PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Throwback and Reach Your Goal with CERI

05 July 2021

Halo teman-teman,
Gak kerasa ya, kita sudah berada di bulan Juli, pertengahan tahun 2021. 

Hayo bagaimana kabar resolusinya nih? (cek juga artikel tentang resolusi berikut ini ya https://karir.bca.co.id/info-artikel/artikel/rayakan-usahamu-semangat-baru-di-tahun-2021). Maunya sih semua berjalan sesuai harapan, tapi walaupun ada resolusi yang belum tercapai, tidak perlu khawatir, masih ada waktu untuk mewujudkan resolusi tersebut di tahun ini!

Nah artikel kali ini akan berbagi tips bagaimana stay on track dengan resolusi-resolusi awal tahun yang sudah di buat. Coba dilihat kembali, dari beragam resolusi tersebut, kira-kira mana yang masih sulit untuk dilakukan atau butuh perhatian lebih? 

Yuk, coba gunakan metode CERI! CERI adalah singkatan dari 

Create - Eliminate - Reward - Improve.
 

Misalnya, resolusi awal tahun mau makin rajin membaca buku dan target menyelesaikan 5 buku di akhir tahun, tapi kok semakin hari semakin malas ya membaca buku? Kira-kira langkah apa yang bisa di lakukan supaya makin rajin membaca buku?

(C)reate   : Coba hadirkan kebiasaan yang bisa memberi ‘alarm’ ke otak kamu bahwa kamu ‘siap’ untuk melakukan kebiasaan membaca buku ini. Misalnya, sebelum membaca buku, kamu selalu membereskan meja belajar supaya terlihat rapi. Kemudian, memasang lagu instrumental yang akan menemani kamu dalam membaca.

(E)liminate: Eliminasi semua distraksi yang mungkin terjadi. Kalau kata James Clear, buatlah distraksi itu tidak terlihat. Misalnya, notifikasi handphone yang terus berdering. Akan lebih baik apabila kita mute notifikasinya sampai kamu selesai membaca 1 bagian dari buku tersebut. 

(R)eward  : Reward bisa diberikan apabila kamu sudah mencapai milestone tertentu. Misalnya apabila seminggu penuh berhasil meluangkan waktu untuk membaca, maka kamu bisa memberi reward sesuai yang diinginkan. Misalnya, jajan makanan atau minuman kesukaan dan lainnya. Reward diberikan sebagai bentuk apresiasi dari sikap konsisten yang sudah kamu tunjukkan selama ini. 

(I)mprove  : Tingkatkan self-awareness kamu dan mulai paham dengan kapasitas diri sendiri. Misalnya, 1 bagian per hari tampaknya terlalu banyak, mungkin bisa dikurangi, seperti mulai dari 5 lembar saja untuk dibaca tiap harinya. Dengan mengenal kapasitas diri, kamu akan lebih nyaman dalam menjalani resolusi-resolusi yang dituliskan. Beban yang diberikan kepada diri sendiri tidak menjadi berat karena sesuai dengan kemampuanmu.

Semoga metode CERI ini bisa bermanfaat untuk teman-teman mencapai resolusi atau kebiasaan-kebiasaan baik yang sedang di bangun sekarang. Ingat, mencapai suatu resolusi adalah sebuah proses. Proses tidak hanya ditandai dengan keberhasilan terus-menerus. Apabila mengalami kegagalan, tidak masalah, karena artinya teman-teman bisa mulai kembali dengan lebih baik!


Sampai jumpa di artikel berikutnya! Stay safe and stay healthy! 


 

Nathania Angela - Recruitment Team

Artikel Lainnya

Cari Karir