Berita & Artikel

Posted on: 08-06-2018

Magang Bakti BCA: Membentuk Pribadi Positif dan Profesional

Bagaimana BCA membentuk kebiasaan positif dan jiwa profesional dalam diri para Magang Bakti BCA? Apa rahasianya?

MGB1

Dari kiri ke kanan: Edi Kusnaidi, Undra Dwipa Massita, dan Ilham Pulungan

Mungkin pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh beberapa orang, mengapa? Sebab bisa dibayangkan betapa polosnya para peserta magang tersebut saat pertama kali masuk. Skill belum ada, pengalaman kerja pun tak punya. Namun uniknya, setelah menjadi alumni atau menyelesaikan magang di BCA, sering kali mereka diperebutkan oleh banyak perusahaan.

Menurut Undra Dwipa Massita, staff BCA Learning Institute (BLI), setidaknya ada dua hal yang membuat alumni Magang Bakti bisa seperti itu. Pertama, training soft skill yang intensif di BCA Learning Institute. Kedua, kesempatan magang atau latihan kerja secara langsung di kantor-kantor cabang BCA seluruh Indonesia.

“Di BLI saat pertama datang, para magang diberikan pendidikan karakter, mulai dari bagaimana cara menyapa orang dengan sopan, bertutur kata yang baik, hingga grooming untuk menambah kepercayaan diri. Dan karena kita ini berada di industri perbankan, para magang bakti ini juga dibekali dengan pengetahuan seputar dunia perbankan agar siap latihan kerja atau magang di cabang”

MGB2

Undra Dwipa Massita, “Training soft skill yang intensif di BLI dan latihan kerja di cabang
membentuk kebiasaan positif dan jiwa profesional para magang

Pria yang akrab dipanggil Undra ini menegaskan, tapi di cabanglah mereka mulai terbentuk menjadi seorang profesional. Ilham Pulungan dan Edi Kusnaidi, dua-duanya pengajar Magang Bakti BCA, lalu menambahkan, interaksi intensif dengan para nasabah secara langsung di cabang memungkinkan para magang lebih tahu realita dunia kerja. Efek positifnya, mental menjadi lebih kuat dan tangguh.  

Namun ketiganya mengakui bahwa para magang sering kali masih nervous saat berhadapan dengan nasabah. “Maklum mereka masih baru, katakanlah, ini merupakan pengalaman pertama mereka bekerja. Karena itu, cabang mendampinginya, peran cabang begitu penting di sini, mulai dari men-support hingga transfer knowledge produk-produk BCA,” Jelas Ilham disertai anggukan Undra dan Edi.

Keseharian Para Magang Bakti di Cabang   

Endah Purnamasari, Kepala Bagian CSO KCU BCA Wahid Hasim, membenarkan pernyataan tersebut. Indah, sapaan akrabnya, dengan antusias bercerita tentang pengalaman selama mendampingi para magang. Menurutnya, mereka yang baru memang masih malu-malu dan grogian.

“Buat yang baru-baru ini kita lakukan pendampingan, intensif banget, bahkan sampai ditungguin saat melayani nasabah. Mereka jadi lebih berani, ilmu dari BLI semua keluar tuh kalau didampingi. Nah, kalau yang magang senior malah grogi kalau didampingi. Karena itu, cabang selalu berupaya memantau progress mereka, untuk memastikan kapan mulai bisa dilepas atau masih harus didampingi,”


MGB3

Indah (berdiri) sedang mendampingi salah satu Magang Bakti BCA.
Sebelah kiri, Magang Bakti BCA sedang melayani salah satu nasabah.

Tak lupa, Indah juga berbagi hal-hal seru ketika bekerja bersama para Magang Bakti BCA. Mulai dari ada yang so sweet, selalu menyemangati dan memberikan permen atau coklat kepadanya sebelum bekerja, sampai ada magang yang tahu setiap kebiasaan nasabah. “Bu, bu lihat, lihat, kalau nasabah ini pasti datang jam segini, yang ini suka diajak ngobrol, kalau itu suka pelayanan cepat. Coba deh bu kalau gak percaya, katanya. Dan saya buktikan, eh bener, keren banget,” Ujar Indah dengan tawa berderai.

Namun, menurutnya, sering kali dia sedih kalau para magang itu akan lulus. Dan hal ini pun dirasakan para pengajar di BLI seperti Undra, Ilham, dan Edi. Sebab, bersama-sama selama lebih kurang tiga tahun, belajar dan mengerjakan tugas, melayani nasabah di segala kondisi, membuat hubungan para magang dengan para pengajar dan para mentornya di cabang begitu dekat seperti keluarga.

“Sedih sekali, tapi kami bangga karena mereka sudah siap menggapai mimpi, mau kuliah, mau bekerja, silakan, dengan bekal mumpuni yang didapat selama magang di BCA. Yang membuat kami sangat terharu, sering para alumni Magang Bakti BCA ini, datang ke BLI atau cabang hanya untuk berterima kasih dan mengabarkan bahwa mereka sudah lulus kuliah dan bekerja, dan semua itu terjadi karena ikut Magang Bakti BCA“ Indah bercerita sambil berkaca-kaca.

Seru ‘kan cerita para pengajar dan mentor Magang Bakti BCA? Mau diajar oleh mereka dan ingin punya pengalaman profesional yang bermanfaat buat masa depan? Yuk, gabung saja di Magang Bakti BCA. Informasi lebih lengkap klik tautan ini https://karir.bca.co.id/peluang-karir/magang-bakti/

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.