PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR: BTS of BCA Product Innovation

19 August 2021

Goodfriends, tau nggak sih event yang sudah kamu tunggu-tunggu, kembali hadir, loh! Akhir bulan Juli kemarin, BCA Careers kembali mengadakan webinar SAPA KARIR BCA yang mana narasumbernya keren-keren banget. Bayangin aja, mereka adalah sosok-sosok di balik aplikasi BCA Mobile dan MyBCA—aplikasi yang selama ini kamu pakai untuk bertransaksi online agar menjadi lebih mudah & hemat waktu karena nggak perlu ke ATM lagi itu tuh. Mereka adalah Amin Laurent, Product Owner BCA Mobile, Dian Kurniawati, Business Analyst BCA Mobile, dan Adrian Hermansyah, Marketing Communication BCA.

Sesi kali ini mengupas tuntas keseruan dalam mengembangkan sebuah produk, mulai dari ide sampai ke strategi marketingnya. Nah, kalau Goodfriends bingung kolaborasi seperti apa sih yang terjadi antar divisi di balik munculnya sebuah produk inovatif BCA, salah satu narasumber kita—Sis Dian memberikan analogi menarik nih tentang ‘rumah’. Diibaratkan sedang membangun rumah, Bro Amin sebagai product owner adalah sosok yang mempunyai ide dan ingin membangun sebuah rumah impian. Nah, disinilah Sis Dian sebagai business analyst berperan sebagai arsitek yang merealisasikan detail dari rumah yang dicita-citakan. Sis Dian sebagai arsitek juga harus berkonsultasi dengan Bro Adrian sebagai marketing communication yang dalam konteks ini diibaratkan sebagai interior designer, yang akan membantu mempercantik tampilan ‘rumah’ impian agar nyaman untuk ditinggali.

“Wah, gampang dong ya berarti kan dibuatnya bareng-bareng ‘kerja kelompok’, tuh?”

Big no, Goodfriends! Ketiganya sepakat bahwa prosesnya nggak selalu mulus, loh. Sebaliknya, tantangan yang dihadapi nyatanya banyak banget dalam menciptakan sebuah produk inovatif. Dalam berkolaborasi, semakin banyak kolaborator artinya semakin beragam pula perspektif & ide-ide keren yang sama-sama ingin membuat produk ini semakin keren & bermanfaat.

“Terus gimana dong nyatuin ide-ide kerennya?”

“Gimana sih caranya menghadapi kendala-kendala yang bisa aja menghambat progres inovatif ini?” 

Nah, kuncinya ada di komunikasi, Goodfriends! Komunikasi adalah punya peran penting bagi ketiga narasumber untuk meminimalisir kesalahpahaman. Selain komunikasi yang harus intens dan rutin, dalam setiap proses inovasi yang dilakukan, di BCA nilai customer focus juga diterapkan dalam setiap pengembangan inovasi produk guna menghilangkan subjektivitas dan menyamakan visi & misi. Dengan begitu, setiap produk inovasi yang dibangun bisa tepat menjawab kebutuhan nasabah BCA.

MyBCA sendiri adalah produk inovasi terbaru hasil semangat dan kerja keras ketiga narasumber kita kali ini. Munculnya aplikasi ini berangkat dari aspirasi nasabah BCA dengan semangat menambahkan kenyamanan pelayanan untuk nasabah. Nah, buat Goodfriends yang penasaran & pengen mencoba feel-nya seamless banking, boleh nih langsung mencoba aplikasi MyBCA.

Nah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil bukan? Siapa sangka semangat & kerja keras ketiga narasumber SAPA KARIR BCA kali ini dapat menghasilkan aplikasi yang sangat bermanfaat apalagi di era serba digital seperti sekarang. Supaya tidak ketinggalan tips dan informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu stay tuned di webinar SAPA KARIR BCA atau kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut ini http://bit.ly/infosapakarir. See you and enjoy the process, Goodfriends!

 

Clementia Alfarin - Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir