Berita & Artikel

Posted on: 17-05-2019

Insight Kartini-Kartini #BusinessAnalystBCA (Part 2)

Setelah tahu sedikit banyak tentang profesi #BABCA di artikel sebelumnya (hyperlink), kali ini kamu berkesempatan untuk kenalan dengan beberapa leader di Divisi Strategi & Pengembangan Operasi Layanan (DPOL) BCA. Hebatnya lagi, keempat di antaranya adalah perempuan-perempuan hebat yang tidak perlu diragukan lagi pengalamannya. Yuk, simak obrolan dengan para Kartini di BCA ini.

Pba 4 (3)

Saya tidak menyangka di BCA ada pekerjaan seperti ini. - Santi, Senior VP DPOL

 

Kalau begitu, fun facts apa lagi sih yang tidak banyak orang ketahui tentang #BABCA?

SA: Di divisi kita itu setiap orang punya kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya dan mewujudkan ide apa pun, bahkan jika ide itu tidak berkaitan dengan pekerjaan yang dia lakukan. Mereka bisa berinovasi dan bereksplorasi sambil menyalurkan bakatnya.

Contohnya, VIRA  adalah salah satu inovasi yang kita adopt dari hasil eksplorasi ide tim BA yang diikutkan pada ajang BCA Innovation Award. Selanjutnya juga ada sistem visual yang kita kembangkan untuk operasional teller kita agar lebih mudah dan tidak harus  mengingat angka atau kode lagi.

 

F: Di sini kita didorong dan diberi ruang untuk berani mencoba. Kadang-kadang, untuk hal yang kita belum tahu ini bakal berhasil atau tidak, kita itu diberi kebebasan untuk cari tahu dan di-encourage agar tidak takut gagal.

 

SU: Kalau menurut saya, salah satu yang membuat saya semangat berangkat kerja tiap hari itu adalah, setiap hari itu selalu ada hal baru yang kita temukan. Dinamikanya seru dan menarik. Di sini juga birokrasinya tidak terlalu kaku. Jadi walau tidak terkait dengan pekerjaan, lingkungan kerjanya tetap saling dukung.

Melihat latar belakang pendidikan Ibu yang berbeda-beda, apakah itu berarti lulusan jurusan apa saja bisa bergabung dengan #BABCA? Tidak harus IT?

All: Iya. Kita semua bukan jurusan IT. (tertawa)

 

Lalu, hal penting apa sih yang harus dimiliki oleh seorang Business Analyst?

F: Kemampuan menganalisa dan kreativitas.

L: Selain itu juga harus care dengan produk dan proses yang terjadi.

Dengan kreativitas kita dapat menganalisa dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian kita bisa menghasilkan berbagai pilihan solusi untuk produk tersebut.

SU: Mampu mengidentifikasi key problem, tahu bagaimana menguraikan permasalahan dan menyelesaikannya. Selain itu, kemampuan komunikasi atau negosiasi yang baik dengan lainnya juga tak kalah penting. Karena kita akan bertemu dengan banyak ide yang membutuhkan kolaborasi dengan anggota tim lain.

 Pba 5

Menurut saya, kemampuan menganalisa dan kreativitas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang #BABCA. - Fifie, Senior VP DPOL

 

Apakah ada tips untuk calon #BABCA agar tidak takut ketika bergabung dengan tim ini?

L: BCA adalah salah satu organisasi yang sangat kuat kekeluargaannya. Jadi, menurut saya, jangan takut dan tetap positif, karena kita pasti bantu tanpa terikat birokrasi.

 

SU: Dengan bergabung di #BABCA, kamu akan memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi kamu agar bisa berdampak bagi banyak orang. Kamu akan difasilitasi BCA untuk mewujudkan ide-ide kamu (dan tentunya itu nanti bisa dijadikan portfolio juga).

Selain itu, tetap jadi diri sendiri namun adaptif dan berpikiran terbuka. Dengan demikian kamu bisa membawa diri dengan baik di lingkungan kerja kamu.

 

SA: Komunikasi dan bagaimana kita tetap mau belajar, mau mendengar, mau bertanya dan mau berubah. Hal-hal seperti ini harus terus ditumbuhkan, karena kalau tidak, ya gak akan jalan. karena semuanya akan jadi asumsi dan itu tidak boleh. Karena kita kan tidak bisa baca pikiran orang.

 

Seperti apa contoh bentuk dukungan dari BCA untuk para calon BA?

L: Menurut saya jenjang karir di BCA yang sangat terstruktur dan tertata dengan baik adalah salah satu bentuk dukungan BCA bagi karyawannya. Tapi semuanya kembali ke yang bersangkutan, bagaimana mereka memanfaatkan media dan sarana ini untuk maju atau naik ke jenjang selanjutnya.

 

SU: Untuk menunjang karir, selain performance review, BCA juga melakukan mentoring dan coaching supaya setiap karyawan bisa terus mengembangkan dan memaksimalkan potensi dirinya semaksimal mungkin. Lalu ada outing tahunan yang penyelenggaraannya tergantung pada masing-masing divisi.

 

SA: BCA juga menyediakan komunitas-komunitas di dalam BCA untuk menjaga work-life balance. Ada komunitas olahraga atau nyanyi yang bisa diikuti. Jadi tidak terbatas untuk menyalurkan hobi saja, tapi juga untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan karyawannya.

 

Ada tips untuk menjadi seorang leader yang baik bagi para calon #BABCA?

L: Keep positive dan selalu siap berubah.

Itu kuncinya menurut saya. Karena kita harus selalu siap mengikuti apa yang diinginkan user kita dan perkembangannya. Open minded dan selalu mengikuti perkembangan yang ada serta terbuka dengan kebutuhan user kita, baik kolega dari divisi lain maupun nasabah BCA secara umum.

 

Selama di #BABCA, apa ada momen membanggakan yang pernah dialami? Terkait dengan produk atau proyek dimana Anda ikut terlibat.

L: “Produk” terakhir dari tim BA, adalah Cash Processing Center terbesar di Asia Tenggara dan di dunia untuk bank komersial. Jadi, kita mengembangkan suatu proses menghitung uang yang menggunakan robot. Kita ingin membuktikan dengan menggunakan mesin ini, produktivitas juga akan semakin baik. Tantangannya adalah menggunakan bahan-bahan suku cadang yang biasanya digunakan di pabrik, sekarang kita coba pakai untuk uang.

 

SU: Kita juga sedang mengembangkan projek Branch in The Sky. Ingin tahu apa itu? Makanya gabung dengan #BABCA sekarang juga! Hehe…..

 

Wow! Ternyata banyak sekali ya yang bisa dipelajari dengan menjadi bagian dari tim #BABCA. Kamu juga bisa punya banyak teman karena divisi ini memang harus berkolaborasi bersama unit- kerja lain yang ada di BCA. Dan kamu juga bisa terlibat di berbagai jenis proyek yang tentunya tidak berbentuk fisik saja, seperti kartu Flazz atau Paspor BCA, tapi juga sistem yang dapat menunjang kelancaran operasional BCA di segala aspek layanan.

Seru banget ya bisa jadi bagian dari sesuatu yang besar bahkan membawa perubahan bagi orang banyak, yaitu para nasabah BCA. Seperti kata Ibu Susan, kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang #BABCA atau bahkan ingin banget bergabung, yuk buruan daftar di http://bit.ly/KarirBCA-PBA!

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.