Berita & Artikel

Posted on: 10-11-2020

Milenial Cerdas Finansial

Sebagai karyawan baru, momen gajian pastilah menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun hati-hati dengan berbagai godaan yang ada agar gaji yang kita peroleh tidak cepat habis tanpa sisa. Kita harus cerdas dalam mengelola keuangan pribadi agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Elizabeth Warren, Senator asal Amerika Serikat, memberi teori 50-20-30 untuk pembagian penghasilan menjadi beberapa pos, yaitu 50 persen biaya kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk tabungan atau investasi, dan 30 persen untuk dana hiburan atau keinginan.

Yuk simak penjabaran dari tips di atas agar kita dapat mengelola kehidupan finansial dengan cara yang cerdas !

1. Biaya kebutuhan (50 persen)

Dalam melakukan aktivitas untuk setiap harinya, pasti setiap orang membutuhkan biaya baik untuk transportasi, konsumsi, komunikasi, membeli kebutuhan dapur dan masih banyak lagi. Pastikan gaya hidup yang kamu miliki sesuai dengan penghasilan yang bisa kamu dapat setiap bulannya atau dengan kata lain tidak melebihi pos biaya kebutuhan yaitu 50 persen dari penghasilan. Jangan sampai kita over budget karena tidak dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. 

2. Menabung dan berinvestasi (20 persen)

Pos ini sangat berguna untuk mempersiapkan kebutuhan finansial anda pada saat ini, masa depan, ataupun bisa juga menjadi dana  darurat untuk pengeluaran tidak terduga. Apabila kita belum konsisten menabung langsung saat menerima gaji, membuat tabungan berjangka bisa menjadi pilihan yang praktis dan efektif. Hal ini bisa menimbulkan rasa komit dan akhirnya menjadi kebiasaan yang baik untuk ke depan. 

Jika kebiasaan menabung sudah bisa dilakukan secara rutin, maka selanjutnya adalah berinvestasi agar dapat mengelola keuangan mu untuk jangka yang lebih panjang. Investasi juga dapat menjadi salah satu cara menambah penghasilanmu. Investasi dapat dilakukan dengan cara yang beragam tergantung profil risiko yang kamu miliki, misalnya dengan membeli logam mulia, pembelian saham, deposito dan masih banyak lagi cara lainnya. Pastikan saat berinvestasi anda selalu mempertimbangkan potensi dan risiko yang ada. 

3. Hiburan atau keinginan (30 persen)

Kita mungkin sudah berhasil melalui masa-masa yang sulit dalam pekerjaan kita, memberi reward untuk diri sendiri adalah hal yang menarik seperti pergi berlibur, membeli barang yang diinginkan diluar kebutuhan, hangout dengan teman dan masih banyak lagi. Namun, pastikan agar selalu sesuai dengan pos pengeluaran yang telah disiapkan dan jangan sampai mengganggu pos keuangan kita yang lainnya. 

Mengelola kehidupan finansial secara cerdas dapat dimulai dari membuat presentase untuk setiap pos yang diperlukan. Persentase yang ada tidak harus sama bagi setiap orangnya sehingga dapat disesuaikan juga dengan kebutuhanmu. Belajar untuk cerdas finansial akan memberikan kita ketenangan untuk bisa menikmati penghasilan yang kita raih dan lebih siap menghadapi kebutuhan finansial di masa kini dan juga masa mendatang. 

 

Start Your Career @BCA Now

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?

Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.