Berita & Artikel

Posted on: 01-10-2018

Menjadi Master of COBOL Bersama #ITBCA

COBOL (COmmon Business Oriented Language) merupakan bahasa pemrograman yang diperkenalkan dan mulai digunakan sejak tahun 1959. COBOL sendiri merupakan bahasa pemrograman umum yang mengikuti standar ANSI (American National Standards Institute) dan sampai hari ini masih digunakan secara luas di berbagai platform yang berbeda dari PC sampai ke Mainframe.

Sintaks COBOL yang seperti bahasa Inggris sehari-hari membuat programmer yang belum berpengalaman mudah untuk mempelajarinya. Bank BCA adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang masih menggunakan COBOL. Seperti apa sih seluk beluk menggunakan bahasa pemrograman COBOL untuk kepentingan industri finansial? Yuk, baca obrolan seru bersama salah satu Master of COBOL di BCA berikut ini.

COBOL1

Fransiscus Kaurrany, Senior Vice President IT ~ Manajemen Pengembangan Aplikasi.

Halo Pak Frans, boleh tolong diceritakan ketika awal bergabung dengan tim #ITBCA?

Saat bergabung dengan BCA di tahun 1999 saya memulai karir sebagai application developer. Dimana aplikasi yang saya tangani saat itu adalah aplikasi Deposit Core Banking, yaitu aplikasi yang menangani segala sesuatu yang terkait produk dana, produk perbankan yang mencakup tabungan, Giro dan Deposito.

Nasabah sekarang mungkin mengenal produk-produk inovatif BCA seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tahaka (Tabungan Berjangka), TabunganKu, Tapres, BCA Dollar, Simpel (Simpanan Pelajar), Giro dan Deposito, nah semuanya itu diproses oleh aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman COBOL.

Boleh diceritakan bagaimana pengalaman Anda saat pertama kali “berkenalan” dengan COBOL?

Sebelum berkarir di BCA, saya bekerja di salah satu bank swasta lain, dimana mereka menggunakan bahasa pemrograman maupun platform yang berbeda dengan BCA. Jadi waktu saya masuk ke BCA memang tidak ada pengalaman maupun pengetahuan mengenai environment mainframe yang digunakan di BCA. Operating system-nya pun berbeda dengan yang selama ini saya kenal.

Tapi sewaktu saya masuk saya diperkenalkan lebih dulu dengan COBOL dan ekosistem Mainframe yang digunakan, diberikan buku dan diberikan mentoring dan bimbingan oleh teman-teman di BCA, setelah saya pelajari, memang COBOL termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Tidak seperti beberapa bahasa pemrograman lain yang menggunakan simbol untuk instruksi sintaks tertentu.

Sudah berapa lama menggunakan COBOL, Pak? Apa yang menarik dari COBOL menurut Anda pribadi?

Saya mengenal COBOL sejak saya bergabung dengan BCA. Berarti sudah 19 tahun ya. (tertawa). Yang menjadi daya tarik adalah karena bekerja di area Core Banking, karena kita jadi bisa mempelajari proses perbankan secara keseluruhan. COBOL merupakan bahasa pemrograman yang efisien dalam penggunaan sumber daya (CPU dan Memory) dan COBOL mampu memproses data dengan cepat.

Namun sebenarnya, untuk tampilannya sendiri tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain, karena sudah ada tools yang memudahkan para developer untuk melakukan pengembangan. Jadi bekerja menggunakan COBOL tidak kalah menarik dengan bahasa pemrograman lain. IDE (Integrated Development Environment) berbasis Eclipse, real-time syntax error, online debugging tools, performance/stress test tools bahkan DevOps untuk melakukan CI/CD juga tersedia.

Apa alasan BCA masih menggunakan COBOL?

Saat ini Core Banking BCA sebagian besar menggunakan COBOL, sehingga COBOL masih menjadi bagian yang sangat penting, dan terbukti platform dan aplikasi yang digunakan stabil, scalable dan dapat diandalkan.

Ada berapa Master of COBOL di BCA?

Dari 80 orang programmer COBOL 8-12 orang levelnya expert, 20-30 senior developer sedangkan sisanya level developer dan associate developer. Saya berani bilang talent COBOL di BCA tidak kalah dengan talent COBOL di dunia (US dan Eropa), dari sisi pengetahuan dan pengalaman jadi kita cukup pe-de apabila harus berkompetisi. Hal tersebut mungkin karena hampir seluruh development dan performance tuning dilakukan sendiri oleh BCA, sehingga banyak kesempatan untuk berlatih. 

Hal ini juga karena kita memiliki kendali penuh terhadap source code COBOL Core Banking, sehingga kita jadi tidak perlu ada ketergantungan pada pihak ketiga apabila perlu melakukan perubahan pada source code.

Menurut Anda, apa keuntungan yang bisa didapatkan bagi mereka yang mempelajari COBOL?

COBOL masih menjalankan banyak mission critical business application di seluruh dunia, terutama perusahaan finansial seperti perbankan dan asuransi besar di seluruh dunia. Jadi kebutuhan akan skill COBOL masih banyak dicari, tidak hanya di BCA melainkan di negara bahkan benua lain, Apalagi kalau memang mengingat saat ini tidak terlalu banyak developer yang ahli di COBOL, sehingga punya value sendiri.

Kenapa bisa begitu, Pak?

Alasannya karena kesulitan mendapatkan talent COBOL. Beberapa perusahaan besar di luar negeri juga mengaku kesulitan mendapatkan fresh graduate yang menguasai COBOL. Karena seringnya yang menguasai COBOL itu sudah pensiun atau tidak ada lagi (meninggal).

Sementara di BCA, dari awal kita sudah tahu bahwa mencari talent COBOL di Indonesia itu hampir tidak ada. Itulah sebabnya kita membagun tim in-house yang akan melatih ulang bakat-bakat baru ini dengan kurikulum yang kita susun sendiri. Tim kita tentunya sudah punya kapabilitas untuk menyusun kurikulum COBOL yang berjenjang dari level basic hingga advance. Kita juga melakukan engagement erat dengan IBM sebagai pihak principle yang menyediakan platform aplikasi COBOL, untuk dapat menggunakan continous update knowledge juga.

Boleh diceritakan tentang para pengajar COBOL di BCA dan latar belakang mereka?

Background-nya application developer/programmer COBOL, dengan kita membangun kompetensi dan kapabilitas mereka sehingga mampu menjelaskan sesuai dengan yang dibutuhkan dalam proses pengajaran sehingga menarik dan mudah dipahami.

COBOL2

Tidak ada batasan usia sih, yang penting orangnya passionate, mau belajar, dan punya logika
berpikir yang bagus ~ Fransiscus Kaurrany, Senior Vice President IT. (Tim #ITBCA)

Jadi untuk para fresh graduate tidak perlu takut untuk bergabung dengan #ITBCA ya, Pak?

Tidak perlu khawatir, karena mereka akan mengikuti BCA IT Trainee (BIT) lebih dulu selama 6 bulan, mereka akan belajar banyak hal baik hard skill maupun soft skill bersama rekan-rekan satu batch. Untuk COBOL sendiri nantinya akan diberikan kepada rekan-rekan yang memiliki peminatan Mainframe Programming.

Nanti akan ada masa praktik masuk ke dalam timnya sekitar satu bulan. Selama proses pembelajaran kita akan tunjuk satu orang expert/senior developer COBOL yang akan jadi mentor atau kita sebutnya buddies, yang akan dedicated mengajarkan mengenai COBOL, ecosystem, organisasi dan materi lainnya yang bisa membantu teman-teman yang baru bergabung lebih mudah menyatu dengan timnya dan melakukan pekerjaannya.

Lalu bagaimana bagi mereka yang bukan fresh graduate yang ingin bergabung dengan #ITBCA?

Kalau untuk yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya, mereka akan mengikuti short course juga selama kurang lebih 3 bulan dan akan dibantu juga oleh buddies-nya untuk menyesuaikan diri dengan environment di BCA. Jadi setelah 3 bulan diharapkan sudah bisa independent dalam lingkungan di mana mereka ditempatkan.

Apa yang BCA cari dari para lulusan baru maupun mereka yang berminat untuk bergabung dengan #ITBCA atau tim COBOL?

Kita mencari bakat-bakat yang memiliki logika dan kemampuan problem-solving yang baik dan kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Jadi tidak harus memiliki latar belakang IT. Karena sebenarnya programming itu tentang logika proses berpikir. Saya suka menyampaikan sebetulnya kita tanpa sadar melakukan programming dalam keseharian kita, dari kita bangun tidur.. kita melakukan serangkaian urutan aktivitas, pemilihan dan pengulangan, persis seperti saat kita menulis program. Sehingga memiliki pengetahuan akan bahasa pemrograman lain pun harusnya tidak jadi masalah.

Nah, ternyata gabung dengan tim #ITBCA itu seru ya, guys! Selain itu akan ada banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapetin. Jadi tunggu apa lagi, buat teman – teman yang penasaran mengenai serunya berkarir di #ITBCA, yuk cari tahu lebih lanjut di karir.bca.co.id

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.