PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

INFORMASI

[SUMMARY] #LifeatBCA Upon Touchdown 

20 September 2021

Hai! Mana nih penonton setia SAPA KARIR BCA, pasti tau kan di Kamis, 26 Agustus 2021 kemarin, BCA kembali mengadakan webinar SAPA KARIR dengan topik #LifeatBCA Upon Touchdown, yang narasumbernya adalah teman-teman #TeamBCA lulusan luar negeri. Mereka adalah Ferdinan Wirawan dari Boston University, Eric Budiman dari Monash University dan Andrew Jonathan dari University of New South Wales. 

Di webinar kali ini, para narasumber akan membahas bagaimana perjalanan mereka saat berkuliah di luar negeri, sampai akhirnya memutuskan kembali dan berkarir di Indonesia, dan memilih BCA menjadi tempat untuk berkarir sejak mereka touchdown di Indonesia. 

Flashback ke masa-masa saat kuliah, ternyata kegiatan yang dilakukan didalam dan diluar kampus sedikit banyak bisa bermanfaat loh di dunia kerja menurut para narasumber. Misalnya saat kuliah di luar negeri dulu bagi Andrew, hal simpel seperti ikut suatu komunitas seperti ikut dan mengorganisir aktivitas di club tennis bisa melatih bagaimana kita dapat me-manage sesuatu dengan baik. Gak kalah penting dengan bersosialisasi, memperluas koneksi diluar kampus juga sangat bermanfaat untuk membiasakan diri berorganisasi di dunia kerja. 

Lalu, apa sih yang membuat para narasumber bisa memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memilih BCA? Bukannya bekerja di luar lebih menarik yah?

Ini dia secuplik kata-kata dari Ferdinan: “Kalau di Indonesia, kekeluargaan akan lebih berasa, saling support satu dengan yang lain, seperti saat saya masuk dan butuh banyak adaptasi, sekitar sangat support” 

Culture shock ada gak sih? 

Pastinya ketika kembali ke Indonesia diperlukan adaptasi dengan budaya kerja di Indonesia, misalnya perbedaan sapaan ke rekan kerja, perbedaan cuaca, juga termasuk dari segi lingkungan pekerjaan! Tapi kalau kita terbuka dan mau belajar  tidak ada yang sulit untuk disesuaikan kok. 

Bagi para narasumber, memilih bekerja di luar negeri atau memutuskan untuk kembali ke Indonesia adalah preferensi masing-masing diri. Jadi tidak ada salahnya mencoba jika ada kesempatan bekerja di luar negeri, dan juga tidak salah jika memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan berbagai pertimbangan seperti keluarga atau hal lainnya. 

Masih banyak cerita menarik dari para pembicara pada sesi SAPA kali ini. Untuk cerita lengkap dari mereka , kalian dapat simak melalui video berikut yah: 

https://www.youtube.com/watch?v=ysCelJX92NU

Lalu agar tidak ketinggalan tips dan informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu stay tuned di webinar SAPA KARIR BCA atau kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut ini http://bit.ly/infosapakarir.

#BCACareer

#SapaKarirBCA

Artikel Lainnya

Cari Karir