Berita & Artikel

Posted on: 10-12-2018

AO/RO BCA: Mewujudkan Mimpi Nasabah dengan Solution Excellence

Menjadi ujung tombak dari salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang juga merupakan bank terbesar ketiga di ASEAN mungkin merupakan tanggung jawab yang besar dan kebanggaan bagi sebagian orang. Inilah yang dirasakan oleh para Account Officer (AO) dan Relationship Officer (RO), bagian dari tim marketeer BCA. Penasaran seperti apa tugas menjadi marketeer di BCA? Baca terus artikel ini ya!

Mengemban tugas sebagai partner terpercaya bagi nasabah sekaligus harus mempertahankan performa BCA secara keseluruhan bisa dirasa berat dan melelahkan. Belum lagi dengan target yang harus dicapai. Untuk menjadi lebih dari sekadar marketeer biasa, seorang AO/RO juga dituntut untuk bisa mengatur  waktunya sebaik mungkin, terus beradaptasi dengan berbagai karakteristik nasabah maupun bisnisnya, dan juga perkembangan zaman. Apalagi dengan persaingan antar bank yang makin ketat dan industri perbankan yang terus berkembang.

AORO2 (1)

AO/RO juga dituntut untuk bisa mengatur waktunya sebaik mungkin, terus beradaptasi dengan
berbagai karakteristik nasabah maupun bisnisnya, dan juga perkembangan zaman.

Peran Penting Sentuhan Personal dan Teknologi dalam Memberikan Total Solusi

Namun, para AO/RO BCA juga menyadari para nasabahnya tetap membutuhkan sentuhan pribadi dan dan kehangatan keluarga dalam mewujudkan mimpi dan mengembangkan bisnis mereka. Maka dari itu, AO/RO BCA percaya komunikasi interpersonal antar manusia tetap esensial untuk mencapai tujuan bersama nasabah maupun AO/RO sebagai representasi dari BCA.

Hal inilah yang dirasakan Yohanes Didi, AO SBK II, ketika bercerita tentang pengalamannya bersama salah satu nasabah. “Waktu itu saya mencoba untuk membuat skema kejutan ulang tahun untuk mendatangkan anak-anak salah satu debitur dengan meminta bantuan orang dari bagian keuangan beliau,” tuturnya. Kala itu Didi berencana untuk membawa kue ulang tahun dan meminta agar anggota keluarga debiturnya bernyanyi ketika lilin dinyalakan. “Debitur saya waktu itu kaget dan tidak kuasa membendung air mata kebahagiaannya melihat anggota keluarganya dapat berkumpul di hari ulang tahunnya,” lanjutnya sambil tersenyum.

Salah satu momen yang juga berkesan bagi Didi adalah ketika acara selesai, debitur tersebut langsung menyampaikan ke karyawannya di bagian keuangan untuk tidak segan-segan menghubungi Didi dan agar tidak “selingkuh” dari BCA. Keesokan harinya pun debitur tersebut menghubungi Didi dan bercerita padanya, bahwa ternyata selama ini anak-anaknya selalu merasa sungkan untuk mengucapkan selamat ulang tahun, ucapan terima kasih, maupun ucapan lainnya sehingga tak jarang momen ulang tahunnya pun terlewatkan begitu saja. “Point penting dalam cerita saya, adalah walau saat ini persaingan antar bank hanya berbicara mengenai bunga dan biaya, namun sesungguhnya nasabah / debitur butuh sentuhan hangat yang mengena di hati,” tutup Didi.

Pengalaman seperti yang dialami Didi di atas adalah salah satu dari sekian banyak pengalaman AO/RO yang membuat dan memicu AO/RO BCA untuk memberikan solusi yang total bagi nasabahnya. Menjadi partner yang bisa diandalkan dan berdaya. Dengan memahami dan menguasai bidang pekerjaannya secara menyeluruh juga terlibat dalam berbagai pelatihan yang difasilitasi BCA, AO/RO akan turut meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan juga personality-nya.

Berbagai proses kegiatan yang berhubungan dengan cakupan kerja AO/RO mulai dari pembuatan action plan, eksekusi,  monitoring, dan evaluasi hasil terus ditingkatkan demi mencapai keunggulan dalam pemberian solusi (solution excellence). Misalnya sebelum melakukan eksekusi atau kunjungan, AO/RO terlebih dulu melakukan persiapan berupa analisa data nasabah secara menyeluruh sehingga kunjungan menjadi lebih efektif dan efisien. Jadi, seorang AO/RO tidak hanya jualan tapi harus mengerti juga seperti apa kebutuhan nasabah hingga mampu memberikan solusi yang tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut. Dengan demikian AO/RO juga memiliki peran sebagai seorang advisor

Apalagi saat ini AO/RO sudah dilengkapi dengan berbagai tools yang mempermudah AO/RO dalam mendapatkan informasi mengenai nasabah, seperti SPECTA, QlikSense, MyCore, dan segudang inovasi lainnya untuk menjalankan fungsi total solusi dengan lebih optimal.

AORO3 (1)

“Walau saat ini persaingan antar bank hanya berbicara mengenai bunga dan biaya, namun sesungguhnya
nasabah / debitur butuh sentuhan hangat yang mengena di hati.” - Yohanes Didi, AO SBK II

Selain tata nilai BCA dan beberapa skill yang telah disebutkan sebelumnya, seorang AO/RO juga harus memiliki dan menguasai kemampuan lainnya, yaitu gemar menolong sesama, rasa ingin tahu, dan keinginan belajar yang besar. AO/RO juga harus saling menghormati sesama serta berkeinginan besar untuk menjadi pembawa perubahan bagi lingkungan di sekitarnya. Hal-hal inilah yang juga menjadi motivasi para AO/RO untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi orang-orang di sekelilingnya.

AO/RO BCA memang senantiasa ingin meningkatkan hubungan dengan nasabahnya dengan pemberian solusi yang menyeluruh. Dengan demikian AO/RO telah turut ambil bagian dalam kesuksesan bisnis maupun terwujudnya mimpi nasabah. Apapun bentuk kesuksesan yang dicapai bersama nasabah merupakan suatu kebanggaan bagi AO/RO BCA. Harry Sugiarto, AO SBK XII, juga mengatakan, “Jadi, AO gak cuma jualan aja, tapi harus tahu juga kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh nasabah sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan tersebut.”

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman menjadi AO/RO dan tertarik bergabung dengan tim marketeer BCA, Anda bisa dapatkan informasi tentang program AO/RO di http://bit.ly/bcaonline_AORO.

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.