PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Personal Branding Secara Online Biar Kamu Dilirik HR Perusahaan

06 October 2023

Kemajuan teknologi ke arah serba digital saat ini berkembang semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia umumnya memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia dan dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan tugas dan pekerjaan mereka.

Dengan kemajuan teknologi, tentunya menuntut para jobseeker untuk terus mengikuti perkembangan zaman dalam mencari lowongan pekerjaan. Salah satunya dengan melakukan personal branding secara online, karena semakin banyak perekrut mencari karyawan potensial dengan bantuan platform digital yang semakin beragam.

Berikut tips yang dapat kamu perhatikan untuk dapat lebih membangun personal branding-mu dengan lebih akurat:

Ketahui posisi dirimu sendiri

Membangun posisi untuk dirimu sebelum memasuki dunia kerja menjadi salah satu tantangan terbesar bagi jobseeker, karena kamu harus paham betul dengan bidang apa yang akan kamu tempuh kedepannya. Pelajari industri atau bidang yang ingin kamu masuki, dan tentukan satu atau dua perusahaan tempat kamu ingin bekerja. Dengan demikian kamu dapat sekiranya mengetahui apa yang dirimu butuhkan untuk dapat bekerja di perusahaan impianmu.

Buat profil branding online yang menarik

Tidak hanya dengan CV yang baik dan menarik, namun profil online di berbagai platform digital seperti LinkedIn dan JobStreet, akan meningkatkan kualitas pelamar di mata perekrut. Setelah mengetahui apa yang kamu butuhkan, salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan peluangmu dari perekrut adalah membangun profil branding secara online yang kuat. Dengan begitu, apa yang kamu tulis di platform digital akan menggambarkan dirimu sepenuhnya.

Jaga postingan di sosial media

Salah satu cara termudah untuk membangun personal branding secara online adalah di media sosial. Terlebih jika jobseeker mencari pekerjaan melalui platform online, berhati-hatilah dengan apa yang kamu bagikan di media sosial karena semuanya terhubung satu sama lain. Sebab perekrut ingin memastikan bahwa calon pekerjanya tidak memiliki riwayat kasus yang terekam jejak digitalnya.

Selalu mengupdate profil online

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat memperoleh achievement agar dapat mereka bagikan di media sosial, karena nantinya akan menambah value mereka dan dapat lebih dilirik oleh perekrut. Sehingga dengan selalu mengupdate profilmu dengan kegiatan bermanfaat yang dapat menambah skill-mu di dunia kerja seperti mengikuti seminar, workshop, maupun tes sertifikasi, tentu akan menambah minat perekrut untuk melirik dan mempertimbangkanmu untuk dapat bekerja di perusahaan impianmu.

Aktif di beberapa platform sekaligus

Kebanyakan dari perekrut tidak hanya menggunakan satu situs atau aplikasi saja untuk mencari karyawan berpotensi untuk masuk ke perusahaannya. Maka penting bagimu untuk aktif di beberapa situs atau aplikasi pencarian kerja, sehingga akan lebih membuka peluang untuk dapat dilirik oleh perekrut.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk dapat memaksimalkan potensi dirimu sesungguhnya, serta membangun personal branding yang memang sesuai dengan dirimu dan perusahaan yang kamu lamar. Good luck jobseeker!

Artikel Lainnya

Cari Karir