Berita & Artikel

Posted on: 27-02-2019

Duta AO RO, Bukan Sekadar Inovasi tapi juga Semangat Teamwork

Ajang BCA Innovation Award (BIA) memang menjadi ajang tahunan terbesar yang bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para karyawan BCA setiap tahunnya. Ajang yang diselenggarakan tiap bulan Februari ini merupakan puncak dari rangkaian program pengembangan diri yang diadakan BCA bagi karyawannya. Dalam acara ini BCA menganugerahkan apresiasi atas prestasi, inovasi, dan pencapaian yang telah diraih satu tahun ke belakang. Tidak terkecuali bagi tim AO/RO BCA yang merayakan ajang ini sebagai salah satu momen besar dalam karir mereka.

Mulai dari tahapan seleksi Duta AO Nasional hingga akhirnya resmi diumumkan pada malam BIA, proses ini memakan waktu hingga satu tahun lamanya. Para finalis pun melalui proses karantina sebagai bagian dari proses pembekalan mereka menjadi Duta AO Nasional, seorang influencer di lingkungan kerjanya. Nah, seperti apa proses seleksi yang dilalui? Yuk, ikuti obrolan seru bersama 3 pemenang Duta AO Nasional BCA, yaitu Bobby (B), Andi (A), dan Gilang (G).

 

Bobby, Andi, dan Gilang - Pemenang Duta AO Nasional 2018

 

Hi teman-teman! Boleh diceritakan seperti apa sih proses seleksi yang kalian lalui hingga akhirnya menjadi Duta AO / RO Nasional?

B: Proses seleksi yang saya jalani dimulai dari tingkat wilayah itu terdiri atas beberapa detail tahapan yang sangat terstruktur dan dimulai sejak 11 Agustus 2018. Setelah memenuhi kualifikasi data yang dipersyaratkan, saya kemudian mengikuti psikotes, sesi product knowledge, wawancara, presentasi materi, dan diakhiri dengan kegiatan outbound.

Puji dan syukur setelah melalui mekanisme seleksi diatas, saya terpilih mewakili tim Account Officer (AO) Sentra Bisnis Komersial (SBK) Wilayah I. Saya bersyukur karena Ibu Lanny sebagai Kepala Kantor Wilayah I telah membuat serangkaian materi pembekalan yang sangat lengkap mencakup Product Knowledge, Soliditas dan Team Engagement hingga persiapan materi presentasi, attitude and behaviour training, role play serta berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Saya merasa sangat didukung, dipersiapkan, dan difasilitasi secara maksimal.

Ketika memasuki masa karantina nasional pun saya sangat excited, karena antusias dengan materi-materi yang akan diberikan termasuk tentang pengembangan teknologi BCA di ranah banking marketing, materi-materi motivasi, business plan & strategic account, permainan simulasi berkelompok dan tentunya kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman dari BCA di seluruh Indonesia.

A: Tahun ini merupakan kedua kalinya saya diutus mewakili cabang ke seleksi wilayah. Seleksi wilayah menurut saya cukup fun sementara seleksi nasional atau karantina memiliki jumlah peserta yang lebih banyak sehingga jauh lebih menantang. Kegiatan juga lebih padat karena selain kegiatan fisik juga ada in class-training yang diselingi dengan games. Namun, meski proses tersebut tough and challenging, tahapan karantina ini juga sangat menyenangkan dan inspiratif. Periode karantina ini banyak mengajarkan saya ilmu baru, seperti cara mengenali karakter diri dan orang lain, teamwork yang oke, bagaimana berpikir kreatif, dan push boundaries to maximum limit.

G: Mungkin saya akan coba cerita sambill mengurutkan tahapan seleksinya. Tahapan pertama dari seleksi, adalah presentasi di hadapan seluruh Kepala Cabang, Pejabat Wilayah serta Kepala Kantor Wilayah VIII. Pada tahap pertama ini saya menggunakan materi yang sudah saya implementasikan di cabang Menara Bidakara sejak awal tahun 2018 dan telah terbukti meningkatkan nilai CE (customer engagement) pada cabang Menara Bidakara.

Tahapan kedua merupakan tahapan Tes Psikotes yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan mental yang sehat sehingga kunci dalam tes ini adalah tidur yang cukup dan fisik yang sehat. Tahapan ketiga adalah tahapan seleksi yang dilakukan di kantor wilayah dengan materi yang terkait dengan interview, penugasan, dan juga presentasi. Sebulan sebelum karantina nasional dimulai, wilayah kembali memberikan pembekalan berupa pemberian materi-materi mengenai BCA, teknik presentasi, motivasi, dan juga sharing session dengan pemenang-pemenang nasional sebelumnya.

 Proses karantina nasional selama 5 hari menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya. Mulai dari permainan-permainan, pemberian materi dan challenge, psikotes, pembuatan action plan, interview, debat, dan tugas-tugas lainnya hingga proses seleksi outdoor yang memerlukan kekuatan fisik. Semua kegiatan ini menguji kita dalam banyak hal, seperti emosi, kesabaran, menghargai pendapat anggota tim, menghormati orang lain, dan cara menyampaikan pendapat dengan baik.

 

Wah, benar-benar seru sekaligus sangat menantang ya! Lalu, menurut kalian, apa yang membuat kalian terpilih menjadi salah satu pemenang?

B: Saya pribadi tidak mengetahui ya seperti apa detail dan teknis mekanisme penilaiannya. Namun apabila boleh menerka, ada dua momen yang saya jalani, yang mendapatkan apresiasi dan feedback yang positif dari penguji, yakni presentasi dan debat.

Khususnya pada momen debat yang merupakan kegemaran saya sejak sekolah dulu, dua materi yang didiskusikan saat itu merupakan topik yang saya gemari. Kebetulan saya pernah terlibat langsung dalam pembuatan aplikasi terkait fintech ketika menyelesaikan studi pascasarjana.

 

Tim saya adalah tim yang sangat luar biasa, and it was not a sugarcoating fact. - Andi Husnul Hatimah, Account Officer BCA Panakkukang.

 

A: Jawabannya sederhana, tim saya. Tim saya adalah tim yang sangat luar biasa, and it was not a sugarcoating fact. Dalam tim, kami berusaha memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk memberikan “versi terbaik dari dirinya”, dan itulah yang saya lakukan. Saya jadi semakin mampu menempatkan diri, beradaptasi, bereaksi, berpikir, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah serta memimpin dan mendengarkan dengan pikiran yang tetap terbuka.

Sebagai seseorang yang dominan, saya belajar banyak untuk mendistribusikan energi dan kemampuan saya untuk “memimpin” tim. Sebenarnya momen ini membuat saya memahami bahwa it’s okay to trust others make the decision and help the team work everything out. Hal itu tidak akan mengurangi nilai saya melainkan membangun saya untuk lebih baik dan lebih besar lagi. That was the moment of truth, and here I am, one of the champion.

G: Menurut saya, kemampuan adaptasi saya di berbagai lingkungan dan juga bagaimana saya berhubungan dengan tiap-tiap anggota kelompok lain. Saya menjadi semakin terlatih untuk menunjukkan empati, tolong menolong, dan juga rasa rela berkorban. Saya juga memberikan 100% diri saya tanpa ada yang ditambah-tambahi dan dikurangi.

 

Cool! Sekali lagi selamat ya atas pencapaian kalian! Kita lanjutkan lagi nih tanya-tanyanya. Bagaimana perasaan kalian mulai dari menunggu pengumuman sampai akhirnya terpilih sebagai Duta?

B: Perasaannya sangat antusias dan tidak menyangka akan terpilih sebagai salah satu Duta. Dan akhirnya sangat senang dan bersyukur diberikan kesempatan oleh BCA sebagai salah satu pemenang Duta AO RO terbaik nasional.

A: Deg-degan. Bukan sebuah kesombongan atau over-confident, tapi saya selalu meyakini usaha terbaik yang saya berikan saat karantina akan memberikan hasil yang maksimal. Kalaupun I’m not the chosen one, that would not be a disappointment because I have give my best and I’m proud of my effort.

