Berita & Artikel

Posted on: 29-11-2018

Magang : Pengalaman Berharga Merasakan Lingkungan Kerja IT BCA

Minim pengalaman di dunia kerja profesional bisa menjadi momok yang menakutkan dan membingungkan bagi para mahasiswa/i lulusan baru atau fresh graduates. Seringnya, ekspektasi yang muncul pun dibayangi kekhawatiran-kekhawatiran, seperti senior yang galak atau tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan karena tidak memiliki pengalaman atau keahlian yang cukup.

Agar tidak timbul rasa cemas yang berlebihan, Yuk kenalan dulu dengan Jennifer dan Andrew, mahasiswa dan mahasiswi magang yang kini telah menjadi karyawan di divisi IT BCA. Selain Jennifer dan Andrew, ada juga Michael yang saat ini tengah mengikuti program BCA IT Trainee (BIT). Mereka akan bercerita tentang pengalaman mereka selama mengikuti program magang dan Karyawan IT BCA. Jadi, buat Anda yang tertarik bergabung dengan tim #ITBCA, baca artikel ini sampai habis ya!

BIT 1

Jennifer, Andrew, dan Michael berbagi tentang pengalaman mereka ketika
menjadi Tim #ITBCA

Jennifer dan Andrew bergabung dengan tim #ITBCA melalui program yang sedikit berbeda dengan Michael. Keduanya bergabung dengan tim #ITBCA melalui jalur non program, sementara Michael awalnya mengikuti program magang dari kampusnya namun kemudian memilih melalui program BIT sebagai gerbang masuk tim #ITBCA. Meskipun mereka masuk melalui jalur yang berbeda, namun sebelum mereka bergabung dengan tim #ITBCA mereka sudah sama-sama pernah magang di tim #ITBCA.

Saat ini Jennifer tergabung dalam unit kerja Enterprise Content Management (ECM) - Tracking System dan Andrew merupakan bagian dari unit kerja UNIX – Infrastructure. Michael sendiri telah memasuki bulan keempat program BIT yang diambilnya,  tinggal dua setengah bulan lagi sebelum ia lulus program BIT.

Ketika ditanya bagaimana awalnya memilih Bank BCA sebagai perusahaan yang ingin dijadikan tempat magang, baik Jennifer maupun Michael menjawab karena mereka ingin menjadi bagian dari salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia. “Ya, siapa sih yang gak tahu BCA? Siapa yang gak pake produknya? Jadi memang pengen bergabung”, ujar Jennifer. Tidak jauh berbeda dengan Jennifer dan Michael, Andrew juga menambahkan bahwa dengan bekerja di BCA dia bisa belajar lebih banyak lagi tentang hardware yang menjadi passion-nya. “Kalau Aku, karena bidang ini agak susah dicarinya”, curhatnya. Menurut Andrew, jarang sekali perusahaan besar yang memiliki unit kerja yang fokus juga kepada hardware. Sementara Bank BCA memiliki itu, karena memang menyediakan layanan perbankan sehingga harus punya server sendiri.

Walau sempat ditempatkan di unit kerja yang berbeda ketika magang, baik Jennifer dan Andrew tidak merasa menemui hambatan atau tantangan yang berarti. Keduanya langsung cocok dengan unit kerja mereka masing-masing. Ketiganya juga merasa Bank BCA sungguh-sungguh melihat dan memperhatikan potensi dan minat para peserta magang sehingga mereka pun diterjunkan ke dalam unit kerja yang tidak melenceng jauh dari ketertarikan mereka. Michael pun mengingat kembali kekhawatirannya sebelum mengikuti program magang di Bank BCA, dan terbukti sudah kenyataannya kini berbeda dengan apa yang dia bayangkan kala itu.

BIT 2

“Ekspektasi awalku tentang dunia kerja itu, kita gak terlalu dibimbing gitu. Tapi sampai sekarang pun, dari magang
dan selama di BIT ini, kalau aku ada yang gak ngerti pasti dituntun. Lingkungan kerjanya enak banget.
Tim data engineer sendiri, orangnya kompak dan seru,” Seru Michael.

Yang membuatnya benar-benar betah dan mantap untuk melanjutkan bekerja di Bank BCA, adalah para mentor dan rekan kerja yang bersedia untuk mengajarinya dari awal. “Walaupun pertanyaannya tuh terkesan bodoh gitu dan basic banget, karena aku benar-benar belum tahu dan gak ngerti, mereka tetap ngajarin kita pelan-pelan”, tutupnya. Michael yakin keinginan belajar yang kuat adalah kunci utamanya.

Tidak hanya ilmu yang didapat, magang di Bank BCA juga telah mengajarkan Andrew tentang tanggung jawab, khususnya ketika dilibatkan dalam proyek besar, seperti membuat website FINHACKS 2017. Jennifer dan Michael yang sependapat juga menambahkan rekan kerja dan atasan yang selalu suportif adalah faktor-faktor tambahan yang membuat mereka betah dan mantap memilih untuk bergabung setelah masa magang berakhir. Faktor lainnya, adalah benefit-benefit yang didapatkan ketika masih dalam masa magang dan setelah menjadi karyawan BCA. Bahkan Jennifer bisa menggunakan uang sakunya ketika magang untuk mencicil smartphone incarannya sementara Andrew bisa membeli sebuah laptop.  “Iya, dari uang saku magang aku bisa cicil hape”, ujar Jennifer sambil tertawa.

BIT 3

Tidak hanya itu, ketiganya sepakat bahwa hal lain yang membuat mereka betah, adalah kebebasan bereksplorasi yang didukung oleh mentor, rekan kerja, bahkan atasan sekalipun.  Dengan demikian mereka dapat memahami tugasnya lebih dalam lagi sekaligus makin menguasai bidang pekerjaan mereka dengan lebih baik lagi. “Ya walaupun kita anak magang, kita sudah dipercaya untuk pegang project. Jadi aku belajar lebih banyak dari teman-teman yang lain dan juga dapat dukungan untuk belajar tentang alur kerja, logika bisnis, dan explore tentang project-nya juga,” ujar Michael.

Ketika ditanya apakah menyesal telah memilih Bank BCA, ketiganya kompak menjawab tidak menyesal. Rupanya mereka juga sering berbincang dengan teman satu angkatan yang magang atau bekerja di tempat lain, dan dari beberapa pengalaman yang mereka dengar, kondisinya jauh berbeda dengan yang mereka rasakan di BCA. Jennifer pun bercerita tentang pengalaman temannya, “Aku pernah dicurhatin teman di perusahaan lain yang ditegur mentornya karena tidak menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Padahal anak magang ‘kan memang belum ahli-ahli bangetngerjainnya. Jadi aku sangat bersyukur dapat mentor yang baik.”

Wah, ternyata pengalaman magang di Bank BCA itu seru ya! Belum lagi dengan bekal pelatihan yang berkualitas, banyaknya ilmu yang akan didapat, lingkungan kerja yang enak, dan tentunya uang saku yang lumayan banget. Semoga dengan membaca pengalaman teman-teman di atas bisa membuat Anda semakin mantap untuk bergabung dengan tim #ITBCA dan tidak berkecil hati lagi dengan minimnya pengalaman yang dimiliki, apalagi sampai tak percaya diri. Jangan ya! :)

Kalau teman-teman masih penasaran & ingin mencoba magang di tim #ITBCA, Anda bisa langsung kirimkan CV lengkap ke recruitment@bca.co.id. Untuk teman-teman yang berada di tahun terakhir dan akan segera menyelesaikan masa kuliah, Anda bisa langsung cek link http://bit.ly/bcaonline_it untuk tahu detail program rekrutmen yang ada di #ITBCA.

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.