Berita & Artikel

Posted on: 30-10-2018

The Perks of Being Marketeers in BCA

Sebagai bagian dari tim marketeers BCA, Account Officer (AO) dan Relationship Officer (RO) ternyata memegang peranan yang amat penting bagi performa BCA di mata para nasabahnya dan Bank BCA secara umum. Mengapa demikian dan sebesar apa sih peranan AO/RO BCA? Yuk, cari tahu di sini.

Pada kesempatan kali ini, Bapak Liston Nainggolan selaku Executive Vice President divisi Bisnis Komersial dan SME BCA akan memberikan penjelasan lebih lanjut sekaligus bercerita tentang profesi AO/RO. Jadi, buat Anda yang tertarik untuk bergabung dengan tim marketeers BCA yang satu ini namun masih penasaran dengan benefit dan fungsi kerja AO/RO, pastikan Anda baca hasil perbincangan seru dengan beliau sampai habis ya!

Aoro1

Bapak Liston Nainggolan, Executive Vice President divisi Bisnis Komersial dan SME BCA

Halo Pak, boleh diceritakan apa sih yang membedakan antara AO dan RO?

Jadi kalau RO itu tugasnya kan melakukan relationship dengan para nasabah, khususnya yang belum menjadi debitur. Ini tentunya peran yang sangat penting bagi BCA. RO yang akan menghubungi nasabah, mencari tahu kebutuhan nasabah, dan berdiskusi serta memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dalam melakukan peranannya tersebut, RO juga harus memastikan nasabah tetap merasa nyaman ketika mencari solusi untuk setiap kebutuhannya.

AO mirip dengan RO, namun AO memiliki tugas tambahan untuk melakukan analisa kelayakan ketika nasabah membutuhkan kredit dari BCA. Kredit seperti apa yang sesuai, bagaimana skema kreditnya, jenis pembayarannya, dan peruntukan kreditnya (misal, untuk modal kerja), dan sebagainya. AO juga bertugas untuk maintain nasabah-nasabah yang sudah menjadi debitur atau telah mengambil kredit di BCA.

Jadi kalau RO memang lebih umum ya. Dia menguasai produk-produk non kredit dan membantu nasabah dengan kebutuhan terkait produk tersebut. Jadi, kalau ada nasabah yang butuh kredit, RO akan memberi referral kepada AO supaya AO menganalisa. Kalau sudah dianalisa dan diberikan kredit, nasabahnya akan di maintain oleh AO.

Katanya AO/RO itu bisa dibilang ujung tombaknya BCA? Apakah benar dan mengapa demikian?

Benar sekali ya. Makanya kita sebut AO/RO itu frontliner business partner. Kalau kita lihat, nasabah BCA kan banyak. Ada nasabah yang bertransaksi seperti biasa di teller, CSO, atau sekarang dengan teknologi mobile banking. Tapi untuk maintain, melakukan komunikasi, dan relationship dengan nasabah itu memang khusus tugasnya AO/RO. Jadi, kalau AO/RO bagus tentu nasabah jadi nyaman ketika bertransaksi. Bisa tetap setia di BCA. Tapi kalau AO/RO-nya tidak melayani secara optimal kan nasabahnya jadi pindah ke tempat lain. Jangan harap BCA akan direferensikan ke nasabah yang lain.

Jadi, sebelum melihat yang lain, nasabah melihat BCA itu awalnya dari AO/ROnya. Jadi betul-betul ujung tombak yang memiliki kontribusi besar bagi performance BCA. Termasuk solusi-solusi yang diberikan AO/RO. Apalagi mengingat sekarang kebutuhannya makin banyak dan bisnisnya juga semakin berkembang. Nah, tentunya kalau ada AO/RO yang bisa membantu dan jadi partner untuk berdiskusi. Bukan hanya untuk perkembangan bisnis, tapi juga bagaimana nasabah bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan layanan perbankan yang mudah karena didukung dengan teknologi.

Selain itu, ketika nasabah nyaman dengan AO/RO, bisnis dapat diperoleh. Tidak hanya bagi BCA namun juga bagi nasabah yang lain.

Maksudnya bagaimana, Pak?

AO/RO juga bisa jadi jembatan yang menghubungkan satu nasabah dengan nasabah lain, lho. Jadi misalnya, ada nasabah kita yang seorang kontraktor lalu kita juga punya nasabah yang menjual bahan bangunan, jadi keduanya bisa di-connect. Jadi perannya itu tidak terbatas hanya untuk nasabah ini saja tapi juga untuk berbagai kepentingan nasabah lainnya.

