PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

INFORMASI

[SUMMARY] SAPA KARIR: Superpowers ala Relationship Officer BCA

07 July 2022

Halo Friends! Percaya nggak, ternyata kekuatan super nggak hanya dimiliki oleh tokoh-tokoh pahlawan di film fiksional lho! Ternyata, Relationship Officer (RO) BCA juga punya beberapa superpowers ala mereka. Bagi kalian yang penasaran, tenang aja! SAPA KARIR bulan Juni ini kedatangan Kak Jane Alexander selaku Business Relationship Officer dan Kak Calvin selaku Regional Account Officer yang akan sharing mengenai "Superpowers ala Relationship Officer BCA".

Sebelum membahas superpowers ala RO BCA, Kak Jane dan Kak Calvin menjelaskan terlebih dahulu nih, apa sih RO BCA itu? Singkatnya, seorang RO itu sama dengan teman curhat/bestie nya nasabah-nasabah BCA lho! Jadi, ketika nasabah sedang mengalami masalah atau memerlukan bantuan, disinilah tugas RO BCA, yaitu selalu ada untuk mendengarkan keluh kesah nasabah lalu membantunya dengan cara memberikan solusi berupa produk BCA yang tepat. 

Lalu, gimana cara Kak Jane dan Kak Calvin jadi teman curhat yang baik? Ternyata rahasianya, mereka dibantu dengan beberapa superpowers yang sudah kita tunggu-tunggu nih! Jadi ceritanya, RO BCA memiliki 5 superpowers. Nah, menurut Kak Jane dan Kak Calvin, semua superpowers ini nggak bisa berdiri sendiri, jadi semuanya saling berkesinambungan.

X-Ray

Superpower RO yang pertama adalah X-Ray. Menurut Kak Jane, X-Ray ini relate banget untuk dia, karena pas pertama kali ketemu nasabah, pastinya RO akan melakukan scanning terlebih dahulu, misalnya si nasabah ini profilnya kayak apa, memiliki usaha dibidang apa, kira-kira kebutuhannya apa dan hobinya apa, biar pas ngobrol bareng bisa lebih masuk dan enak. 

Ultra hearing + Power Voice

Nah, setelah X-Ray, ada juga superpower RO yang kedua, yaitu Ultra Hearing + Power Voice. Superpower yang ini paling di relate nih sama Kak Calvin! Soalnya, nasabah BCA sangat banyak, jadi tipe berbicara dan permasalahannya pun pasti beda-beda. Karena itu, sebagai RO kita harus menerapkan kemampuan ultra hearing, yaitu untuk menyimak dahulu, biar bisa merangkum dan menyimpulkan apa permasalahan si nasabah sesungguhnya. Setelah itu, barulah diikuti power voice, dimana kita bisa menerapkan ilmu komunikasi dan marketing yang baik untuk kasih tahu solusinya ke nasabah.

Megamind

Superpower RO yang ketiga adalah megamind. Ternyata, superpower ini yang jadi rahasia kenapa Kak Jane dan Kak Calvin nggak pernah ngecewain nasabah lho! Karena mereka selalu kasih solusi yang tepat sasaran dengan menggunakan megamind ini. Sebagai RO, memang kita harus menjadi quick thinker, tapi tetap diiringi kalkulasi dan pertimbangan yang matang, biar nggak salah pilih pas nentuin produk BCA apa yang paling pas untuk permasalahan si nasabah.

Time Sorcery

Sebagai RO, pasti ada saatnya kita harus keluar ninggalin kantor atau urusan yang lain untuk ketemu nasabah. Tapi, bukan berarti pekerjaan dan kegiatan lainnya diabaikan begitu aja. Untungnya, Kak Jane dan Kak Calvin punya superpower time sorcery! Jadi mereka bisa atur waktu antara kunjungan nasabah, kerjaan di kantor, dan pastinya yang paling penting: waktu buat healing!

Ultimate Superpower: Teamwork

Nggak kelupaan, Kak Jane dan Kak Calvin punya ultimate superpower yang jadi jurus andalan mereka tiap saat, yaitu teamwork. Menurut Kak Jane, jurus andalan inilah yang menjadi penyelamatnya selama menjalani pekerjaan sebagai RO. Mulai dari leader, rekan kerja, sampai  operasional pun selalu siap mendukung dan membantu satu sama lain. 

Setelah itu, Kak Jane dan Kak Calvin menekankan kalau semua 5 superpowers RO tadi nggak terjadi begitu aja. Sebelum menjadi RO, kita akan mendapat pembekalan dari BCA selama 1 tahun sampai akhirnya bisa menjadi RO yang andal seperti Kak Jane dan Kak Calvin sekarang. Yang mengejutkan, awalnya Kak Jane dan Kak Calvin merasa takut karena bukan berasal dari jurusan ekonomi. Ternyata, Kak Jane itu lulusan jurusan teknik lho! Sedangkan Kak Calvin sendiri berasal dari jurusan hubungan internasional. Hebat ya mereka! Jadi untuk teman-teman yang ingin berkarir sebagai Relationship Officer, jangan takut kalau tidak memiliki basic ilmu perbankan, karena semuanya akan diberikan pelatihan terlebih dahulu.

Di akhir acara, Kak Jane dan Kak Calvin memberikan kesannya masing-masing sebagai RO di BCA. Kak Jane sangat bersyukur bisa menjadi seorang RO, karena bisa membangun relasi yang mendalam dengan banyak orang dan tidak pernah berhenti mendapat ilmu setiap harinya (learning by doing). Kak Calvin pun merasa pengalamannya dengan nasabah merupakan hal yang paling berkesan dalam hidupnya. Karena menurut Kak Calvin, arti sesungguhnya dalam menjadi RO adalah untuk membuat better impact. Jadi, kita nggak hanya sebagai karyawan yang menjalankan tugas keseharian kita, tapi kita juga bisa menjadi suatu pribadi yang memberikan dampak dan manfaat buat nasabah-nasabah kita.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seseorang yang impactful, punya banyak relasi, dan bisa mengubah hidup orang lain menjadi lebih baik lagi seperti Kak Jane dan Kak Calvin, kamu bisa daftarkan dirimu sebagai Relationship Officer BCA di karir.bca.co.id ya!

Carla Linus

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir