Berita & Artikel

Posted on: 13-07-2018

IT BCA yang Tak Pernah Berhenti Berinovasi

Dalam era digital, adopsi terhadap kemajuan teknologi informasi menjadi prasyarat utama layanan perbankan berkualitas sekaligus mendukung proses-proses yang lebih efisien.

Foto 1 (3) 

BCA bisa dianggap salah satu yang terdepan terkait adaptasi teknologi seperti ini. Memiliki tenaga IT yang mumpuni dan tak pernah berhenti berinovasi, BCA sudah menerapkan teknologi canggih hampir di setiap lini bisnis dan layanannya.

Dalam mempercepat suplai uang tunai misalnya, BCA membangun cash processing center (CPC) automation yang dilengkapi berbagai mesin canggih dengan fungsi berbeda: mesin penghitung, mesin pendistribusi, dan terintegrasi dengan system BCA yang bisa memprediksi ATM yang akan habis stock uangnya, lalu mengisinya kembali secara otomatis (full automation).

Menurut Eric Anwar, Senior IT Analyst BCA sekaligus salah satu pemrakarsa proyek tersebut “Dulu BCA masih bergantung sepenuhnya kepada pihak ketiga untuk pengelolaan, suplai, dan distribusi uang, sekarang kita sudah punya juga sendiri untuk efisiensi agar uang tunai bisa lebih cepat sampai ke ATM atau cabang, tanpa terkendala kemacetan dan human error.”

Selain CPC, inovasi BCA juga terkait layanan safe deposit box (SDB). Buat kamu yang belum tahu, SDB adalah layanan penyimpanan harta atau surat-surat berharga di kotak khusus yang terbuat dari baja dan kemudian disimpan di ruangan yang sangat terjamin keamanannya.

Foto 2 (4) 

Nah, kini BCA pun sudah memiliki safe deposit box (SDB) robotic di mana para nasabah bisa melakukan penyimpanan dan pengambilan barang secara self service. Bertempat di KCU Dago, Bandung “Nasabah tinggal masuk, tidak ada yang nemenin, pakai biometric, verifikasi, nanti yang mengambil box-nya dan memasukkannya ke ruangan itu robot,” ujar pria yang akrab dipanggil Eric ini antusias.

Salah satu rekan Eric, Samuel, IT Analyst bidang Group Digital Innovation Solution, menambahkan bahwa baru BCA yang memiliki processing center (CPC) automation dan safe deposit box (SDB) robotic. “Bisa dikatakan BCA yang pertama di Indonesia dalam melakukan terobosan ini, “Ujarnya langsung diiyakan Eric.

Eric Dan Samuel -min

Eric Anwar (kiri) dan Samuel (kanan)

Proyek IT BCA Terkini

Di samping processing center (CPC) automation dan safe deposit box (SDB) robotic yang sudah berjalan, IT BCA juga sedang mengembangkan proyek Arm Robot. Sudah diimplementasikan sejak April 2018, proyek ini bertujuan untuk mengotomasi proses inisialisasi token BCA. Pendaftaran dan inisialisasi yang awalnya dilakukan oleh manusia, digantikan oleh robot agar lebih efisien dan tepat.

Wah, keren, ya, inovasi-inovasi teknologi yang diadopsi BCA. Kalau kamu bertanya, kenapa kok IT BCA bisa tanpa henti berinovasi, jawabannya adalah keterbukaan dan dukungan yang besar BCA terhadap setiap inovasi, terutama dalam bidang teknologi.

Misalnya untuk mencari bakat-bakat terpendam di bidang teknologi dan finansial, BCA rutin mengadakan kompetisi internal yaitu salah satunya BIA (BCA Innovation Award) dan untuk eksternal yaitu Finhacks (Financial Hackaton). Bahkan Samuel menegaskan, agar tak ketinggalan perkembangan teknologi terbaru, IT BCA membentuk Grup Digital Innovation Solution sebagai garda terdepan untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi finansial baik pada skala nasional maupun internasional.

Eric menambahkan, penerapan teknologi canggih untuk mempermudah pekerjaan dan efisiensi tidak akan serta merta menggerus sumber daya manusia (SDM). Justru teknologi memungkinkan setiap SDM yang ada di BCA punya waktu lebih banyak untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat dan berfaedah.

"Pekerjaan-pekerjaan yang tadinya dilakukan orang, sekarang sudah bisa digantikan oleh teknologi. Itu bukan untuk menyingkirkan sisi humanis atau manusianya, tapi untuk meminimalisir repetitive movement, sesuatu yang terus berulang, menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Nah, teknologi di sini untuk mempermudah dan efisiensi itu semua. Sehingga ke depannya, SDM yang dimiliki BCA bisa mengerjakan hal-hal yang memiliki nilai tambah,”

Keren banget, kan? Award-nya ada, tim khususnya ada, inovasi pun tanpa henti. Jadi bagaimana, kamu tertarik bergabung di Divisi IT BCA menjadi seorang innovator bidang teknologi? Cek informasi lengkapnya di sini https://karir.bca.co.id/it/

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.