PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Tips Meningkatkan Mood Agar Semangat Bekerja di Pagi Hari

19 April 2022

Siapa disini yang begitu membuka mata di pagi hari langsung memikirkan apa aja yang akan dilakukan di hari ini ? Atau mungkin suka memikirkan hal-hal baik atau buruk yang sekiranya dapat terjadi hari ini ? Daripada memikirkan hal-hal yang belum pasti atau belum tentu terjadi dan malah membuat kamu badmood, lebih baik kita melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan semangat dan mood kita di pagi hari. Yuk, kita simak bersama!

Berolahraga

Berolahraga sebelum beraktivitas seharian dapat membantu meningkatkan mood kamu loh. Menurut National Institutes of Health (NIH), saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari dan berolahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah, tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood atau suasana hati, serta membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Di samping itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental serta mengurangi risiko stres dan depresi.

Mendengarkan musik

Dalam studi yang dipublikasikan oleh Journal of Positive Psychology, mereka menemukan bahwa musik upbeat dapat memperbaiki mood dan meningkatkan perasaan bahagia. Studi lain yang dipublikasikan dalam World Journal of Psychiatry juga menemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi depresi dan kecemasan, sehingga mampu memperbaiki mood serta kualitas hidup. Bagaimana bisa ? Karena musik dapat mengikat emosi, mengembalikan memori, memperbaiki koneksi dalam otak, dan juga meningkatkan fokus. Keempat hal ini merupakan beberapa faktor yang dapat kamu lakukan dengan mudah untuk mempengaruhi mood kamu. Jadi, sudah tentukan lagu apa yang cocok untuk didengarkan hari ini ?

Pilihlah menu makanan yang tepat

Tau gak sih kalau makanan yang kamu makan itu juga dapat mempengaruhi mood dan kesehatan mental kamu? Para peneliti dari State University of New York menemukan bahwa asupan daging unggas dan daging merah akan membantu memperbaiki mood orang di usia 18-29 tahun karena jenis makanan ini meningkatkan serotonin dan dopamin sebagai penguat mood di otak. Sementara bagi orang di usia 30 tahun ke atas yang ingin meningkatkan mood-nya, dapat mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Adanya proses penuaan pada usia 30 tahun ke atas menyebabkan adanya peningkatan pembentukan radikal bebas (oksidan), jadi kebutuhan antioksidan juga akan ikut meningkat. Radikal bebas inilah yang menyebabkan gangguan pada otak, yang meningkatkan risiko tekanan mental dan terjadinya perubahan mood.

Setelah tau beberapa cara meningkatkan mood di pagi hari, cara mana nih yang ternyata sudah kamu lakuin selama ini ? Atau apakah kamu punya cara sendiri untuk meningkatkan mood kamu sebelum beraktivitas ?

Source:

https://www.beautynesia.id/life/7-cara-mudah-meningkatkan-mood-agar-semangat-kerja-di-pagi-hari/b-233883

https://www.halodoc.com/artikel/alasan-olahraga-dapat-menjadi-mood-booster

https://gaya.tempo.co/read/332490/rajin-olahraga-terbukti-meningkatkan-mood

https://www.halodoc.com/artikel/musik-pengaruhi-mood-kok-bisa-

https://litbang.kemendagri.go.id/website/peneliti-ungkap-jenis-makanan-yang-meningkatkan-mood/

Vanesa Adriana

Internship BCA

Artikel Lainnya

Cari Karir