PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

KEGIATAN KAMI

[SUMMARY] A Closer Look On Business & Relationship Role In BCA

22 November 2021

Goodfriends pasti tau kan kalau BCA punya tim Business dan Relationship? Mereka merupakan  tim yang terlibat langsung dengan kebutuhan marketing dan berperan dalam menjalin relasi dengan nasabah BCA. Meskipun bekerja di bidang marketing, ternyata teman-teman business dan relationship di BCA ini ga selalu dari lulusan marketing loh! Buktinya, 3 pembicara Sapa Karir kali ini, Septiandy Ateng, Widyasari, dan Yohanes Muljono, bukan merupakan sarjana ekonomi atau marketing.

Mungkin kamu jadi bertanya-tanya, sebenarnya apa sih hal yang jadi diperlukan untuk menjadi bagian dari Business dan Relationship BCA?  Ternyata yang paling utama adalah kemauan dan semangat belajar hal baru. Contohnya saja salah satu pembicara Sapa Karir kali ini, Yohanes Muljono atau yang biasa di sapa Kak Jojo. Kak Jojo merupakan lulusan Informatika, dan sekarang berkarir di  Business Relationship Officer khusus untuk pengolahan kredit atau lending nasabah individu maupun organisasi di salah satu cabang. Sebagai RO, Kak Jojo juga jadi update dengan  perkembangan sektor usaha dari berbagai industri.

Dari pembicara selanjutnya, yaitu Kak Ateng, kita belajar bahwa “anyone can do business, anyone can make relationships,” Peran Kak Ateng di BCA sebagai bagian Cash Management tidak terlepas dari kemauannya untuk belajar hal baru. Sebagai lulusan psikologi, Kak Ateng dapat mengerti permasalahan yang berkaitan dengan cash management yang dialami nasabah organisasi, seperti CV atau PT, kemudian nemuin solusinya. 

Kuncinya, ga cuma mau belajar tapi juga mau coba. Contohnya, Kak Widya, meski lulusan Teknik Industri, beliau bertugas sebagai Relationship Manager Corporate Banking Group  yang bertanggung jawab dalam mengelola  kebutuhan nasabah organisasi. Ga cuman itu, sebagai gerbang kebutuhan nasabah yang berfokus pada kredit, Kak Widya juga berperan dalam analisa dan administrasi kredit. Mau terus mencoba hal baru adalah prinsip yang dilakukan oleh Kak Widya sehingga Ia bisa berada pada posisinya saat ini. 

Dari SAPA Karir kali ini, kamu juga bisa tahu kalau  peran Business dan Relationship BCA bakal ngelatih kamu untuk jadi lebih fleksibel. Contoh nyatanya, Kak Jojo yang awalnya kurang suka berkomunikasi, sekarang berubah 180 derajat loh! Kalau kata Kak Jojo, “Komunikasi itu penting!” Kemampuan komunikasi pada dasarnya bisa dilatih. Jadi jangan takut kalau kamu merasa belum bisa berkomunikasi dengan baik, karena ilmu komunikasi dapat dikembangkan dengan menggali permasalahan nasabah hingga dalam  berkolaborasi dengan fungsi kerja lain Peran Relationship juga bukan sekadar tanya jawab, namun ada yang namanya bisnis tour dimana kamu bisa mempelajari berbagai jenis industri dari nasabah yang di handle. 

Lingkup Business dan Relationship di BCA luas banget kan! Asalkan kamu mau berkembang, ga usah ragu lagi, kesempatan untuk menjadi Business dan Relationship BCA terbuka banget buat kamu, tinggal klik: karir.bca.co.id

Biar sama kaya peran tim Business dan Relationship BCA, SAPA KARIR juga pengen terus maintain relationship sama kamu sekalian nih! Makanya yuk terus pantau informasi terkini seputar SAPA KARIR BCA di http://bit.ly/infosapakarir.









 

Artikel Lainnya

Cari Karir