PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Three Magic Words That We All Should Know

19 August 2021

“Treat everyone with politeness and kindness, not because they are nice, but because you are” – Roy T. Bennet

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti kamu akan berinteraksi satu dengan yang lain, baik itu dengan teman, rekan kerja, maupun atasan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kemungkinan terjadinya kesalahpahaman antar lawan bicara akan lebih mudah terjadi. Agar bisa menjalin komunikasi yang lebih baik dengan sesama, ada baiknya apabila kita mengetahui tiga kata ‘ajaib’ yang dapat digunakan selama berkomunikasi. Kira-kira apa saja kata-kata ‘ajaib’ ini, yuk kita lihat satu per satu:

Tolong

Kata ‘tolong’ merupakan sebuah kata yang mudah diucapkan, tetapi seringkali dilupakan. Ada baiknya ketika meminta bantuan dari orang lain, tidak lupa mengucapkan kata ‘tolong’. Dengan mengucapkan kata ‘tolong’, orang yang diminta bantuan akan merasa lebih senang untuk membantu, karena mereka merasa bantuan yang mereka berikan jauh lebih dihargai. Mengapa tidak boleh lupa mengucapkan kata ‘tolong’? mengucapkan kata ‘tolong’ itu penting karena di setiap titik kehidupan, kita pasti selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Jangan lupa bahwa ada perkataan “You have to give respect to get respect”.

Maaf

Kata ‘maaf’ merupakan kata yang singkat tetapi sangat sulit diucapkan. Mengakui kesalahan yang dilakukan kepada orang lain memang bukan sesuatu yang mudah. Butuh kerendahan hati untuk melakukan hal ini. Akan tetapi, dengan mengucapkan kata ‘maaf’ saat melakukan kesalahan terhadap orang lain, orang yang menerima dampak dari kesalahan yang dilakukan akan lebih empati dan pada akhirnya dapat membuat mereka lebih paham dan mengerti mengapa kita melakukan kesalahan tersebut. Dengan mengucapkan kata ‘maaf’, hubungan dengan orang yang bersangkutan pun akan cenderung tetap bisa berjalan dengan baik dibandingkan bila tidak meminta maaf sama sekali.

Terima kasih

Berterima kasih artinya mensyukuri dan mengapresiasi hal yang kita terima. Kata ‘terima kasih’ juga merupakan salah satu tanda penghargaan terhadap orang yang telah memberikan bantuan. Sekecil apapun bantuan yang diberikan, tentunya harus dihargai, bukan? . 

Kesimpulannya kata ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’ bukan hanya pemanis bibir, namun dengan mengucapkan ketiga kata ini, dapat menunjukkan bahwa kita betul-betul menghargai orang lain yang selama ini sudah berinteraksi bersama. Jadi, apakah kamu sudah mengucapkan ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’ hari ini? 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Irene Pricilla – Recruitment Team

Artikel Lainnya

Cari Karir