Berita & Artikel

Posted on: 15-05-2019

Eric Anwar : Journey To Be a Leader

Pekerjaan pertama Eric bukanlah di dunia perbankan.

Cerita dimulai saat ia ingin berkarir di tempat yang menyediakan kesempatan untuk berkembang secara personal dan profesional, Eric yang memulai karir sebagai penjaga toko, akhirnya dapat bekerja di tempat impiannya, yaitu di perusahaan game developer.

Setelahnya, Eric yang merupakan lulusan Computer Science & Engineering dari salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat ini kemudian terjun ke dunia finansial. Namun, karena tidak puas dengan perkembangan karirnya saat itu, ia pun memilih untuk mencoba peruntungan di dunia perbankan melalui bank BCA untuk menjajal tantangan baru.

Sebelum menjadi Kepala Biro IT BCA, Eric memulai karir di BCA sebagai staf IT yang meng-handle card management selama kurang lebih tujuh tahun dimulai dari tahun 2005. Bisa dibilang, Eric memulai segalanya dari awal dalam memahami dunia perbankan. Dari mulai mengerti flow percetakan kartu debit dan kartu kredit hingga mencoba meng-handle opensystem dengan infrastruktur windows, unix, dan linux.

Perjalanan baru dimulai ketika dia dipindah tugaskan ke unit bisnis Cash. Dari yang biasanya mengurusi kartu, mulai 2013, ia mengurusi pekerjaan seperti pengiriman uang ke cabang, supply chain hingga pengisian ATM.

Menurutnya, menjalani pekerjaan sebagai IT BCA bukan merupakan hal yang cukup sulit secara teknis. Ada hal yang jauh lebih penting untuk dimiliki seorang IT BCA, yaitu skill negosiasi. Menurutnya, tantangan terbesarnya dalam bekerja adalah mencari jalan tengah untuk memenuhi keinginan user dengan mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan tim IT. Untuk itu dibutuhkan penjelasan persuasif yang dilakukan tim IT kepada user. Itu lah skill yang membawanya menjadi Kepala Biro IT BCA saat ini.

IT 2

Eric menegaskan bahwa BCA merupakan perusahaan yang cukup fair terhadap jenjang karir. “Jenjang karir di BCA sangat jelas, yang kamu harus lakukan adalah kuasai aplikasi dan handle project IT dengan baik, maka secara otomatis BCA akan siapkan jenjang karir buat kamu.” Tidak hanya, jenjang karir, BCA juga peduli terhadap perkembangan karyawannya, misalnya memfasilitasi para karyawan untuk mengikuti berbagai macam kelas training dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk belajar hingga ke luar negeri, studi banding, workshop, hingga mengikuti international conference. 

Eric merasa beruntung, karena skill teknis dan non teknis yang membuat karirnya berjalan baik  bisa dipelajari dari atasannya yang pertama, “Atasan saya yang pertama baik banget, sangat mengayomi dan mengajarkan banyak hal pada saya. Kira-kira hingga 2011 saya masih mendapat pelajaran berharga dari atasan pertama saya di BCA tersebut.” ujarnya.

Bagi Eric, itu adalah salah satu faktor yang membuatnya betah bekerja di BCA. Tentunya selain jenjang karir dan kompensasi yang adil. Tidak hanya merasakan perkembangan secara profesional, Eric juga merasakan perkembangan secara personal ketika di BCA.

“Banyak sekali soft skill saya yang berkembang selama bekerja di BCA, seperti teknik managerial, kerja sama, negosiasi, komunikasi persuasif.”

IT 3

Ketika ditanya mengenai  tips untuk bisa berada di posisinya sekarang, Eric menyebutkan tekun dan kerja keras adalah 2 hal yang membuat dia berhasil menjadi Kepala Biro IT. 

Gimana, seru kan mengikuti perjalanan karir Kepala Biro IT BCA dari awal? Apalagi mengetahui bagaimana BCA bisa membantu dirinya berkembang baik secara personal maupun profesional hingga di posisinya sekarang ini.

Semakin tertarik untuk bergabung bersama tim IT BCA? Cek informasi tentang peluang karir BCA di tautan berikut ini https://karir.bca.co.id/it

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.