PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Tips Online Interview untuk jadi #TEAMBCA

08 June 2021

Salah satu tahapan yang paling umum dilakukan perusahaan dalam seleksi calon karyawan adalah interview. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk  menjaga jarak akibat pandemi covid-19, maka interview tidak lagi harus dilakukan secara tatap muka (face to face interview) tetapi sudah beralih ke online interview dengan menggunakan berbagai media yang tersedia seperti misalnya Google meet, Zoom, Cisco Webex, Skype, Whatsapp, dll.

Baik offline maupun online, keduanya sama-sama membutuhkan persiapan yang matang agar kalian bisa lulus tahapannya secara optimal. Nah, jika interview dilakukan secara online, apa saja persiapan yang perlu dilakukan agar bisa menjalankan prosesnya dengan baik? Yuk kita simak tips berikut ini:

Ciptakan first impressions yang baik

Bacalah petunjuk dalam undangan interview dengan teliti dan ikuti petunjuk yang diberikan dengan tepat. Ini bisa menunjukkan bahwa kalian mempersiapkan diri dengan memperhatikan informasi dan instruksi yang disampaikan secara seksama.  Undangan interview biasanya dikirimkan melalui email. Pastikan juga kamu secara rutin cek email ya!

Persiapan teknis

Persiapan ini mencakup perangkat untuk keperluan interview dan juga jaringan koneksi yang memadai. Pastikan aplikasi yang akan digunakan sudah di-install dalam perangkat yang akan kalian gunakan. Disarankan untuk  menggunakan laptop, tetapi sebaiknya siapkan juga peralatan cadangan  bila terjadi kendala pada laptop kalian. 

Gak kalah penting, jaringan internet yang stabil itu wajib! Pastikan kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang kalian miliki cukup untuk melaksanakan interview. Kelancaran koneksi dapat mengurangi rasa grogi saat melakukan interview. 

Lokasi interview

Pilihlah lokasi yang nyaman agar kamu bisa tetap fokus selama interview. Pilih latar belakang tembok yang netral atau di dalam kamar pribadi yang sudah dirapikan. Usahakan tidak banyak orang yang lalu lalang di ruangan tersebut untuk menjaga konsentrasi.

Perhatikan penampilan

Meskipun interview dilakukan secara online, kita juga perlu berpenampilan baik selayaknya interview tatap muka langsung. Berpakaian rapi dan sopan bisa menunjukkan keseriusan dan sikap profesional kamu loh!

Berlatih interview

Kalian bisa melakukan role play interview dengan teman atau saudara untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat sesi interview sesungguhnya. Jika malu berlatih dengan orang lain, kalian bisa menggunakan cermin untuk berlatih sendiri.

Terakhir dan yang terpenting, bersiap-siaplah lebih awal sebelum proses interview agar tidak menimbulkan panik jika ada kejadian mendadak yang terjadi di luar rencana.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membantu persiapan kalian menghadapi interview di BCA. Sampai bertemu di interview yang sebenarnya!

Artikel Lainnya

Cari Karir