Berita & Artikel

Posted on: 03-03-2020

BCA Young HackR : Because smart hacks, start here!

Belum lama ini BCA bekerja sama dengan Kalibrr mengadakan event yang seru banget, yaitu BCA Young HackR! Lomba yang mengadaptasi konsep hackathon ini bertujuan untuk mencari ide dan solusi kreatif dari anak muda Indonesia yang bisa membantu meningkatkan kinerja Departemen Human Resource BCA. Lomba dengan total hadiah senilai 75 juta rupiah ini terbuka untuk mahasiswa (minimal semester 5) ataupun fresh graduate (maksimal usia 25 tahun) dari semua jurusan. Jadi, kamu tidak harus memiliki latar belakang IT untuk mengikuti lomba ini! Kamu hanya perlu membentuk tim yang terdiri dari 3 orang, yang masing-masing memiliki peran sebagai business analyst, developer, dan UI/UX designer.

Seleksi tahap awalnya adalah, setiap tim dapat memilih topik yang ingin diangkat dan menuangkan ide inovasi digital mereka ke dalam bentuk canvas. Sepuluh tim dengan ide inovasi dan canvas terbaik akan diundang oleh BCA untuk mengikuti rangkaian acara BCA Young HackR yang pastinya seru banget!

Sepuluh tim finalis diundang ke Menara BCA, Jakarta, pada tanggal 30 – 31 Januari 2020 untuk mengikuti Training and Warming Up Day. Di sini tim finalis bisa saling berkenalan dan membangun relasi dengan tim finalis lainnya. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk melihat langsung area kerja Divisi IT sekaligus mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan yang selama ini mereka tangani.

 Foto 1 (6)

Gak hanya itu! Tim finalis juga dibekali dengan berbagai ilmu yang dapat menambah wawasan mereka. Misalnya saja, sharing bertajuk “How HR Should Change and Adapt to Face Changes in Industry 4.0” dari Ibu Lianawaty Suwono, Director of Human Capital BCA, sharing tentang transformasi BCA yang diberikan oleh Bapak Jayaprawirya Diah, selaku Head of Digital Innovation Solution BCA, serta sharing ilmu mengenai penerapan metode SCRUM dari Bapak Ferdinand Wirawan, selaku Vice President of Strategic and Information Technology Group.

Pada acara ini, tim finalis juga mengambil undian untuk mendapatkan topik case study yang akan mereka garap. Mereka juga bisa berkenalan dan berdiskusi dengan tim mentor. Apa itu tim mentor? Tim mentor adalah teman-teman dari BCA yang akan mendampingi tim finalis selama lomba berlangsung. Tim finalis bisa berkonsultasi dengan mentornya masing-masing serta bertanya dan menggali lebih jauh mengenai case study yang mereka dapat sehingga produk yang dibuat akan memiliki nilai guna dan mutu yang tinggi. Jadi, selain mendapat teman dari universitas lain, tim finalis juga bisa menjalin relasi dengan pekerja BCA!

Puncak dari acara ini tentunya adalah Hackathon Day di tanggal 8 – 9 Februari 2020. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini tim finalis diajak untuk melihat training center BCA di Sentul, yaitu BCA Learning Institute. Di sini tim finalis diberi waktu selama 24 jam untuk menyelesaikan produk yang dibuatnya untuk kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri dan penonton. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Direktur BCA, Bapak Suwignyo Budiman dan Bapak Armand W. Hartono.

Foto 2 (15)

 

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, terpilihlah tiga tim terbaik BCA Young HackR 2020 yaitu Third Team, Kojor, dan BiTeam. Inovasi yang dihasilkan keren-keren banget! Ada yang membuat aplikasi untuk program on boarding lengkap dengan gamification berkonsep penyelesaian quest di dalamnya sehingga aplikasi menarik untuk digunakan oleh user, ada juga yang membuat tracking system untuk program mentoring agar user dapat selalu memantau progress-nya, dan masih banyak lagi.

 Foto 3 (11)

Mau dengar apa kata mereka tentang BCA Young HackR? 

“Kemarin sempat dari kami mempertahankan ideologi masing-masing. Tapi semua itu terlewatkan hingga akhirnya muncullah aplikasi yang kami buat sekarang.”

“Jujur, keren banget! (Kami) merasa dapet banyak banget ilmu, temen baru, dan juga uang (hadiah),” kata Shinta salah satu tim pemenang BCA Young HackR. 

Kebayang kan bagaimana keseruan acara ini dan banyaknya pengalaman yang didapat oleh peserta. Selamat bagi seluruh tim, khususnya tim pemenang! Kalah dan menang bukanlah fokus utama dalam acara ini. Semangat untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik adalah apa yang kami cari dari BCA Young HackR! Sampai jumpa di acara-acara menarik BCA selanjutnya!

 

 

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.