PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] SAPA KARIR BCA: BE A FINANCIALLY RESPONSIBLE MILLENNIAL

15 July 2021

Kamis, 24 Mei 2021 - Dalam SAPA KARIR BCA yang bertemakan “Be a Financially Responsible Millennial”, Ferdy Tirtakusuma dari Divisi Wealth Management BCA mengupas tuntas pembahasan yang sangat relatable dengan kamu para millennial. Yups, betul banget! Apalagi kalau bukan perihal menata keuangan pribadi. Mulai dari tips & trick bagaimana dapat menjadi orang yang responsif dalam perencanaan keuangan hingga investasi 101 dikupas tuntas pada acara ini. 

“Hmm, aku minder, nih. Emang iya aku yang masih muda ini sudah  bisa responsible ngurusin finansialku sendiri?“

Ya jelas bisa, dong!, Ada beberapa cara supaya kamu bisa berlatih tanggung jawab terhadap keadaan finansialmu sendiri! Pertama, kamu dapat mulai dengan melakukan pengukuran neraca keuangan, melakukan cash-flow monitoring untuk mengukur apakah besar pasak daripada tiang, mengalokasikan pendapatan semaksimal mungkin, serta memahami jenis-jenis hutangmu agar jangan sampai kamu gali tutup lubang, karena lama-lama bisa menjadi jurang! Hutang tidak melulu salah asalkan rasio hutang kamu <35% dari pendapatan bulanan & digunakan untuk hutang produktif, jadi bukan untuk hal yang konsumtif seperti beli handphone atau baju baru hanya karena keinginan semata, ya.

Nah kalau ada dana yang tersisa, daripada terus-terusan FoMO dengan teman-temanmu yang sudah memberanikan langkahnya duluan untuk terjun ke dunia investasi, kamu juga bisa loh mulai mencobanya . 

“Ah, takut! Bukannya investasi katanya serem dan ribet, ya?”

“Investasi butuh biaya besar :(“

Mitos, guys! Bahkan dari uang Rp 10.000,00 pun sekarang kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Apalagi sekarang sudah ada si Welma! Welma adalah mobile app, salah satu produk hasil kepedulian BCA terhadap millenial untuk tetap dapat berinvestasi sejak dini bahkan di saat pandemi. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan kamu untuk berinvestasi & memperoleh informasi terkait produk wealth seperti reksa dana, obligasi, dan asuransi. Ssst, sedikit pro tips dari Kak Ferdi, saat hendak memulai berinvestasi kunci utamanya adalah kamu harus memiliki goals, time horizon, dan sudah paham terkait diversification & monitoring aset-aset milikmu kelak. Gimana, langkah untuk melek investasi sejak dini jadi semakin lebih mudah bukan?

Rencana investasi bisa juga bertujuan untuk mempersiapkan masa depan, agar suatu saat dapat mencapai  financial freedom, loh! Seseorang dapat dikategorikan sudah mencapai financial freedom bila income dari aset cukup memadai untuk daily life tanpa harus menurunkan standar hidup, tanpa harus bekerja lagi di hari tua. Eits, buat kamu yang masih berpikir kalau financial freedom hanya bisa diraih bagi mereka yang sudah mapan secara karir, kayaknya kamu harus mulai merubah mindset, nih. Menyandang status millennial tidak boleh dijadikan alasan untuk membatasi kemampuanmu dalam mempersiapkan  kesejahteraan finansial sejak dini, ya! 

Nah, gimana? Insightful banget kan SAPA KARIR BCA kali ini?! Supaya tidak ketinggalan tips dan informasi lengkapnya kamu bisa tonton webinar lengkapnya di link berikut ya:

https://www.youtube.com/watch?v=XR2yAIH6QaY

Untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu stay tuned di webinar SAPA KARIR BCA atau kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut ini http://bit.ly/infosapakarir.

See you and don’t be afraid to make your first move, millennials!

Clementia Alfarin 

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir