PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR BCA: ONLINE RECRUITMENT HACKS

09 June 2021

Hai, guys! Apakah kamu salah satu fresh graduate yang sekarang lagi hectic cari kerja? Kalau iya, pasti ga asing dong dengan yang namanya online interview! Memang ya, di masa pandemi seperti sekarang semuanya menjadi terdigitalisasi, tidak terkecuali proses rekrutmen. Mulai dari application, assessment, interview, hingga focus group discussion, pokoknya semuanya jadi serba online, deh! 

Di fase ini, tidak salah kok bila ada kalanya kita bingung dan punya banyak pertanyaan terkait proses rekrutmen, apalagi buat yang belum pernah ngerasain interview sama sekali.

“CV aku udah cukup jelas belum, ya? Atau, is it too much information?”

Interviewer aku prefer tanggapan dan jawabanku yang seperti apa, ya?” 

“Sikap dan grooming aku selama sesi interview nanti diperhatiin ga, ya?” 

“Koneksi internet nanti kalau tiba-tiba jelek apakah aku akan langsung dicoret?”

Nah, tenang! Tim Rekrutmen BCA paham betul kok perihal ini. Oleh karena itu, dalam SAPA KARIR BCA tanggal 29 April 2021 kemarin, Tim Rekrutmen BCA berinisiatif mengangkat tema “Online Recruitment Hacks” yang dibawakan langsung oleh ahlinya, yaitu Laura Andiny S., selaku Assistant Vice President Recruitment BCA untuk menjawab semua kebingungan kamu terkait online recruitment.

Selama kurang lebih 1,5 jam, seluk beluk online recruitment di kupas tuntas, salah satunya terkait 2 minutes CV screening. Nah, tahukah kamu kalau ternyata tim rekrutmen biasanya maksimal hanya punya waktu 2 menit untuk mereview setiap CV karena saking banyaknya CV yang diterima per harinya? Karena itu, pastikan kamu membuat CV se-compact mungkin dengan hanya memasukan informasi yang relevan dan profesional saja,. Tuliskan hanya 3-5 relevant experiences seperti magang, kursus, dan pengalaman organisasi yang paling berdampak besar atau menempatkanmu di posisi strategis seperti ketua atau koordinator. Nah, ini nih yang sering dilupakan pelamar saat membuat CV, yaitu lupa mencantumkan foto dan GPA. Padahal, GPA masih menjadi faktor penting yang dilirik oleh tim rekrutmen karena berkaitan dengan keseriusan dan komitmen kamu, loh!  

Tips lain yang ga kalah penting dan jarang diketahui oleh banyak pelamar adalah penggunaan metode STAR—akronim dari Situation, Task, Action, Result dalam menjawab pertanyaan interview. Jawaban dengan menggunakan metode ini paling diharapkan oleh kebanyakan interviewer ketika kamu bercerita tentang pengalaman kerja atau sedang menjawab pertanyaan yang bersifat situasional, loh! 

Last but not least, practice makes perfect! Kalau sudah mempersiapkan semuanya, kamu bisa mulai berlatih di depan cermin agar tidak grogi sewaktu interview di hari-H. Semoga tips-tips ini membantu ya, guys! Agar tidak ketinggalan tips dan informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu stay tuned di webinar SAPA KARIR BCA atau kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut ini http://bit.ly/infosapakarir. See you and enjoy the process, guys!

#BCACareer

#SapaKarirBCA

Artikel Lainnya

Cari Karir