BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.
05 January 2023
Sering kali saat melakukan pekerjaan kita sering mendapatkan distraksi baik yang berasal dari diri sendiri ataupun lingkungan sekitar.
Alhasil, pekerjaan yang mungkin dapat selesai dengan cepat, menjadi lebih lama.
Jadi, bagaimana agar kita dapat meningkatkan efisiensi saat bekerja? Yuk, kita simak beberapa cara :
Buat urutan urgensi tugas
Ketika pekerjaanmu meng-handle banyak project, pastikan kamu memiliki agenda / timeline untuk pengerjaan setiap project-nya. Dengan memiliki hal tersebut, kamu bisa fokus mulai dari project dengan timeline yang paling dekat.
Fokus pada satu per satu tugas
Saat bekerja, sebaiknya kita fokus melakukan satu tugas, dibanding melakukan berbagai tugas pada waktu yang sama. Ini dikarenakan saat mengerjakan satu tugas, kita hanya mengatur satu sasaran dibanding sasaran yang banyak. Satu sasaran tersebut cenderung lebih memotivasi kita untuk menyelesaikan tugasnya.
Menetapkan sasaran yang wajar
Kita cenderung ingin menyelesaikan tugas dengan secepat mungkin, agar dapat segera ke tugas selanjutnya. Oleh karena itu biasanya kita menetapkan sasaran yang sifatnya tidak wajar. Sasaran yang tidak wajar pun jauh di luar kemampuan kita dan membuat produktivitas turun. Jadi, saat menetapkan sasaran kita harus menyesuaikan dengan kemampuan kita, seperti mengerjakan sesuatu bertahap dari 1 sampai 10, dan tidak loncat dari 1 ke 5, atau 7 ke 9.
Luangkanlah waktu istirahat
Terlalu banyak pikiran saat bekerja dapat membuat produktivitas menurun, alhasil tidak ada yang berhasil dikerjakan. Hal ini dapat terjadi karena kita bingung apa yang harus dilakukan, atau khawatir akan tugas yang harus dilakukan. Oleh karena itu, kita harus istirahat, menenangkan tubuh dan pikiran agar segar kembali. Kamu dapat melakukan hal-hal simpel seperti menonton video singkat, berkeliling kantor, dan sebagainya.
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi. Semoga membantu, ya!