PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR BCA: The Secret Lab of BCA’s Innovation

15 December 2021

Halo Goodfriends! Sharing Asik dan Pintar setiap Kamis Minggu Terakhir ala BCA kembali lagi nih sambil bawain rahasia di balik ide dan inovasi implementasi produk BCA seperti kartu ATM, myBCA, mBanking dan masih banyak lagi. Informasinya dijamin asli, karena langsung dari sumber terpercaya dong, yaitu Kak Felix Wijaya, Business Analyst dan Kak Jessica Okta Viano, Testing Analyst. Nah, Khusus di SAPA KARIR kali ini, kita juga kedatangan moderator yang gak kalah kerennya yaitu Josia Erza dari tim Business Analyst juga loh! 

Sebelum bedah dapur BCA, kenalan dulu yuk sama salah satu tim Business Analyst bagian produk simpanan di BCA, yaitu Kak Felix, yang merupakan alumni Teknik Elektro. Dulu, sebagai fresh graduate, Kak Felix ingin kerja di  perusahaan yang bisa jadi tempat belajar tapi tetap punya kesempatan karir yang jelas. Dan jawabannya ketemu di BCA, dimana budaya kerjanya fokus pada people development, lingkungan kerja yang selalu support, padahal Kak Felix awalnya ga tau apa-apa tentang perbankan. Selain itu, BCA juga punya banyak program yang welcome buat semua jurusan.

Di SAPA KARIR kali ini juga bener-bener dikupas tuntas loh tentang proses lahirnya inovasi di BCA. Di mulai dari Inovasi BCA yang selalu datang dari kebutuhan customer, baik itu nasabah maupun unit kerja yang ada di BCA serta dari tim Business Analyst sendiri!  Ide-ide inovasi di BCA lahir dari hasil eksplorasi suara dan permasalahan customer yang dilakukan oleh unit kerja. Tim Business Analyst juga bisa melakukan eksplorasi ide loh! Salah satu caranya dengan FGD (Focus Group Discussion) atau simpelnya meeting langsung dengan nasabah agar solusi yang diberikan nantinya akan  sesuai sasaran dan kebutuhan.  

Setelahnya, ide-ide tersebut akan dieksplor lebih lanjut lagi dari sisi bisnis, sistem, kenyamanan, keamanan, risiko dan efisiensi agar dapat terwujud sesuai target waktu oleh Tim Business Analyst. Caranya gimana? Tentunya melalui kolaborasi dengan unit kerja lain dong! Di BCA unit kerjanya lengkap banget, dari unit legal sampai unit manajemen risiko ada semua. Nah, unit-unit ini akan kolaborasi dengan tim  Business Analyst agar bisa dipastikan kalau inovasinya sesuai dengan  regulasi, contohnya peraturan OJK. Makanya, buat jadi Tim Business Analyst ga perlu serba bisa dulu kok. Dari kolaborasi dengan unit kerja lainnya, kamu akan belajar banyak, nanti jadi bisa sendiri deh.

Salah satu unit yang sering kolaborasi dengan Tim Business Analyst yaitu Tim IT. Tim Business Analyst akan eksplorasi dari sisi user requirement, yaitu dokumen tentang kebutuhan yang akan menjadi dasar tim IT untuk melakukan pengembangan teknis. User requirement ini juga akan dipakai sama Testing Analyst loh! Sesuai namanya, Testing Analyst ini akan ngelakuin pengetesan dari hasil inovasi yang dibuat tim IT sebelum sampai ke tangan customer. Sebelum di coba, Testing Analyst bakal bikin list dulu tentang apa aja yang perlu di test. 

Waktu semuanya udah ready diterapkan ke user, Business Analyst akan membuat SOP untuk membantu user sewaktu proses implementasi. Bahkan, sewaktu  inovasi tersebut sudah sampai ke tangan customer, Tim Business Analyst akan melakukan monitoring feedback dari customer untuk ditindaklanjuti oleh BCA.

Prosesnya panjang ya Goodfriends? Makanya ga heran lagi kan kalau inovasi-inovasi di BCA selalu punya value. Kalau dilihat dari perannya, jadi Business Analyst atau Testing Analyst ini perlu bermodal rasa ingin tahu yang tinggi dan mau terus belajar. Karena waktu eksplor masalah, semakin banyak pengen tahu, akan semakin banyak mendapatkan informasi penting. Tapi, ga cuman pengen tahu ya, perlu juga kemampuan problem solving supaya solusinya tepat. Skill komunikasi, presentasi dan negosiasi juga bakal terlatih dari keseharian pekerjaan yang dilakukan. 

Kalau kalian ingin mengikuti jejak Kak Felix, Kak Jessica dan Kak Josia, bisa banget loh! Kalian tinggal mengunjungi karir.bca.co.id dan cari lowongan “Program Junior Business Analyst”. Kalian akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu untuk dipersiapkan menjadi seorang Business Analyst dan Testing Analyst yang handal. 

Kalau mau eksplorasi informasi lainnya terkait kerja di BCA, pantengin terus informasi SAPA KARIR setiap bulannya yah! http://bit.ly/infosapakarir.

Artikel Lainnya

Cari Karir