PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

07 June 2022

Terjun ke lingkungan yang asing tentunya menjadi tantangan bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin memulai bekerja di tempat baru. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan beradaptasi yang baik, karena semakin cepat kita bisa beradaptasi, semakin cepat pula kita dapat bekerja maksimal. Bagaimana cara kita beradaptasi di tempat kerja baru? Yuk simak berikut ini!

Kenali tempat kerja dengan baik

Semakin kita kenal dekat dengan sesuatu, maka kita akan semakin nyaman untuk berada disekitarnya. Begitu juga dengan tempat kerja baru, kita harus coba mengenalnya dengan detail. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat kerja, seperti bagaimana budaya kerja yang dimiliki, bagaimana orang-orang didalamnya, ataupun seperti apa gaya berpakaiannya. Dengan itu, kita bisa memiliki gambaran dan dapat membawa diri kita dengan baik saat memasuki lingkungan kerja yang baru. 

Menjadi pendengar yang baik

Saat memasuki tempat kerja baru, penting bagi kita untuk secara aktif menjadi pendengar yang baik, tetap bersikap tenang dan peka terhadap situasi yang sedang terjadi di lingkungan sekitar tempat kerja. Hal ini dapat membuat kita lebih bijaksana dalam bertindak sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjadi pribadi yang ramah

Nah, di tempat kerja, tunjukkanlah kepribadian yang ramah, tulus dan sopan agar hubungan kita dengan rekan kerja terjalin dengan baik. Bersikap ramah akan membuat rekan kerja nyaman dengan keberadaan kita, sehingga membuat kita lebih cepat menyatu dengan tempat baru kita.

Banyak bertanya

Jangan pernah sungkan untuk menanyakan hal-hal seputar pekerjaan, aturan dan tugas yang belum sepenuhnya kita pahami. Banyak bertanya menjadi salah satu bentuk aktif kita dalam mencari tahu dan belajar dari mereka yang sudah ahli di bidangnya. Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu kita menguasai pekerjaan lebih cepat. Tetapi perlu diingat, pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan merupakan pertanyaan profesional yang sudah dipikirkan dengan sungguh-sungguh yah!

Menjalin pertemanan dengan rekan kerja

Kehadiran teman pastinya akan membuat hari-hari terasa lebih menyenangkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuka diri dan menjalin pertemanan baru dengan rekan kerja. Hal ini dapat dilakukan dengan memulai obrolan singkat seperti menanyakan kabar, membicarakan seputar isu yang sedang hangat, ataupun sesederhana hobi dan film favorit.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi di tempat kerja baru. Perlu diingat, yang paling penting adalah bagaimana cara pandang kita terhadap setiap situasi. 

Semoga sukses di tempat kerja baru mu yah!

Carla Linus

Internship BCA 

Source:

https://www.finansialku.com/beradaptasi-di-tempat-kerja-baru-agar-disukai-rekan-kerja/

https://www.kompas.com/parapuan/read/532995185/karyawan-baru-wajib-tahu-ini-7-tips-cepat-adaptasi-di-tempat-kerja-baru 

https://www.qubisa.com/article/cepat-beradaptasi-di-tempat-kerja#showContent 

Artikel Lainnya

Cari Karir