Berita & Artikel

Posted on: 03-01-2020

BCA Finhacks 2019 #Blockchainnovation, Kompetisi Teknologi Blockchain Terbesar di Indonesia

Peran teknologi digital saat ini banyak mengubah kebiasaan hidup sebagian orang. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi menjadikan masyarakat menuntut kemudahan saat mengakses suatu hal termasuk dalam bidang finansial. Hal ini menjadikan industri perbankan juga harus cepat beradaptasi dan menciptakan inovasi untuk nasabahnya. BCA melihat peluang ini untuk memberikan kesempatan berkolaborasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial, salah satunya dengan mengadakan Financial Hackathon (Finhacks).

A

BCA #Finhacks2019 merupakan kompetisi terbuka para praktisi IT untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial. Tema Finhacks yang diangkat tahun ini adalah #blockchainnovation dengan tujuan untuk mengembangkan penggunaan blockchain dalam teknologi finansial di Indonesia. Pada kompetisi Finhacks kali ini, BCA mempersiapkan total hadiah senilai Rp520 juta.

B

Rangkaian kompetisi ini sudah dimulai sejak Agustus 2019, dari ratusan peserta yang mendaftarkan ide inovasinya diseleksi kembali menjadi 30 tim terbaik untuk maju ke babak Prototype Development. Setelah itu dipilih kembali 15 finalis dengan prototype terbaik yang akan bersaing saat Demo Day BCA Finhacks 2019 pada 23 November kemarin yang diadakan di The Hall, Senayan City.

Demo Day merupakan puncak acara BCA Finhacks 2019 dimana para finalis mempresentasikan ide inovasinya dan mendemonstrasikan prototype yang sudah dibuat. Selain itu ada juga sesi diskusi mengenai blockchain dengan para pembicara yang sudah ahli di bidangnya. Presiden Direktur BCA, Bapak Jahja Setiaatmadja dalam pidato pembukaan Demo Day ini menjelaskan bahwa tujuan BCA mengadakan kompetisi ini adalah untuk memfasilitasi ide dan gagasan kreatif dan inovatif dalam rangka membangun strategi dan produk berbasis teknologi yang berkualitas.

Banyak inovasi menarik yang dibuat oleh para finalis Finhacks kali ini, misalnya saja seperti tim Genesix yang membuat platform berbasis blockchain untuk mengelola akses data nasabah dan untuk berkolaborasi mengumpulkan data nasabah (track record). Kemudian ada juga tim NL_Mawib dengan inovasi chatbot-nya bernama ‘Wally’ yang dapat memudahkan melakukan transaksi dengan cara terintegrasi pada social media atau messaging app favorit kamu tanpa perlu repot-repot menginstall aplikasi lainnya. Wally menerapkan teknologi Blockchain agar dapat melakukan transaksi ke siapapun meski berbeda mata uang dengan memanfaatkan Token sebagai bridge currency.

Akhirnya setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang, terpilihlah pemenang dari masing-masing kategori, yaitu:

Interbank Settlement and Payment

1. NL_Mawib

2. Haze

3. Weekend Bitcoint

 

Identity Management

1. Genesix

2. Walkeri

3. kocheeenq oreeen

 

Financial Inclusion

1. DKletz

2. Team Weingarten

3. Sobat Gurun

 

The Best Showcase Prototype

BeeOne

 

The Best Architecture

Genesix

C

Selamat kepada para pemenang yang sudah memberikan inovasi terbaiknya di BCA Finhacks 2019 kali ini. Terima kasih juga kepada para peserta yang juga sudah turut berpartisipasi dengan ide-ide terbaiknya. Sampai jumpa di kompetisi BCA berikutnya yang pastinya tidak kalah seru dan menarik!

 

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.