PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Suka Mengantuk Saat Jam Kerja?

24 August 2023

Artikel ini untuk kamu sering mengantuk saat jam kerja! Baca sampai habis ya.. 

Kebanyakan dari kita pasti pernah merasa mengantuk saat jam kerja. Salah satu penyebab yang paling umum adalah kurang tidur. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Jika kurang dari anjuran, maka otak akan memberikan “sinyal ke tubuh" bahwa kita membutuhkan istirahat lebih. Sinyal itu muncul dalam bentuk rasa kantuk.

Namun, pernahkan kamu mengantuk bahkan setelah tidur yang cukup? Faktanya tidur yang cukup tidak menjamin bahwa rasa kantuk tidak akan muncul. Masih banyak hal lain yang menyebabkan munculnya rasa kantuk, seperti dehidrasi dan makan makanan tertentu. Stres dan banyak pikiran juga dapat membuat tidur tidak nyenyak dan akhirnya mengantuk saat jam kerja.

Rasa kantuk saat jam kerja tersebut dapat membuat tidak fokus dan menurunkan produktivitas sehari-hari. Akibatnya, pekerjaan jadi terhambat dan akan selesai lebih lama. Oleh karena itu, mengantuk saat jam kerja harus dihindari. Bagaimana cara mengatasinya?

Saat mengantuk, kebanyakan orang akan memilih untuk minum kopi. Kopi memang pilihan yang paling mudah dan instan dalam mengatasi rasa mengantuk. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan fokus dan energi kepada orang yang mengantuk ataupun kelelahan. Namun faktanya, mengonsumsi kafein terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Tahukah kamu? Sebenarnya terdapat banyak cara lain untuk mengatasi rasa kantuk saat jam kerja, lho!

Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Karena banyaknya pekerjaan, seringkali kita lupa untuk minum. Padahal dehidrasi dapat menimbulkan rasa kantuk dan lesu, lho! Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat otak kehilangan fokus. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan jumlah cairan yang kita minum dalam sehari.

Bergerak dan Olahraga Ringan

Tidak hanya lupa minum, terlalu lama duduk juga membuat badan kaku dan pegal, hingga akhirnya merasa mengantuk. Sesekali, lakukanlah stretching agar tubuh tidak terlalu kaku, seperti merenggangkan tangan atau menekukkan leher ke kanan dan kiri. Selain itu, kamu juga bisa berjalan, seperti ke toilet ataupun mengambil air minum.

Power Nap Dapat Membantu, Lho!

Power nap adalah istilah untuk tidur dalam waktu yang singkat untuk me-recharge energi, biasanya selama 5-30 menit. Jika memang rasa kantuk sudah tidak bisa ditahan lagi, manfaatkanlah jam istirahat untuk melakukan power nap. Bahkan, hanya sekedar menutup mata sebentar dapat membuatmu lebih fresh kembali, lho!

Amati keadaan sekitar

Faktanya, keadaan sekitar kamu dapat membuat rasa kantuk menghilang, lho! Dari mulai mengatur pencahayaan tempat kerja agar tetap terang dan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. Selain itu, mengamati hal-hal di tempat kerja yang memiliki warna cerah juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk karena memberikan pesan waspada ke otak.

Nah, itu adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk saat jam kerja. Namun perlu diingat bahwa rasa kantuk tetap menunjukkan bahwa tubuh kurang istirahat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih memperhatikan jam tidurmu. Selamat mencoba, ya!

Artikel Lainnya

Cari Karir