Berita & Artikel

Posted on: 07-01-2019

BCA SCRUM YEAR-END RETRO 2018

DSC_9909

Tahun ini adalah momen bersejarah untuk Scrum bagi BCA, karena untuk pertama kalinya dalam 4 tahun diadakan event Retropective yang digelar di Centennial Tower  pada tanggal 19 Desember 2018 bernama Year End Retro. Event ini membahas berbagai hal mengenai berjalannya Scrum di BCA dalam waktu jangka waktu setahun serta berdiskusi prospek ke depan terkait Scrum bagi organisasi BCA bersama lebih dari 100 peserta. Terdapat 9 keynote speaker yang mewakili masing-masing bagiannya, kesembilan keynote speaker tersebut adalah Ferdinan Wirawan, Fransiscus Kaurrany, Jumas Ranope, Taufan Darussalam, David Budiman, Daniel Adi Wiguno, David Susanto, Cipto Citronegoro, dan Kelvin Setiawan.    

Topik pertama yang bertajuk “Mythbusting Scrum” dibawakan oleh Ferdinan Wirawan yang mewakili Scrum Master, Ferdinan membahas mitos-mitos apa saja  yang beredar selama ini  terkait Scrum serta memberikan penjelasan kesalahan tentang mitos yang berkembang dan juga membahas mengenai korelasi neurochemical dengan individual happiness dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Topik kedua Taufan Darussalam yang berasal dari PMO membawakan topik “Agile Organization”, selain membahas mengenai Agile Organization dan agile business, pada bagian ini para peserta dan keynote speaker berdiskusi mengenai sharing can create ecosystem tentang bagaimana bertukar feedback dapat membuat suatu ekosistem yang mampu merubah suatu bisnis. Juga membahas bagaimana BCA mengaplikasikan “Agile Organization” agar dapat mengikuti Bank Transformation fundamental, selain itu pada topik ini juga membahas fundamental di dalam agile organization agar BCA dapat semakin kuat dan berpikir maju dan tidak kalah bersaing.

Kemudian selanjutnya keynote speaker yang berbicara adalah Daniel Adi Wiguno mewakili Business Analyst membawakan topik “Connecting the dots”, pada topik ini keynote speaker sedikit bercerita mengenai apa saja yang dilakukan seorang Business Analyst di dalam Scrum yang sejalan dengan keinginan tim bisnis. Juga mengenai kendala dan tantangan yang dihadapinya serta membahas bagaimana mencari solusinya, seperti menjadi jembatan antara tim business dengan tim development agar sesuai dengan tujuan bersama.

Cipto Citronegoro mewakili tim Product Owner (Operation) membahas topik “Agile Transformation in Operation”, topik ini membahas bagaimana menjadi seorang Product Owner terkait operasional dimana improvement itu tidak hanya dari segi efisiensi namun bisa juga melakukan improvement berupa new product and technology untuk menjawab kebutuhan bisnis operasional.

Keynote Speaker yang selanjutnya berbicara adalah Jumas Ranope dan David Latif Budiman yang  mewakili role IT Development membawakan topik “Let’s go back to XP !!”, pada topik ini membahas mengenai benefit dari pair programming, bagaimana efektifitas dari pair programming karena scrum biasanya terdiri dari beberapa tim dan divisi. Juga membahas mengenai Test driven development serta benefit yang didapat jika suatu tim melakukan test driven.

DSC_9893

David mewakili Automation Tester melakukan sharing tentang topik “Let’s Start Automate!”, topik ini membahas tentang bagaimana mensupport scrum dengan menggunakan automation testing serta tools yang digunakan dan challenges apa saja yang dihadapi serta rencana untuk tahun berikutnya.

Kelvin Setiawan Aliwinoto yang mewakili Product owner (Business) membawakan topik “Meet Your Customers’ Needs”, bagian ini  membahas mengenai pentingnya mendeliver product value kepada customer dengan baik dibandingkan product features, bagaimana cara penyampaian yang efektif tidak terlalu menyulitkan customer dalam memahami produk yang akan digunakan, bagaimana struktur dan organisasi suatu tim dan produk agar dapat menyampaikan sesuatu yang dibutuhkan oleh customer serta tantangan apa saja yang dihadapi saat memberikan informasi produk kepada pelanggan  tersebut.

Fransiscus Kaurrany mewakili upper management membawakan topik “Agility : Beyond SCRUM”, topik ini membahas tentang adanya frameworks kerja agile yang lain selain Scrum dimana setiap jenis framework kerja agile ini mencoba menjawab tantangan yang ada dalam business development, selain itu pada topik ini juga membahas bagaimana mindset agile itu sangat fundamental dalam kemajuan suatu organisasi.

Selain sharing mengenai Scrum, pada acara ini juga terdapat acara yang menyenangkan  berupa quiz dan mini games yang membuat suasana semakin meriah. Agar semakin menarik juga terdapat  pembagian hadiah kepada para peserta yang berhasil menjawab soal quiz ataupun yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar saat diberi pertanyaan oleh para keynote speaker. Pada sesi akhir dilakukan pengumpulan feedback dari para peserta untuk kemudian membuat scrum lebih baik lagi. Diharapkan agar pada tahun mendatang, event ini bisa hadir kembali dan bisa memberi manfaat yang lebih secara terus menerus untuk perkembangan scrum di BCA.

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.