PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Were You Being Productive Today?

11 November 2021

Siapa disini yang kalau belum mepet deadline belum semangat ngerjain tugas karena rasanya kalau mau ngerjain tugas banyak banget godaannya? Yang awalnya cuman mau rebahan 5 menit, eh jadi 5 jam. Kadang jadi ngerasa kalau waktu berjalan cepet banget. Padahal, kita semua punya waktu yang sama dalam 1 hari, apalagi udah coba untuk ngikutin tips time management dari internet dengan harapan bisa lebih produktif nih... Tapi kok bisa ya ada orang yang bilang 24 jam itu lama? Mungkin karena permasalahannya bukan cuman tentang time management, tapi bagaimana cara memanfaatkan waktu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Menurut Oxford Languages, konsep time management adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan waktu secara efektif atau produktif. Tapi kadang, kurangnya produktivitas dipengaruhi oleh kurangnya motivasi pada tugas yang harus dikerjakan. Nah, dibandingkan berfokus pada jangka waktu deadline, mungkin kamu bisa coba berganti fokus pada hal yang membuat excited pada tugas tersebut. Biasanya disebut sebagai attention management, yaitu tentang bagaimana kita bisa melakukan kontrol terhadap gangguan yang ada agar tetap fokus dalam beraktivitas. 

Tak hanya itu, lingkungan bisa juga menjadi faktor penting dalam produktivitas. Seperti, cuaca, suasana tempat kerja, waktu kerja dan sebagainya. Mengerti faktor eksternal yang membuat kamu bersemangat dapat membantu produktivitas loh! Mungkin sebelum mengerjakan tugas, memastikan suasana hati dan memahami hal yang mengganggu pikiran dan mencoba melakukan untuk mencapai suasana hati dan pikiran yang mendukung produktivitas dapat membantu kamu lebih fokus pada tugas yang ada.

Cara untuk mencapai suasana hati yang mendukung produktivitas ada banyak dan berbeda tiap orang. Dapat berupa ritual meditasi di tengah kejenuhan, merapikan meja kerja, jalan-jalan sebentar ke luar atau tidur sebentar. Tujuan dari attention management ini yaitu meluruskan pikiran dengan tugas yang perlu diselesaikan sambil mengizinkan pikiran melakukan apa yang diinginkannya.

Setelah mengatur jadwal secara rapi, kamu mungkin menemukan bahwa kegiatan yang dilakukan tidak pernah sesuai jadwal dan it’s totally fine. Mungkin kamu akan tetap menghabiskan jumlah waktu yang sama meski sudah merubah jadwal, tapi dengan mencoba attention management, kamu bisa lebih menyesuaikan urutan tugas dengan keadaan diri saat itu. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu lebih produktif ya setiap harinya! 

Natalica Athana - Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir