PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Stand Out From The Crowd

06 October 2021

BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat adanya 1.7 juta mahasiswa dalam negeri yang lulus di tahun 2019, belum termasuk dengan mahasiswa yang memilih kuliah di luar negeri. Di tahun 2020, BPS mencatat jumlah pengangguran dari lulusan Diploma 1 hingga Sarjana meningkat lebih dari 15% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tentunya juga dipengaruhi pandemic Covid-19.

Lalu bagaimana kita sebagai alumni atau mahasiswa di era pandemi ini dapat menjadi kandidat yang stand out dan mampu bersaing dengan jutaan kandidat lain ketika melamar pekerjaan? Mari kita simak beberapa tips berikut: 

Mengenali diri sendiri dan menemukan tujuan

Beruntung kita hidup di era digital, yang sangat membantu untuk mempelajari sesuatu. Kita bisa mencari tahu apa kekuatan dan area pengembangan kita, misalnya dengan free test psikologi atau pengenalan diri yang tersedia secara online. Mungkin tes ini tidak seakurat tes yang dilakukan oleh professional, tapi setidaknya kita mempunyai gambaran umum tentang diri kita. Setelahnya, kita bisa menentukan goals yang ingin kita capai, yang sesuai dengan kekuatan kita. Misalnya, ketika kita memiliki kemampuan lebih di area analisa angka dan tertarik dengan investasi, kita bisa mulai mengikuti online course  terkait atau mencoba bidang tersebut, dengan risiko yang minimal tentunya.

Mau berusaha lebih

Mungkin kadang kita berpikir bahwa prestasi orang lain lebih cemerlang, pencapaiannya lebih baik, atau jalur karirnya lebih cepat. Tapi tahukah kita seberapa besar usaha yang dikeluarkan orang tersebut untuk mencapai prestasinya? Bagaimana dia mengorbankan waktu luangnya untuk mempelajari sesuatu, atau bagaimana dia mengurangi jam istirahatnya untuk mencapai targetnya? Usaha pastinya tidak akan mengkhianati hasil jika ditempuh dengan jalan yang benar . Walaupun ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi, tapi usaha dan hasil adalah sesuatu yang berbanding lurus. 

Menjalin networking yang baik

Walaupun masa pandemi mengurangi interaksi langsung, tapi memiliki networking yang baik dan sejalan dengan bidang kita sangatlah baik. Misalnya ketika kita memiliki pengalaman menjadi pengurus organisasi online dalam perkuliahan, hal itu akan mengasah soft skill dan menjadi nilai lebih ketika kita bekerja di perusahaan, yang juga merupakan sebuah organisasi. 

Bagaimana kita menjalin relasi yang baik ketika kuliah akan dibahas lebih detail dalam artikel berikutnya. Ikuti terus artikel ter-update di web karir kami yah! So, stay tuned to find out ☺ 

Helen Dharmawan

Recruitment Team

Artikel Lainnya

Cari Karir