PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Yuk Atasi Stres di Tempat Kerja dengan Tips Berikut!

09 May 2022

Dalam dunia kerja pastinya akan ada tantangan yang dihadapi dan sesekali kejenuhan terhadap rutinitas yang berulang dilakukan bisa saja timbul. Hal tersebut bisa menjadi pemicu stres di tempat kerja. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi diri kita dan karir kedepannya. Hal ini biasanya dimulai dari menurunnya kinerjamu sampai harus keluar dari perusahaan tempatmu bekerja akibat tekanan dalam bekerja yang membuat tingkat stres bertambah. 

Jika hal tersebut sudah terjadi, akan berdampak kurang baik untuk perkembangan karir kedepannya. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama antara kedua belah pihak untuk menciptakan kondisi bekerja yang aman dan nyaman. Dari pihak perusahaan bisa memperhatikan & memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan dan meningkatkan kualitas kondisi tempat kerja menjadi lebih baik. Nah, sedangkan untuk diri sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja nih. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini!

Mendengarkan Musik

Nah, untuk tips pertama ini adalah tips yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi stres dimanapun dan dalam kondisi apapun. Dengan mendengarkan musik, kita bisa menjadi lebih rileks, dan tentunya dapat meningkatkan mood juga. Kamu juga dapat mencoba mendengarkan musik tanpa lirik karena musik jenis ini paling ideal untuk menurunkan tingkat stres saat bekerja.

Jangan Menunda Pekerjaan

Seringkali kamu tidak sadar bahwa salah satu pemicu tingkat stres di tempat kerja adalah menunda pekerjaan. Semakin sering kamu menunda pekerjaan, maka akan semakin menumpuk pekerjaanmu. Kamu bisa membuat daftar prioritas pekerjaan agar mempermudah kamu untuk menyelesaikannya secara disiplin dan efektif. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih cepat selesai sehingga otak dan hati kamu terasa nyaman tanpa memikirkan pekerjaan yang belum terselesaikan.

Gunakan Waktu Istirahat dengan Efektif

Kamu bisa menggunakan waktu istirahat dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti menonton youtube, drama korea, berjalan-jalan keluar gedung, ngobrol dengan rekan kerja, bahkan memejamkan mata sejenak. Hal ini dapat membuatmu melupakan sejenak rutinitas pekerjaan atau masalah yang sedang kamu alami. Selain itu, kamu juga bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerja lain.

Buatlah Tempat Kerjamu Nyaman

Tips berikutnya adalah cobalah untuk menata tempat kerjamu menjadi lebih rapi dan teratur, supaya tidak menambah beban otak saat kamu hendak menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu juga menjadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lebih awal.

Motivasi Diri

Setelah kamu melakukan tips-tips di atas, tips satu ini juga membantu untuk mengurangi rasa stres di tempat kerja, yaitu dengan memotivasi diri sendiri. Caranya dengan mengingat hal yang memotivasimu pada awal bekerja dulu, misalnya: rencana masa depan untuk melanjutkan pendidikan, menabung untuk hal pribadimu, dan harapan-harapan indahmu yang lain.

Bersyukur

Ada satu tambahan tips lagi nih buat kamu, yaitu bersyukur. Belajarlah untuk bersyukur dengan hidup dan pekerjaan yang kamu jalani sekarang karena banyak orang di luar sana yang menginginkan berada di posisimu sekarang.

Gimana? Ternyata banyak hal-hal simpel yang bisa dilakukan untuk mengatasi/ mengurangi stres lho. Semoga bisa bermanfaat yah! 

Callista Vanessa Xenia 

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir