Berita & Artikel

Posted on: 03-01-2019

8 Insight Pembelajaran dari Duta AO/RO BCA 2017

 1.    Alvine Stefan Widjaja, AO SME KCU Malang

Insight 2.jpg

Selain quality time, passion, insting yang tajam, dan jago mengatur waktu, Alvine juga merasa ada yang kurang jika tidak membawa catatan untuk menyimpan hal-hal penting yang memerlukan follow-up. Menjadi sabar dan pengertian juga penting, karena AO/RO akan bertemu dengan berbagai jenis nasabah.

Quote andalan Alvine:

“Be so good till they cannot ignore you.”

2. Melita Diana Arief, AO SME KCU Semarang

Insight 3

Menjadi AO/RO juga harus berlatih positive thinking dan tentunya bertanggung jawab akan tugas AO/RO. AO/RO juga harus antusias agar nasabah melihat keseriusan kita dalam mewujudkan mimpi dan membantu bisnis mereka.

Quote andalan Melita:

“Never underestimate yourself. If you are unhappy with your life, fix what’s wrong and keep going.”

3. Dewin, RO KCU Tanjung Pinang

Insight 4

AO/RO juga tidak selalu harus mengesankan nasabah dengan berbagai istilah teknis agar terdengar canggih atau pintar, lho. Yang penting AO/RO jeli dan sigap membantu kebutuhan nasabah dengan empati, baik terkait layanan perbankan maupun sekadar memahami arti sebuah istilah dunia perbankan yang kurang umum. Tetap rendah hati dan suka mempelajari hal-hal baru juga bisa menguntungkan AO/RO ketika bertemu dengan nasabah yang haus akan informasi terkini atau memang suka dengan orang yang berwawasan luas.

Quote andalan Dewin:

“The only way to do great work is to love what you do.”

4. Linda Kristinawati Hannanto, AO SME KCU Semarang

Insight 5

Menurut Linda, mencintai kedua hal tersebut bisa menjadi penyeimbang kehidupan pribadi dan pekerjaan seorang AO/RO. Dengan kedua sisi kehidupan yang saling melengkapi, AO/RO dapat melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati dan tidak mudah menyerah.

Quote andalan Linda:

“Do the best and God do the rest.”

5. Yohanes Didi Fransiscus, AO SBK Kanwil II - Semarang

Insight 6

Jangan hanya mementingkan target pribadi. Ketika debitur secara analisa tidak masuk, jangan sampai memanipulasi data atau ngotot itu harus realisasi, namun kita juga harus bisa melihat risiko bahwa kredit tersebut tidak sehat. Kita perlu menjadi partner debitur untuk mendapatkan keuntungan yang terbaik pada waktu yang tepat.

AO/RO juga perlu mendorong timnya untuk mencapai target, itu adalah usaha bersama. Karena tidak jarang kita hanya berfokus pada pencarian debitur dan pengolahan kredit saja, namun tim terkadang malas untuk monitoring. Jadi kita harus saling mengingatkan dan membuatkan sarana monitoring yang memudahkan tim untuk melakukan monitoring.

Quote andalan Yohanes:

“Jangan menunggu motivasi agar mulai bekerja, bekerjalah sekarang maka motivasi akan muncul.”

6. Warih Lestari Merakhati, RO KCU Subang

Insight 7

Sebagai AO/ RO, kami berhubungan dengan banyak orang. Nah, kita bisa belajar banyak dari nasabah-nasabah yang memiliki beragam usaha atau dari teman-teman di divisi lain. Dengan bertambahnya pengetahuan, itu akan meningkatkan kepercayaan diri kita ketika menghadapi orang baru.

Agar makin sering ketemu orang baru, eksis juga perlu lho! Ikut serta dalam berbagai kompetisi atau ajang lain yang ada di BCA bisa menambah pengalaman dan memperluas pergaulan kita. AO/RO juga jadi terlatih untuk selalu antusias, positive thinking, dan menjadikan perbedaan, perubahan maupun kendala sebagai pemacu untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

Semuanya ini tentunya kita lakukan karena ingin selalu memberikan yang terbaik di setiap tugas yang diberikan khususnya ketika membantu nasabah.

Quote andalan Warih:

“Nothing is impossible, the word itself says I’m Possible!” - Audrey Hepburn

7. William Bonx, AO SBK Kanwil V - Medan

Insight 8

Pengalaman sebagai AO mengijinkan saya untuk belajar initiate a good interaction with others. Karena dalam pekerjaannya, seorang AO akan banyak melakukan interaksi dengan bagian-bagian lain untuk memberikan pelayanan terbaik, bagi nasabah dan debitur BCA.

Nah, komunikasi yang baik dimulai dari diri sendiri. How you tell yourself that you can do it, that you can conquer everything. Hal tersebut akan memberi pengaruh positif yang nantinya akan berdampak pada pikiran dan cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Sementara cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain dimulai dari telinga dan pikiran. Dengan menjadi pendengar yang baik kita akan memahami apa yang dinyatakan oleh lawan bicara kita sehingga kita dapat bertindak tepat. At last, let your smile do the magic! Saya percaya komunikasi yang baik akan memberikan hasil yang baik.

Quote andalan William:

“Listen with curiosity, speak with honestly, act with integrity. The greatest problem with communication is we don’t listen to understand. We listen to reply. When we listen with curiosity, we don’t listen with the intent to reply. We listen for what’s behind the words.” – Roy T. Bennett

8. Firmanto, AO SME KCU Asia

Insight 9

Seorang AO/RO perlu menjaga integritas dirinya, bukan hanya sebagai perwakilan dari suatu perusahaan namun juga untuk dirinya sendiri dalam pikiran, ucapan, dan perbuatannya. Dengan demikian ia akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan tidak malu untuk mengakui kesalahannya dalam upaya memberikan solusi terbaik pada nasabah sehingga tercipta juga hubungan kerjasama yang baik.

Quote andalan Firmanto:

“Selalu berusaha menjadi yang terbaik. Disaat terjadi kegagalan, kita tidak akan menyesal, dan di saat kita berhasil, hal tersebut akan menjadi sebuah kebanggaan.“

Start Your Career @BCA Now

 
Masih pelajar dan ingin merasakan dunia kerja?
Ikuti program Magang Bakti BCA Di Sini

Lulusan Fresh graduate? Belum memiliki pengalaman kerja profesional?
Cari tahu informasi posisi yang cocok untuk Anda Di Sini

Punya ambisi dan impian untuk meraih sukses dan membutuhkan tantangan? Cari Tahu Di Sini

Hubungi Kami

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs BCA. 
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.