PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Tips Buat Kamu untuk Menjaga Kesehatan Mental

06 April 2022

Menjaga kesehatan mental menjadi hal yang sangat penting saat ini. Kesehatan mental merupakan kondisi ketika batin dan watak manusia dalam kondisi yang normal, tentram, dan tenang sehingga dapat menjalankan aktivitas serta menikmati kehidupan sehari-hari. Kesehatan mental sangat penting untuk semua orang, termasuk untuk yang sudah bekerja.

Pikiran terhadap pekerjaan dapat mempengaruhi fisik seseorang. Oleh karena itu, sebagai pekerja harus mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental agar tetap profesional dalam bekerja. 

Yuk kita simak tips menjaga kesehatan mental dalam dunia pekerjaan :

Menjaga work life balance

Untuk tetap menjaga kesehatan mental dalam dunia kerja, kita harus memastikan keseimbangan antara pekerjaan di kantor dengan kegiatan di luar kantor. Kita juga harus memiliki waktu untuk diri sendiri dan kegiatan di rumah. Apabila tidak ada keseimbangan dalam kehidupan kita, produktivitas akan cenderung menurun dan akan mudah merasa lelah. Cobalah untuk melakukan hobi, menghabiskan waktu dengan keluarga, dan melakukan hal positif yang kamu sukai. Di BCA sendiri, #TeamBCA diwadahi berbagai kegiatan melalui komunitas hobi, jadi pulang bekerja bisa menjalankan hobi dan menjalin relasi dengan teman-teman dengan hobi yang sama. 

Fokus terhadap hal yang positif

Kita bisa berlatih untuk berpikir positif, dimana  porsi pikiran negatif dalam diri harus kecil serta tidak mendominasi. Dengan berpikir positif, kita bisa lebih menikmati setiap pekerjaan yang ada. Pastinya dengan berpikiran positif dapat meningkatkan daya tahan tubuh lho. 

Menjalin komunikasi 

Dengan menjalin komunikasi serta membangun hubungan yang baik dengan orang lain, akan membantu kita untuk menjaga kesehatan mental di kantor. Dengan menjalin komunikasi dengan rekan kantor, atau atasan, kamu dapat saling berbagi cerita, kekhawatiran, bertukar pikiran sehingga hal ini dapat meringankan beban pikiran. 

Mengonsumsi makanan yang sehat 

Ternyata, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Untuk menjaga kesehatan mental, konsumsi makanan-makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, protein, serta susu.

Usahakan untuk menghindari makanan junk food, makanan cepat saji, makanan tinggi lemak, makanan terlalu manis, makanan terlalu asin, dan alkohol. Selain mengganggu kesehatan mental, makanan yang tidak sehat juga dapat menurunkan imunitas.

Nah itu dia tips untuk menjaga kesehatan mental dalam dunia kerja. Hal yang terpenting adalah kesehatan mental setiap orang tidak selalu sama, melainkan setiap orang memiliki situasi yang berbeda-beda. Jadi jangan pernah juga untuk self diagnose ya. Yuk kita jaga kesehatan mental kita, agar hidup kita lebih bahagia! 

Joanna Willianto

Internship BCA


 

Artikel Lainnya

Cari Karir