Berita & Artikel

Posted on: 28-02-2020

Kunjungan Mahasiswa S2, Mengenal Lebih Dekat Transformasi Digital BCA

Jan Hendra, selaku Executive Vice President BCA menceritakan dengan antusias perjalanan BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, mulai dari awal sejarah BCA berdiri hingga perkembangannya saat ini untuk terus menjadi bank terbaik yang tetap relevan dengan market Indonesia.

 

Beberapa produk unggulan terbaru dari BCA juga diperkenalkan dan mendapatkan sambutan yang positif seperti misalnya BCA mobile dan BCA keyboard dan One Klik. Improvisasi kinerja yang dilakukan BCA secara konsisten sejak berdiri pada tahun 1957, menjadikan BCA saat ini sebagai perusahaan perbankan yang berhasil semakin bersinar di tengah kondisi ekonomi saat ini. 

 

Ketika industri perbankan sedang mengalami goncangan dan satu per satu mulai gulung tikar, BCA saat ini berhasil mencapai Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,2% sehingga menjadi perbankan dengan NIM terbaik di dunia setelah Australia. Tak hanya itu, BCA juga menduduki peringkat 3 internasional dalam In Terms of Asset dan menjadi satu-satunya perbankan di Indonesia yang mencapai the highest market cap in Southeast Asia. Dari segi pelayanan cabang, BCA berada di peringkat ke-2 setelah Mexico sebagai bank yang memiliki kualitas cabang terbaik. Banyak sekali ya pencapaian yang berhasil diraih oleh BCA!

 

Justina Susiloningsih selaku Senior Vice President BCA juga menceritakan secara lengkap pentingnya peran kantor cabang dalam industri perbankan. Justina menjelaskan, memang saat ini sudah banyak transaksi di BCA yang bisa dilakukan secara digital tetapi masih ada nasabah yang lebih memilih untuk datang ke cabang untuk bertransaksi atau menanyakan seputar informasi perbankan. Sebagai contoh ketika H+1 Idul Fitri, beberapa kantor cabang BCA sudah ramai dengan antrian nasabah sebelum jam buka dan jumlah nasabah yang datang sangat membludak sehingga kantor cabang baru dapat tutup pukul 22.00.

 

Oleh karena itu, Bagi BCA, kantor cabang masih sangat penting dan relevan untuk tetap ada karena BCA masih memperhatikan kebutuhan nasabahnya yang belum sepenuhnya dapat berpindah ke layanan full-digital. 

 Foto 2 (14)

Transformation is no longer an option. It is a requirement to stay relevant. - Justina Susiloningsih

Pembicara selanjutnya adalah seorang pria muda bernama Kelvin Setiawan, yang sudah menduduki jabatan sebagai Adviser Divisi Strategi dan Desain Operasi - Layanan  menceritakan usaha yang dilakukan oleh BCA untuk tetap stay relevant dengan cara membangun “New Ecosystem at Branch” di mana banyak tools baru yang digunakan oleh BCA untuk mempermudah pelayanan terhadap nasabah secara digital. 

 Foto 3 (10)

Acara menjadi semakin menarik ketika berbagai pertanyaan kritis diajukan oleh para mahasiswa. Salah satu peserta penasaran dengan rahasia di balik suksesnya BCA saat ini. Bagaimana skill para karyawan di BCA sehingga perusahaannya bisa sebesar ini? Dan bagaimana training yang dilakukan BCA untuk para karyawannya?

Jan Hendra menjelaskan bahwa semua prestasi yang diraih oleh BCA saat ini berasal dari kontribusi sumber daya manusia di BCA. Budaya kerja dibentuk se-kondusif mungkin sehingga terbentuk teamwork yang baik. BCA bahkan memiliki program team engagement tersendiri yang dilakukan secara konsisten dari tahun ke tahun. Setiap karyawan dibekali pengetahuan mengenai digital savvy supaya aktif mengikuti perkembangan teknologi. Ke depannya pun BCA tetap akan membutuhkan banyak karyawan namun membutuhkan skill yang berbeda seperti lebih terkait skill digital, teknologi, dan sebagainya mengikuti perkembangan dunia.

Para mahasiswa mengapresiasi perkembangan digital perbankan yang dilakukan oleh BCA. Hal ini terlihat ketika mereka mengapresiasi iklan BCA yang menarik dan semakin modern ketika ditayangkan beberapa kali sepanjang acara. Menurut mereka, teknologi yang dimiliki BCA sudah sangat maju dan memudahkan nasabah.

Foto 4 (6)

Acara kunjungan ini ditutup dengan office tour di Wisma BCA BSD untuk mengetahui sistem kerja para customer service di BCA. Para mahasiswa diajak untuk ke ruangan para customer service dan melihat langsung bagaimana cara customer service online BCA menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh nasabah.

Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman kerja secara langsung dengan menjadi bagian dari tim BCA. Yuk cari tahu langsung posisi apa yang cocok untuk kamu di BCA melalui link berikut ini :)

https://karir.bca.co.id/peluang-karir/ 

 Foto 5 (4)

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.