Berita & Artikel

Posted on: 05-06-2020

Spending Wisely, Strategi Mengelola Finansial Pribadi Selama Masa Pandemi

Dampak pandemi COVID-19 saat ini tentunya tidak hanya dirasakan di sektor kesehatan saja. Hal ini memberikan efek domino yang cukup berimbas di semua sektor terutama ekonomi, terlebih lagi sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah besar Indonesia. Penerapan PSBB membuat aktivitas perekonomian menjadi sedikit melambat dan akhirnya berimbas kepada kondisi finansial sebagian besar masyarakat.

Keadaan saat ini memang harus membuat kita lebih memikirkan kembali strategi finansial pribadi. Salah satunya kamu bisa mulai dengan lebih menjaga perilaku konsumsi atau spending wisely. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Kamu bisa coba ikuti beberapa langkah berikut.

Spending Wisely (1)

Prioritaskan apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan

Terkadang “butuh” dan “ingin” memang susah dibedakan ketika belanja, hanya saja saat ini kamu harus benar-benar harus tahu batas antara keduanya. Pastikan kamu memenuhi terlebih dahulu barang-barang yang kamu butuhkan dan memang tidak ada penggantinya. Setelah semua kebutuhan sudah terpenuhi, kamu baru bisa mulai membeli barang lainnya yang kamu inginkan.

Belanja online dan cari promo

Cara paling aman untuk berbelanja di rumah aja tentunya melalui online. Selain lebih praktis, kebanyakan situs e-commerce dan marketplace juga memberikan promo potongan harga atau cashback yang menarik. Tapi kamu tetap harus waspada ya saat belanja online. Cek terlebih dahulu reputasi penjual dan juga bagaimana testimoni orang yang sebelumnya sudah belanja di tempat tersebut. Lebih amannya lagi, kamu bisa belanja di situs-situs e-commerce dan marketplace besar.

Tetap menabung

Buat kamu yang masih memiliki pendapatan, penuh ataupun dipotong sebagian, tetap sisihkan untuk menabung. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, oleh karena itu tetap siapkan dana darurat untuk berjaga-jaga.[2]  Sebaiknya langsung sisihkan sebagian penghasilan yang kamu dapatkan di awal bulan untuk tabungan. Tidak masalah jika saat ini jumlah yang bisa kamu tabung agak berkurang dari bulan sebelumnya tapi setidaknya kamu masih tetap bisa memiliki simpanan yang bisa digunakan nantinya. Jika memang kamu dalam kondisi finansial berkecukupan dan ingin melakukan investasi, pelajari secara detail berbagai instrumen investasi yang cukup menarik saat ini.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa coba kamu terapkan di tengah situasi saat ini. Mungkin akan membutuhkan komitmen besar di awal supaya bisa menerapkan spending wisely ini. Tapi perlahan kamu harus bisa menerapkan cara ini agar kondisi finansial pribadi tetap stabil. Mari bersama-sama kita berdoa agar keadaan menjadi lebih baik lagi dan pandemi ini segera berakhir

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.