PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

What's My (Price) Personal Tag that I Have Now?

10 March 2021

Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata “Personal Branding”?

Menurut Jeff Bezos, pendiri perusahaan teknologi multinasional Amazon,Personal Branding adalah apa yang orang lain katakan tentang kamu, saat kamu tidak berada di ruangan tersebut. Personal Branding dapat terbentuk dengan sendirinya ataupun dibangun secara sadar oleh kita melalui kebiasaan serta perilaku yang kita tampilkan dalam keseharian.

Yuk simak 3 tips penting sebelum menentukan personal branding yang sesuai untukmu!

Big Why
Miliki alasan yg kuat kenapa kamu harus membangun personal branding. Tujuan apa yang ingin kamu capai dari personal branding yang akan kamu bangun?  Ingatlah alasan dan tujuan tersebut, sehingga ketika kamu menghadapi rintangan, kamu tidak mudah menyerah dalam membangun personal branding.

Be Genuine
Langkah kedua, jika kamu sudah mengetahui alasan kuat kenapa kamu harus membangun personal branding, adalah Be Genuine! Setiap pribadi memiliki keunikannya sendiri. Kamu tidak perlu iri dengan kepribadian orang lain atau bahkan menjadi minder dengan diri kamu sehingga kamu berusaha membangun personal branding yang menyerupai orang lain.
Orang yang genuine sangat memahami kalau keberadaannya pasti memiliki nilai yang positif bagi sekitar. Temukan nilai tersebut dan tunjukkanlah kepada orang lain di sekitarmu.

Consistent
Personal branding tidak dapat diciptakan dalam waktu singkat, perlu konsistensi dalam membangunnya. Mulailah dari langkah kecil namun dilakukan secara konsisten, sehingga pada akhirnya orang lain akan menyadari keberadaanmu dan mengenali personal branding yang sedang kamu bangun. Misalnya saja, jika kamu ingin menampilkan personal branding sebagai seorang beauty vlogger, kamu harus secara rutin membuat dan posting tips-tips seputar dunia kecantikan melalui berbagai sosial media yang kamu miliki. Begitu juga dalam setiap kesempatan, kamu harus selalu konsisten berpenampilan menarik untuk membangun kepercayaan dari orang lain.

Setelah membaca artikel ini, mulailah lakukan sesuatu untuk membangun personal branding sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tetapi jangan sampai personal branding yang kamu bangun bukanlah tentang dirimu yang sebenarnya, melainkan hanya mengikuti apa kata orang lain atau bahkan hanya sekedar mengikuti trend. Dan jangan lupa, bawalah dampak positif untuk dirimu dan orang lain dari personal branding yang akan kamu bangun! Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Cari Karir