PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR: Financial Stages of Life

06 April 2022

Halo Goodfriends, kita ketemu lagi nih! Ga kerasa ya kita udah sampai di penghujung bulan lagi dan udah waktunya SAPA KARIR. Kali ini topik SAPA KARIR cocok banget buat teman-teman yang tertarik dengan investasi dan mau tau caranya dapetin passive income. Pasti pada penasaran kan siapa sih yang bakal jadi pembicaranya? SAPA KARIR kali ini dibawakan oleh Kak Yakobus Eduardtanto selaku Research and Portfolio Management Team di BCA yang akan sharing mengenai “Financial Stages of Life"

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai Financial Stages of Life, Kak Edu memperkenalkan terlebih dahulu konsep Human Capital (income) dan Financial Capital (investasi). Human Capital ini singkatnya membahas tentang pendapatan, nah teman-teman belum bisa ngomongin investasi kalau belum punya pendapatan tetap yang didapat saat memulai usaha atau bekerja. Untuk memiliki pendapatan tetap, teman-teman bisa memulai buka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan sebagai karyawan. Apapun pilihan yang mau teman-teman pilih, pasti akan ada kelebihan dan kekurangan masing-masing yang penting dijalanin aja dengan enjoy ya!

Nah, berikutnya kita masuk ke pembahasan mengenai Financial Stages of Life. Ada 4 tahap, yaitu: Early Career, Career Development, Peak Accumulation, dan Retirement. Mungkin kalian jadi bertanya-tanya nih, sebenarnya apa sih perbedaan dari keempat tahapan tersebut? Don’t worry! Di sini Kak Edu akan kupas tuntas penjelasan dari setiap tahapan kehidupan seorang karyawan atau seseorang yang sedang berkarir. Seiring dengan pertumbuhan karir, income juga semakin naik bahkan ketika sudah memasuki tahap Retirement (masa pensiun) hasil investasi harus lebih besar daripada hasil income karena hasil income akan semakin berkurang apalagi kalau udah gak kerja lagi, sedangkan kalau sebelumnya sudah pernah melakukan investasi pasti masih bisa tersimpan sampai masa pensiun ini. Ini dia perbedaan dari keempat tahapan tersebut.

Early Career

Tahapan ini dimulai dari usia 22-30 tahun, Kak Edu juga masih berada di tahapan ini loh. Pada tahapan ini, income nya masih bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari tapi untuk jumlah investasi nya masih sedikit. Di tahap ini, bukan quantity yang ingin dibangun tapi quality dulu dalam membangun habit menyisihkan uang untuk investasi. Nah saat umur masih muda, toleransi terhadap risiko investasi masih tinggi karena dari sisi finansial belum memiliki banyak tanggungan

Career Development

Selanjutnya, tahapan ini dimulai dari usia 30-45 tahun. Di sini sudah menjadi senior, biasanya sedang mengalami yang namanya Golden Career nih karena produktivitasnya lagi meningkat dan seharusnya sejalan dengan income yang didapatkan. Walaupun tanggungan sudah bertambah, tetapi toleransi investasinya masih tergolong tinggi. Pada tahapan ini kalian harus benar-benar menyiapkan finansial yang cukup.

Peak Accumulation

Tahapan ini dimulai dari usia 45 tahun-sebelum masa pensiun (memasuki usia 55 tahun). Biasanya karena sudah mau memasuki masa pensiun, pemilihan instrumen-instrumen lebih untuk  investasi yang pendek menengah. Kebutuhan hidup tetap berjalan, artinya teman-teman tetap harus punya biaya simpanan untuk menghidupi kehidupan sampai nanti karena sudah mendekati masa pensiun.

Retirement

Terakhir, walaupun tahapan ini masih jauh dari usia kita, tetapi at least teman-teman sudah tau dulu gambaran finansial ke depannya seperti apa. Masa pensiun ini kalian akan menghadapi cost of living di mana pengeluaran sudah tidak bisa ditanggung dengan income karena produktivitas sudah berkurang, tentu saja kita hidup akan ditopang oleh Financial Capital yang sudah diakumulasi dari muda. Masih perlu investasi tapi dapat memilih investasi jangka pendek, biasanya hasil investasi yang sudah diakumulasi dipindahkan produknya ke instrumen investasi yang lebih aman supaya tetap dapat passive income

Terakhir, Kak Edu juga membahas mengenai “Cara Membangun Portofolio Investasi”. Nah, ternyata pekerjaan sehari-hari Kak Edu memonitor dan menganalisa apakah portofolio nasabah sudah sesuai dengan kebutuhannya.Jika belum sesuai akan diberi saran juga supaya tujuan finansialnya dapat tercapai di setiap tahapan kehidupan. Awalnya Kak Edu juga belum memiliki basic investasi, namun karena dibekali saat memulai karir di BCA, knowledge terkait investasi pun menjadi terbuka luas. 

Kalau teman-teman tertarik ingin menggeluti dunia investasi lebih lanjut, ada banget nih kesempatan untuk bergabung di Wealth Management Program (WMP), tinggal klik di karir.bca.co.id

Lalu, kalian juga boleh banget nih eksplor informasi lainnya terkait kerja di BCA melaluii SAPA KARIR BCA.

Informasi lengkap dapat dilihat pada link berikut yah:

 http://bit.ly/infosapakarir

Callista Vanessa Xenia

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir