PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

SAY YES TO SELF LOVE!

04 March 2024

Ternyata  self love  maknanya lebih dari sekedar mencintai diri sendiri lho, gimana tuh maksudnya?

Self love merupakan suatu bentuk menerima, menghargai, dan mengapresiasi diri sendiri.

Self love merupakan sebuah proses dan perjalanan masing-masing individu dalam mengenali dan menerima diri sendiri. Konsep ini mendorong individu untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya tanpa membandingkan dengan orang lain, menerima kelebihan dan kekurangan, dan memperlakukan diri sendiri dengan baik. Dengan menerapkan self love, kita terlatih untuk berfikir positif, dan ini berguna untuk menjaga kesehatan mental dan mampu membantu mengurangi resiko kecemasan bahkan depresi.

Ada beberapa cara simpel yang bisa kamu coba untuk memulai self love dalam kehidupan sehari-hari.

  • Berlatih Percaya Diri

Kadang kita merasa ragu ketika ingin memulai sesuatu atau mengambil keputusan. Namun ingat, yang paling bisa diandalkan adalah dirimu sendiri. Percayalah, segala hal yang diusahakan dan dipertimbangkan dengan maksimal pasti tidak akan mengecewakan hasil. Tugasmu adalah mempersiapkan diri dan melakukan yang terbaik demi tujuan yang diinginkan. 

  • Membangun Pertemanan Positif

Memiliki teman baik yang peduli dan selalu mendukung pasti menyenangkan. Di lingkungan kerja, teman-teman yang baik akan membuatmu nyaman bahkan meningkatkan produktivitas kerjamu. Namun sebaliknya berhati-hatilah jika di lingkungan kerjamu ada orang-orang toxic yang membuatmu merasa sedih dan tertekan, mungkin sebaiknya kamu perlu berani mengambil tindakan untuk menjaga jarak atau menjauhi mereka demi kebaikan dan kenyamanan dirimu sendiri.

  • Fokus Mengembangkan Diri

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, mari kita menerima dan fokus mengembangkan diri agar menjadi lebih baik dari hari kemarin. Kita bisa memandang kelebihan orang lain sebagai motivasi untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan yang kita punya.

  • Berhenti Mendengarkan Opini Negatif Dari Orang Lain

Berusaha memenuhi keinginan dan ekspetasi semua orang hanya buang-buang waktu serta mebuatmu stress. Tidak perlu menghiraukan mereka karena masih banyak teman-teman positif yang selalu ada dan mendukungmu mencapai tujuan.

  • Apresiasi Diri

Setelah menyelesaikan pekerjaan yang cukup berat, kamu pasti lelah. Jangan lupa untuk mengapresiasi diri untuk apa yang sudah kamu usahakan, misalnya dengan cara beristirahat, membeli barang atau makanan yang kamu suka, tapi bukan berarti boleh boros ya! Apresiasi diri ini dapat membuatmu lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Melakukan Rutinitas Positif

Setiap hari mungkin kita sibuk bekerja dari pagi hingga sore, jika diulang terus lama kelamaan akan terasa membosankan. Cobalah memulai rutinitas positif seperti olahraga di pagi hari, memakan makanan bergizi, membaca buku, atau melakukan hobi apapun yang kamu sukai, dengan begitu, kamu akan merasa lebih bahagia dan semangat menjalani hari.

Setelah mengetahui cara-cara simpel untuk memulai self love, yuk kita terapkan di lingkungan kerja. Sebagai lingkungan kerja yang mengutamakan wellbeing karyawanBCA mendukung berbagai kegiatan dan inisiatif yang dapat meningkatkan self love karyawan. 

Artikel Lainnya

Cari Karir