PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Self-Love

23 June 2022

Kerap kali kita rindu untuk dicintai oleh seseorang, tapi apakah kita sudah mencintai diri kita  sendiri terlebih dahulu?

Mungkin beberapa dari kita sering menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah dilakukan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan kita kedepannya. Jika kita terbiasa untuk menyalahkan dan tidak menerima diri sendiri, maka akan menimbulkan rasa pengabaian atas diri dan menganggap hal yang dilakukan bukanlah sesuatu yang berarti. Namun, jika kita bisa berpikir sebaliknya, hal yang kita akan lakukan dapat bermanfaat dan mampu mencintai serta mengapresiasi diri kita sendiri atau yang kerap disebut self-love.

Tahukah kamu bahwa self love dipengaruhi oleh 4 aspek yang saling berkaitan? Nah, 4 aspek tersebut yaitu : 

Self- awareness (kesadaran diri)

Mengenal diri sendiri adalah langkah awal untuk bisa menemukan dan mengembangkan self-love kita. Ketika kita mampu mengenal diri dengan baik, kita bisa menentukan arah dan tujuan yang tepat sehingga mampu mengambil sebuah keputusan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menyesuaikan kondisi emosi dan cara bersikap dengan orang lain. 

Self-worth (harga diri)

Hidup yang kita jalani adalah suatu hal yang berharga, begitu juga dengan diri kita. Penting bagi kita untuk memiliki standar sendiri karena kitalah yang paling mengetahui kemampuan kita. Self-worth akan hadir ketika seseorang sudah menyadari bahwa dia tidak perlu mengikuti standar penilaian orang lain karena sudah mengetahui apa yang menjadi standar untuk dirinya sendiri. Nah, jadi tidak perlu khawatir kalau kita tidak sesuai dengan standar orang lain ya. We’re fabulous in our way.

Self-esteem (kepercayaan diri)

Self-esteem yaitu dimana kita merasa puas dan nyaman dengan diri kita sendiri, seperti dimana kita berada, hal-hal yang dimiliki, dll. Kuncinya adalah yakin dan percaya ya!

Self-care (perawatan diri) 

Self-care adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri baik fisik maupun mentalnya. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai untuk menjaga kesehatanmu. Mungkin yang sering kita dengar adalah “healing” dan “quality time”, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara bagi kita untuk self-care lho. 


Orang yang menerapkan self-love mampu mengenali dan menerima kelebihan dan kelemahannya, lebih percaya diri, dan memiliki pikiran yang lebih positif. Jika pikiran sudah positif, maka semua hal bisa dilakukan dengan maksimal. Untuk mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, yuk kita mulai mencintai diri kita sedini mungkin!

Resource : 

Khoshaba, D. 2012. A seven-step prescription for self loe. Psychology Today Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love

Angela Redyanvi

Employer Branding Team

Artikel Lainnya

Cari Karir