PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Lebih Berani untuk Speak Up dalam Meeting

01 February 2024

Halo, friends! Pasti kalian pernah melakukan yang namanya meeting, kan? Meeting merupakan aktivitas yang sudah biasa dilakukan dalam bekerja. Karena meeting memungkinkan kita untuk berkolaborasi dan mencapai tujuan bersama. Namun, tidak jarang dalam meeting kita ragu untuk speak up atau menyampaikan pendapat kita walaupun kita percaya ide dan gagasan kita bisa membantu proses mencapai tujuan meeting. Seringkali kita merasa tidak percaya diri dalam menyampaikannya karena khawatir pendapat kita akan dianggap tidak masuk akal, berbeda, masih pemula, dan lain lain. Terkadang kita juga tidak tahu waktu dalam menyampaikan gagasan karena khawatir memotong pembicaraan orang lain. Lalu, bagaimana cara kita speak up dengan nyaman dan percaya diri dalam suatu meeting?

Mempersiapkan diri

Mempersiapkan diri sebelum berbicara bisa sangat membantu kita untuk menjadi lebih percaya diri dalam speak up. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri sebelum meeting adalah dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan dengan topik meeting. Dengan persiapan tersebut, kita akan tetap dapat dapat menyampaikan gagasan yang dibutuhkan oleh tim dalam sifat meeting yang fluktuatif.

Ubah mindset

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, kita khawatir gagasan kita akan mendapat respon negatif atau ketidaksetujuan. Namun, kita harus menyadari bahwa perbedaan pendapat adalah hal sangat lumrah dalam dunia kerja. Bahkan, adanya perbedaan dalam berpendapat itulah yang membuat kita mendapatkan point of view baru dan berkembang sebagai individu dan tim. Nah, maka dari itu lah kita harus ubah mindset kita dari yang sebelumnya “khawatir mendapat respons tidak setuju” menjadi sangat terbuka terhadap berbagai macam respons.

Penyampaian yang lebih tertata

Perasaan kurang percaya diri dan gugup juga bisa berdampak kepada bagaimana kita menyampaikan pendapat. Tata kalimat yang kita sampaikan berpotensi menjadi tidak terstruktur dan sulit diterima oleh pendengar. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menyusun struktur penyampaian. Yang pertama harus disampaikan adalah fakta atau kondisi yang relevan dengan topik meeting. Kedua, yang dapat kita sampaikan adalah opini atau pandangan kita terhadap topik yang didiskusikan berdasarkan data yang disebutkan sebelumnya. Selanjutnya, kita bisa mengakhiri dengan pertanyaan yang open-ended untuk mengetahui pendapat rekan-rekan lain.

Nah itu dia beberapa tips untuk menjadi lebih percaya diri untuk speak up dalam sebuah meeting, friends! Tentunya tips ini harus diaplikasikan secara berkala supaya kita semakin terlatih dalam menyampaikan gagasan. Kalau di BCA, semua rekan dan atasan friendly dan suportif terhadap ide-ide baru dari kita.

Artikel Lainnya

Cari Karir