PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Selain Kesehatan Fisik , Kesehatan Mental Juga Perlu Dijaga!

08 November 2023

Dalam suatu pekerjaan pastinya kita diharapkan untuk berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. Namun, kita tetap harus menjaga kesehatan mental selain fisik kita. Kesehatan mental merupakan suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam pekerjaan. Apabila kita memiliki kesehatan mental yang stabil dan dapat dikontrol maka kita tidak mudah stres dan tertekan saat mendapat pekerjaan serta hasil dari apa yang kita kerjakan akan menjadi lebih baik.

Berikut merupakan beberapa cara agar Kesehatan mental kita tetap terjaga di tempat kerja :

Tetap terhubung dengan orang lain

Kita bisa berkomunikasi secara jujur dengan mereka. Jangan takut untuk berbicara tentang perasaan dan tantangan yang sedang kalian hadapi di tempat kerja. Tetap terhubung dalam hal ini tidak hanya dengan teman dekat saja , tapi bisa dengan atasan atau rekan kerja kantor yang tentunya akan memberikan kalian dukungan yang serupa.

Jaga keseimbangan kerja dengan kehidupan sosial ( work life balance )

Dengan menjaga keseimbangan kerja dan kehidupan sosial kita, kesehatan mental kita akan lebih terjaga. Karena tidak hanya pekerjaan saja yang kita pikirkan, namun kegiatan diluar pekerjaan yang membuat kita merasa senang sehingga beban pikiran kita mengenai pekerjaan akan berkurang. Prioritaskan waktu untuk keluarga, teman dan kegiatan yang memberikan kebahagiaan di luar pekerjaan atau dengan melakukan hal yang kita sukai seperti olahraga, hiking, hingga main game. Cobalah untuk tetap aktif secara fisik, karena olahraga bisa membantu kita mengeluarkan hormon endorphin yang bisa memberikan energi positif untuk tubuh kita.

Tentukan Batasan dan kelola waktu dengan baik

Buatlah batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, tentukan waktu istirahat kita serta apa saja yang bisa kita lakukan agar dapat memulihkan energi dan mengurangi stres. Pastikan kalian memiliki waktu istirahat yang cukup agar kesehatan fisik dan mental kita dapat terus dijaga. Dengan istirahat yang cukup kalian bisa meningkatkan fokus dan kinerja kalian dalam melakukan pekerjaan loh! Apabila kita bisa mengelola waktu kita dengan baik dengan membuat daftar kerja , prioritas kita dan batas waktu untuk mengerjakan maka sebanyak apapun pekerjaan kita akan terselesaikan dengan baik dan masih memiliki waktu diluar pekerjaan.

Kelilingi diri dengan pertemanan yang positif

Pertemanan positif sangat berdampak bagi setiap individu. Lingkungan pertemanan positif akan membantu kalian bersama sama menyelesaikan masalah yang kalian hadapi sehingga peluang untuk sukses bersama juga besar. Maka dalam menjalankan pekerjaan , pertemanan serta lingkungan positif sangat berpengaruh, apabila kita nyaman dengan lingkungan kerja kita segala pekerjaan yang kita jalankan akan terasa lebih ringan dan maksimal.

Hargai dan selalu bersyukur terhadap segalanya

Cobalah untuk terus bersyukur dan hargai segala sesuatu yang kita dapat. Pekerjaan apapun yang kita lakukan di kantor baik itu besar maupun kecil tetap merupakan penghargaan tersendiri untuk masing-masing individu . Cobalah untuk mengharga achievement yang sudah kita dapatkan. Apabila kita terus menerus membandingkan diri dengan orang lain dan tidak puas atas apa yang kita capai maka akan berdampak buruk bagi Kesehatan mental kita juga.

Itulah beberapa tips yang bermanfaat untuk kalian yang sedang menjaga kesehatan mental di tempat kerja .

Di BCA , kesehatan mental setiap karyawan sangat diperhatikan . Baik berupa rekreasi, bermain games dengan tim, hingga penyaluran hobi juga difasilitasi oleh BCA. Lingkungan kerja yang nyaman serta fasilitas yang diberikan membantu para karyawan agar semakin semangat dalam menyelesaikan pekerjaan mereka serta mengurangi dampak stress pada karyawan. Relasi antara sesama karyawan juga akan lebih hangat dan terasa seperti keluarga lho!

Artikel Lainnya

Cari Karir