Berita & Artikel

Posted on: 01-03-2018

PRO & PAO BCA: Membangun Koneksi, Dari Hati ke Hati

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang mempunyai kebutuhan akan rasa memiliki dan dimiliki. Penting bagi kita untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun relasi, karena tanpa hubungan dan bantuan dari orang lain kita tidak akan pernah mengetahui sudut pandang baru serta beragam peluang dan kemungkinan.

Foto 1 (1)

Peranan relasi antar sesama inilah yang mendorong Bank Central Asia (BCA) untuk menggagaskan Program Relationship Officer dan Program Account Officer: sebuah program pelatihan berjangka waktu 1 tahun yang akan mempersiapkan Relationship Officer dan Account Officer handal sebagai ujung tombak BCA dalam membangun kepercayaan dan memberikan dukungan finansial bagi nasabah. Kali ini, Tim Kalibrr berkesempatan untuk berdiskusi dengan salah satu Relationship Officer dan Account Officer BCA, yakni Jessica Budiman dan Agtri Henboral Silalahi, untuk mengupas tuntas kisah dan perjalanan mereka bersama BCA.

Apa yang membuat kalian tertarik untuk bergabung dengan BCA?

Agtri, demikian pria lulusan Farmasi Universitas Padjadjaran ini biasa dipanggil, mengakui bahwa alasannya bergabung dengan BCA adalah karena nama besar yang dimiliki perusahaan tersebut.

Foto 2 (2)

Agtri Henboral Silalahi, Account Officer BCA

“BCA merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang reputasinya sudah tidak diragukan lagi, sehingga saya merasa tertarik untuk melamar ke Program Account Officer yang saat itu sedang dibuka.”

Lain halnya dengan Jessica. Lulusan Desain Interior Universitas Tarumanagara ini sudah terlebih dahulu terjun ke dunia kerja sebagai Interior Designer di sebuah perusahaan di Jakarta sebelum memutuskan untuk melamar ke Program Relationship Officer. “Setelah satu tahun lebih berkecimpung di dunia desain, saya merasa bahwa perkembangan saya sangat terbatas. Jenuh dengan pekerjaan yang mengharuskan saya untuk bekerja di depan komputer setiap harinya, saya akhirnya memutuskan untuk mengambil peluang yang ditawarkan dan memulai karir saya bersama BCA.”

Foto 3 (1)

Jessica Budiman, Relationship Officer BCA

 


“Meskipun saya harus memulai semuanya dari nol, BCA menyediakan program pelatihan yang mumpuni sehingga saya dapat mempersiapkan diri dengan bekal yang diperlukan untuk menjadi Relationship Officer yang kredibel.”

 

Keputusan yang mereka buat kerap kali menjadi tanda tanya bagi orang-orang di sekitarnya, terutama karena background pendidikan yang sama sekali tidak berhubungan dengan dunia perbankan. “Keluarga dan teman-teman sempat mempertanyakan langkah yang saya ambil, tapi hal tersebut tidak lantas membuat saya ragu. Meskipun saya harus memulai semuanya dari nol, BCA menyediakan program pelatihan yang mumpuni sehingga saya dapat mempersiapkan diri dengan bekal yang diperlukan untuk menjadi Relationship Officer yang kredibel.” Jessica menambahkan.

Bagaimana pengalaman kalian sebagai Relationship Officer dan Account Officer?

Sebagai seorang Relationship Officer yang menjadi representasi BCA, Jessica setiap harinya selalu berhubungan dengan nasabah non-debitur untuk menjalin relasi dan memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. “Posisi ini mewajibkan saya untuk mengenali betul seluruh produk dan layanan yang ditawarkan BCA sehingga saya dapat memahami kendala yang dihadapi nasabah dan merekomendasikan solusi yang pas. Harapannya, customer engagement akan menjadi semakin kuat dan BCA dapat menjadi one stop solution dalam melayani semua kepentingan nasabah dari berbagai segmen.”

“Sebagai Account Officer, selain fungsi marketing, saya berperan dalam menganalisa kelayakan pemberian kredit bagi calon debitur.” Ungkap Agtri. “Saya juga harus selalu memantau kelancaran pembayaran dari debitur dan mengembangkan portofolio kredit mereka. Singkatnya, saya menjadi personal banker bagi nasabah yang mengetahui seluk beluk permasalahan mereka.”


“Seringnya saya berhadapan langsung dengan nasabah membuat saya menyadari betapa pentingnya membangun koneksi, baik itu di kehidupan pribadi maupun profesional.”

Foto 4 (2)

Sebagai Relationship Officer dan Account Officer, keduanya sering berhadapan langsung dengan nasabah — termasuk mendengarkan curhatan dan keluh kesah mereka

Fokus terhadap pelanggan untuk memahami, mendalami, dan memenuhi kebutuhan nasabah yang merupakan salah satu Tata Nilai BCA dipegang teguh dan dipraktekkan secara nyata oleh Agtri dan Jessica. Agtri menuturkan bahwa pembelajaran yang ia dapatkan dalam perannya sebagai Account Officer tidak terpatok pada aspek-aspek teknis saja. “Selain banyak mendapatkan insight bisnis dari para nasabah yang saya tangani, saya banyak belajar cara berkomunikasi dan membawa diri — karena semua yang saya ucapkan dan lakukan sebagai perpanjangan tangan perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan — serta cara menangani dan membina hubungan yang baik dengan nasabah. Seringnya saya berhadapan langsung dengan mereka juga membuat saya menyadari betapa pentingnya membangun koneksi, baik itu di kehidupan pribadi maupun profesional.”

Hal ini memang sejalan dengan fokus BCA yang telah mengubah konsep layanannya menjadi relationship banking sejak 2012 lalu. BCA terus menerus melakukan terobosan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat masa kini dalam upayanya untuk menciptakan relasi yang lebih kuat dengan nasabah.

Ada pesan untuk para pencari kerja yang berminat untuk melamar ke Program Account Officer dan Program Relationship Officer?

“Jangan hanya terpaku pada background pendidikan dan membatasi peluang dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan.” Ujar Jessica dengan mantap. Kini memasuki tahun ketiganya bersama BCA, Jessica telah menjadi seorang Relationship Officer yang dipercaya untuk menangani 200 nasabah pebisnis.


“Jangan berkecil hati walaupun kalian datang dari latar belakang yang berbeda. Dengan bermodalkan tekad untuk terus berkembang dan maju, kalian pasti bisa.”


Agtri yang juga mengalami hal serupa mengutarakan bahwa hal terpenting yang harus dimiliki adalah keinginan kuat untuk terus belajar. “Jangan berkecil hati walaupun kalian datang dari latar belakang yang berbeda. Dengan bermodalkan tekad untuk terus berkembang dan maju, kalian pasti bisa.”

BCA membuka kesempatan bagimu untuk bergabung melalui Program Relationship Officer dan Program Account Officer. Program pelatihan intensif berjangka waktu 1 tahun ini dipersiapkan untuk melahirkan Relationship Officer dan Account Officer tangguh yang akan diangkat langsung menjadi karyawan tetap di Kantor Cabang BCA. Ayo daftar sekarang melalui website karir resmi kami karir.bca.co.id


Artikel berikut dipost oleh Kalibrr

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.