Kadang kita juga memfasilitasi beberapa komunitas, misalnya anak para nasabah yang merupakan second generation dari orang tuanya yang dibantu oleh AO/RO BCA. Nah, kaum muda ini kan senang kalau ada tempat atau komunitas dimana mereka bisa berkomunikasi, berbisnis, berbagi pengalaman, networking, dan sebagainya. Komunitas seperti inilah yang difasilitasi oleh BCA sehingga mereka bisa ngumpulYa, bisa join jadi bisnis juga, ada yang berjodoh juga. (tertawa)

Untuk komunitas misalnya, BCA akan ajak Pak Armand, Direktur kita, yang juga masih tergolong muda, punya banyak pengalaman di luar perbankan, dan bisa sharing bagaimana anak muda berbisnis atau bagaimana melihat peluang bisnis yang lain. Kegiatan itu sangat diminati dan orang tuanya juga ikut senang, karena dia tahu anaknya ada yang bantu dan ngajarin. Apalagi dapat contoh dari Pak Armand yang tidak hanya sukses dalam bisnis tapi hubungannya dengan orang tua juga bagus.

Jadi untuk AO/ROnya sendiri, selain perks (keuntungan) seperti networking, mereka banyak belajar juga ya pak. Banyak ilmu yang di dapat?

Iya, banyak ilmunya, banyak pengalamannya, banyak peluangnya juga untuk bisa naik atau memiliki jenjang karir yang lebih bagus. Karena BCA juga butuh banget ya AO/RO yang bagus gitu, yang sudah punya kemampuan lebih baik dalam hal berhubungan dengan orang lain. Bukan hanya terkait bisnis kredit dan lainnya saja.

Aoro2

AO/RO juga  kita bekali dengan alat kerja yang lengkap, seperti aplikasi myCore yang
memuat segala informasi nasabah, dan pengetahuan baik terkait produk BCA,
bisnis maupun jenis-jenis nasabah. - Liston Nainggolan

Susah gak sih Pak, jadi AO/RO di BCA?

Kalau menurut saya itu paling enak. Apalagi di BCA itu semuanya tersedia. Kita punya database, hampir 15 juta ya. Contoh, kita mau cari debitur, mungkin kalau di bank lain harus door to door, harus ke pasar. Kalau kita tuh udah punya database-nya, nasabah belum  debitur tapi potensial jadi debitur, itu datanya sudah ada dan tersedia dalam jaringan/daring (online).

Ditambah lagi pembekalan yang berkelanjutan, baik pelatihan yang formal, atau dari e-learning maupun forum-forum, dimana AO/RO kita bertemu untuk saling sharing keberhasilan yang bisa dipelajari atau ditiru yang lain. AO/RO juga  kita bekali dengan alat kerja yang lengkap, seperti aplikasi myCore yang memuat segala informasi nasabah, dan pengetahuan baik terkait produk BCA, bisnis maupun jenis-jenis nasabah. Kita juga support AO/RO dengan report agar dia bisa melakukan evaluasi hasil kerjanya sendiri. Leader-nya juga akan bantu coach dia agar bisa mencapai perubahan yang diinginkan dengan suatu proses yang benar, yang membuat knowledge, skill, dan personality-nya juga ikut meningkat. Sehingga untuk tahun-tahun berikutnya dia sudah tahu dan bisa mengulangi keberhasilan itu.

Semuanya itu kita fasilitasi supaya AO/RO juga bisa nyaman bekerja, dan terus bisa meningkatkan kapabilitas dan kapasitasnya. Jadi menurut saya, beruntung banget kalau jadi AO/RO BCA. Dia udah dapat ilmu, dapat data, dapat semuanya.

Terus dengan dia berhubungan dengan berbagai nasabah, jadi ngerti banyak bisnis juga, jadi punya networking bisnis. Kalau suatu hari dia nanti mau berbisnis apa, jadi knowledge-nya udah banyak, dan bukan hanya itu, jaringannya juga dia sudah tahu. (tertawa)

Lalu, seperti apa jenjang karir di AO/RO?

Jenjang karir AO/RO sebenarnya sudah jelas ya. Ketika baru masuk mungkin akan menangani kredit dengan cakupan atau limit yang lebih kecil, karena dia masih proses belajar. Nanti seiring meningkatnya pengalaman dan kemampuan, tentulah akan diberi tanggung jawab yang lebih besar secara bertahap. Misalnya jenis kredit yang sifatnya korporasi. Jadi ada tingkatannya. 

Selain itu, seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, untuk yang berprestasi bisa melanjutkan ke jenjang karirnya hingga pemimpin cabang pembantu (capem), lalu jadi kepala pemasaran cabang, wakil pemimpin KCU, dan pemimpin KCU. Tidak hanya di cabang, mereka juga dapat berkarir di kantor pusat, baik itu divisi-divisi kantor pusat, baik dalam divisi bisnis, produk, dan lain sebagainya.

Gimana, sudah gak bingung lagi kan setelah baca obrolan seru dengan Pak Liston di atas? Ternyata bekerja jadi AO/RO di BCA sangat didukung dan dimudahkan dengan berbagai pembekalan dan juga teknologi. Tidak hanya itu, AO/RO di BCA juga memiliki jenjang karir yang pasti dan bagus. Kalau kamu makin tertarik gabung dengan tim AO/RO BCA, kamu bisa baca kelanjutan wawancara dengan beliau di sini atau baca info tentang lowongan AO/RO BCA di http://bit.ly/KarirBCA-AO-RO.

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.