Cuma memang saat pengumuman sudah sempat hopeless karena sisa nama terakhir, dan belum diumumkan. Doanya sudah berganti dari “semoga nama saya” menjadi “ya Allah, ikhlas deh belum kesempatan saya”. And finally my heart skipped a beat when the MC said my name. Surely, that was one of the best moment in my life, ever!

Dan ketika pengumuman di tanggal 01 Februari 2019 lalu nama saya dipanggil sebagai salah satu Relationship Officer (RO) terbaik nasional 2018, saya bahagia. Itu merupakan hari yang luar biasa bagi saya. - Gilangtriatama Ardinanto, Relationship Officer BCA Menara Bidakara.

 

G: Perasaaan ketika menunggu pengumuman merupakan hal yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Cemas dan galau.

Semua kolega, teman, dan keluarga memiliki ekspektasi tinggi bahwa saya akan menang. Bahkan di cabang Menara Bidakara melakukan doa setiap hari untuk mendoakan saya agar memenangkan ajang BIA. Akan tetapi yang saya lakukan hanya tetap optimis dan tentunya terus menanamkan pada pikiran saya bahwa saya sudah melakukan yang terbaik dari awal seleksi sampai dengan karantina nasional. Dan ketika pengumuman di tanggal 01 Februari 2019 lalu nama saya dipanggil sebagai salah satu Relationship Officer (RO) terbaik nasional 2018, saya bahagia. Itu merupakan hari yang luar biasa bagi saya.

Satu kalimat yang terus terngiang di otak saya hingga hari ini, yaitu usaha dan proses yang keras tidak akan mengkhianati hasil.

 

Nah, setelah terpilih menjadi duta, kalian ada rencana atau goals apa nih?

B: Rencana yang paling tergambarkan, adalah lebih banyak berbagi & ikut memotivasi teman-teman di Wilayah dan Cabang untuk ikut serta dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan produktif BCA, semakin inline dengan visi-misi-program BCA, sambil terus mempelajari materi-materi dan pengalaman baru terkait skill & knowledge seorang AO yang profesional. Saya juga akan menekuni aplikasi dan pemodelan Financial Advisory dalam proses Solution Index Selling kepada nasabah, serta pengembangan aplikasinya itu sendiri dan penerapannya dalam konteks yang lebih teknis dan mendetail.

Rencana yang paling tergambarkan, adalah lebih banyak berbagi & ikut memotivasi teman-teman di Wilayah dan Cabang untuk ikut serta dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan produktif BCA - Bobby Irham, Account Officer SBK Wilayah I (Bandung)

 

A: I always believe that an opportunity is a responsibility. That’s why, I’m going to make this moment so much worthy of remembrance. Saya akan jadikan booster juga. (tertawa). To be a better person, employee, and co-worker.

Saat Anda menjadi Duta, orang akan melihat Anda. Saya akan menggunakan momen itu untuk memberikan “pengaruh baik” bagi lingkungan kerja saya. Sehingga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lain dalam berkarya dan berprestasi. Karena sukses bersama, jauh lebih baik. So, let’s make it a habit.

G: Goal saya, adalah untuk memberikan contoh baik yang lebih banyak lagi. Membuat action plan yang terukur dan dapat dicapai, melakukan seluruh penugasan dengan baik serta tidak berhenti pada titik ini saja. Selain itu juga terus mempersiapkan diri untuk tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Satu prinsip yang saya terapkan dalam hidup saya, adalah “tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, mata yang akan terus menatap ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa”. (dari buku 5cm)

 

Wow! Ternyata tim AO/RO BCA memiliki kualitas yang terbukti dan terjamin ya. Jadi gak salah lagi deh mempercayakan kebutuhan maupun solusi layanan perbankan pada mereka. Jadi penasaran seperti apa kerjanya seorang AO/RO? Klik link ini ya untuk baca-baca tentang AO/RO BCA. :)

 

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.