PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR: Service Excellence with Magang Bakti BCA

02 August 2022

Hi, Friends! Udah akhir bulan nih, tau dong artinya apa? Yes, Sharing Asik dan Pintar setiap Kamis Minggu Terakhir ala BCA hadir kembali dengan topik “Service Excellence with Magang Bakti BCA” Bersama dengan Kak Laura selaku Vice President Human Capital Management dan Kak Illene dari Customer Service KCU Veteran, kita akan bahas tuntas tentang Magang Bakti BCA dari mulai pendaftaran, apa saja yang akan didapatkan selama mengikuti program ini, hingga ke pengalaman seru dan menarik dalam memberikan pelayanan di BCA. Selain itu, buat teman-teman yang ingin bergabung bersama BCA, Kak Laura akan bagi-bagi tips secara singkat agar teman-teman siap dalam menghadapi proses rekrutmen dan seleksi Magang Bakti BCA.

Kak Illene bergabung menjadi Customer Service BCA KCU Veteran Surabaya saat masih muda. Lantaran usianya yang masih tergolong muda saat pertama bergabung di BCA, Kak Illene mengatakan bahwa ia sempat merasa kurang percaya diri. Lalu, bagaimana Kak Illene bisa sampai di confidence level nya saat ini? Rahasianya ada di training yang akan teman-teman terima selama mengikuti Magang Bakti BCA, dimana teman-teman akan belajar mengenai perbankan secara umum, produk-produk BCA, proses transaksi, role playing, dan juga grooming. Nah, role play ini akan dilakukan di ‘Bank Mini”, dimana teman-teman akan melakukan simulasi melayani nasabah. Ditambah juga, teman-teman akan diberikan materi senyum, sapa, salam ala BCA. Untuk grooming, teman-teman akan diajarkan bagaimana cara menata rambut dan ketentuan riasan bagi perempuan. 

Nah, pelatihan-pelatihan ini akan membentuk kemampuan para CS dan Teller untuk menampilkan service excellence dalam setiap pekerjaan mereka. Service excellence adalah kunci penting bagi para CS dan Teller mengingat mereka adalah garda terdepan BCA. Namun sebenarnya, apa sih service excellence itu? Menurut kak Illene, service excellence adalah layanan yang maksimal, prima, dan memorable di hati semua nasabah. Nah, service excellence ini didukung oleh tata nilai BCA yang dipegang oleh para garda terdepan. Saat bekerja, para garda terdepan harus bisa memprioritaskan nasabah agar mereka mendapatkan service experience yang maksimal. Kemudian, mereka harus memiliki kerja sama tim yang kuat. Walaupun para CS dan Teller melayani nasabah secara individual, dibalik itu ada kerja sama team yang kompak untuk memberikan service terbaik kepada nasabah. 

Melalui program Magang Bakti, profesi yang bisa teman-teman ambil adalah Customer Service dan Teller. Tugas seorang Customer Service adalah membantu nasabah terkait pembukaan rekening, mengganti kartu, pembukaan fasilitas seperti m-banking BCA, sedangkan teller bertugas membantu nasabah yang ingin menyetor atau menarik uang. Lalu, bagaimana cara nasabah membedakan antara CS dengan Teller? Jangan bingung, Friends, kalian bisa membedakan CS dan Teller dari warna seragamnya, lho. Seorang CS menggunakan seragam berwarna kuning, sedangkan teller menggunakan seragam berwarna biru. Jadi, teman-teman bisa langsung tau harus meminta bantuan siapa hanya dengan melihat warna seragam saja.

Selain mendapatkan pembinaan service excellence dan pengetahuan lainnya, peserta Program Magang Bakti BCA akan menerima banyak benefits lainnya seperti uang saku, tunjangan beasiswa, THR, BPJS, dan bonus-bonus lainnya. Peserta juga akan mendapatkan sertifikat atas training yang telah diikuti. Yang terlebih lagi, BCA juga empower para frontliners dalam program SSRP. SSRP sendiri adalah reward program untuk seluruh frontliners dimana mereka mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam perlombaan tingkat cabang, wilayah, hingga nasional. Kak Illene sendiri adalah pemenang tingkat nasional, keren banget kan! Sebagai pemenang SSRP, teman-teman bisa menjadi service ambassador / agent of change yang tugas nya adalah sebagai perwakilan para frontliners. Selain bisa ningkatin self-esteem, dengan memenangkan program ini, jenjang karir kalian juga bisa meningkat. 

Program Magang Bakti BCA dapat diikuti mulai dari lulusan SMA/ SMK lho. Akan ada beberapa tahapan seleksi yang harus kalian lalui, yaitu seleksi administrasi, tes online, psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Untuk proses administrasi, teman-teman hanya perlu mengisi data diri di website resmi karir BCA. Pastikan data yang teman-teman isi semuanya benar sebelum di submit, seperti tidak ada typo, menggunakan pas foto terbaru, dan menggunakan alamat email pribadi. Teman-teman kemudian akan melanjutkan ke tahap tes online dan psikotes. Tes ini akan menilai kemampuan verbal, berpikir, dan kepribadian kalian. Eits, tapi jangan salah, walaupun online, teman-teman tetap harus mengerjakan sendiri, ya. Sesuai dengan nilai yang ditanam di BCA yaitu integritas, teman-teman dapat dipastikan gagal jika melakukan kecurangan. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima dan jangan lupa mengecek kesiapan peralatan pendukung seperti komputer dan jaringan internet. Untuk tahapan wawancara, yang perlu teman-teman persiapkan adalah penampilan terbaik kalian. Jangan lupa untuk tetap terlihat rapi dan presentable walaupun wawancara dilakukan secara online ya! Nah, tahap tes kesehatan juga gak kalah penting, lho. Teman-teman usahakan untuk tidur cukup, olahraga teratur, dan minum air putih yang cukup, ya agar hasil nya maksimal! 

Nah, untuk teman teman yang tertarik bergabung menjadi garda terdepan BCA, yuk daftar Program Permagangan Bakti (MGB) BCA di website karir kami, karir.bca.co.id



 

Artikel Lainnya

Cari Karir