diatas? Jangan khawatir friends, kami disini akan memberi tahu cara membuat new year’s resolutions yang SMART!

  • Specific. Buatlah target sespesifik mungkin! Coba pikirkan tentang apa hal yang urgent dan penting untuk kamu ubah? Apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai target itu? Siapa yang akan terlibat di dalamnya? Di mana kamu akan mengerjakannya?
  • Measurable. Buatlah target yang terukur dan di dalam kontrol kamu. Jangan bandingkan pengukuran goal-mu dengan orang lain. Fokuslah untuk membuat goal yang baik dan terukur untuk dirimu.
  • Achievable. Janganlah takut untuk bermimpi tinggi! Semua goal bisa dicapai jika kamu berani melangkah untuk memulainya. Tapi harus ingat! Untuk mencapai bintang, kita harus belajar menaiki roket terlebih dahulu.
  • Relevant. Apakah targetmu penting dan relevan untuk kehidupanmu saat ini? Jika tidak, carilah target lain yang lebih relevan agar kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mencapainya.
  • Time-bound. Aturlah specific deadline untuk dirimu menyelesaikan target yang ingin dicapai. Sedikit urgensi merupakan sesuatu yang baik untuk menjadi dorongan dan motivasi kalian.

Dalam menentukan resolusi, alangkah baiknya untuk memulainya dengan langkah kecil. Segala hal terkait menghilangkan kebiasaan buruk kita sudah termasuk kemajuan yang baik. Contoh, kita sebagai mahasiswa ingin mendapatkan IPK yang diharapkan dan merasa kurang berpengalaman. Nah, kita bisa mulai merencanakan target ini dengan lebih specific. Caranya dengan menentukan target IPK yang kita inginkan berapa, pengalaman apa saja yang belum kita dapatkan selama kuliah, bagaimana cara kita lebih rajin lagi dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan lainnya. Dengan begitu, kita tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya untuk mencapai goal yang diinginkan. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa target yang dibuat merupakan sesuatu yang measurable dan achievable. Misal, kamu ingin menaikkan salah satu nilai mata kuliah yang masih kurang baik. Buatlah target yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Lalu, dalam membuat resolusi, kita harus memastikan bahwa resolusi tersebut relevant dengan kehidupan kita di perkuliahan. Jika kita sudah tahu bahwa permasalahan utamanya adalah kurangnya pengalaman dalam berorganisasi, fokuslah dalam memperbaiki hal itu dengan mendorong diri untuk ikut kepanitiaan atau volunteer. Terakhir, dengan time-bound, kita bisa mengatur seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mencapai goal yang diinginkan. Jika kamu berencana untuk menjadi pengurus di 3 kegiatan kampus, kamu bisa atur deadline dalam jangka waktu 1 tahun agar ada sedikit motivasi dan urgensi.

Langkah kecil dalam membuat perubahan ini bisa mengantarkanmu kepada keberhasilan karir di masa depan. Let’s make 2024 our year!

Artikel Lainnya

Cari Karir