PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Yakin, 24 Jam Sehari Kurang??

09 August 2021

“Aduh...ingin deh waktu itu lebih dari 24 jam sehari.”

“Arrggghhh, banyak tugas, tapi waktu terbatas.”

Seringkali kita mendengarkan bahkan melontarkan kalimat-di atas. Kalau kamu termasuk di dalam kategori orang-orang yang merasa 24 jam itu kurang dalam sehari. Yuk berlatih menggunakan waktu kita secara efektif!

Cari akar masalahnya

Coba tanya pada diri sendiri, kenapa ya waktu 24 jam terasa kurang bagi saya?

Apakah semua tugas ini punya deadline yg sama?

Apakah setiap tugas/ pekerjaan sudah dilakukan dengan efektif? 

Ketika paham akar masalahnya, kita akan lebih mudah dalam mencari solusi dan mengatasinya. 

Membagi waktu dengan skema yang jelas

8 jam istirahat, 8 jam bekerja, 8 jam mengerjakan hobby dan waktu dengan keluarga misalnya.  Buat to do list dan tentukan skala prioritas yang harus dilakukan setiap harinya, sehingga lebih mudah untuk mengalokasikan waktu dengan tepat.

Terapkan Self-Discipline

Cobalah disiplin dengan skema waktu yg sudah ditentukan. Jika waktunya untuk bekerja maka fokuslah bekerja. Minimalisir gangguan yang mungkin datang, jauhkan hal-hal yang membuat kita terdistraksi saat sedang fokus bekerja. Begitupun dengan waktu beristirahat dan melakukan hobby serta waktu bersama keluarga. Memang saat awal memulai terasa berat dan sulit, namun ketika sudah terbiasa semua akan terasa lebih mudah dan menjadi habit baru yang baik.

Mengelola waktu bukan sesuatu yang perlu ditakutkan, dengan strategi yang tepat dan disiplin yang kuat, kita dapat  mengelola 24 jam sehari yang ada dengan bijaksana. Yuk kita kelola waktu kita dengan baik!


You get to decide where your time goes. You can either spend it moving forward, or you can spend it putting out fires. You decide. And if you don’t decide, others will decide for you.” - Tony Morgan


Martha Surbakti

-Team Recruitment BCA-

Artikel Lainnya

Cari Karir