PERHATIAN

BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung.

ARTIKEL

Rayakan Usahamu, Semangat Baru di Tahun 2021

22 December 2020

Mungkin tiga dari sekian banyak resolusi di tahun 2020, kira-kira terdengar seperti ini :

“Wajib turun berat badan 10 kg di tahun ini”

“Tahun ini harus bisa masuk di perusahaan bergengsi!”

“Mau lancarin Bahasa Korea deh, supaya nonton drama korea gak perlu subtitle”

    Dari kalimat di atas, terasa sangat wajar jika kita mempunyai resolusi untuk masa depan. Resolusi menyadarkan kita bahwa sebagai manusia kita selalu punya keinginan untuk menjadi lebih baik. Resolusi sendiri tentunya bisa berbeda dan beragam antar individu. Dengan adanya resolusi, kita merasa seperti memiliki semangat untuk terus berkembang dan juga bertumbuh.

     Namun, ada yang berbeda di tahun 2020. Di awal tahun, mungkin ada banyak resolusi yang ingin dicapai dan ada banyak target yang ingin diraih. Baru beberapa bulan menjalani tahun 2020, ternyata pandemi datang dan membuat banyak orang harus menyusun kembali setiap resolusi dan rencana di tahun ini. Mungkin rencana yang rasanya optimis bisa diraih tahun ini, terpaksa harus ditunda ke tahun depan. Bahkan resolusi yang sudah disiapkan di awal tahun bisa jadi berubah haluan karena menyesuaikan dengan situasi saat ini.

       Lalu bagaimana caranya agar resolusi yang kita miliki bisa tetap tercapai di tengah keadaan yang kurang kondusif seperti saat ini? Atau kira-kira tips apa yang bisa kita lakukan agar resolusi di 2021 bisa punya peluang yang lebih besar untuk tercapai?

  1. Coba pikirkan resolusi yang spesifik dan terukur.
    Misalnya jika  kamu ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk membuat tujuan yang spesifik sampai ke berapa  kg berat yang ingin kamu hilangkan. Jadi, bukan hanya sekedar harus kurus! Tapi ada ukuran yang lebih spesifik misalnya, “mau turun 5 kg!”
     

  2. Berikan deadline untuk mencapai resolusi yang ingin dicapai.
    “Kira-kira untuk menurunkan berat badan ini sebanyak 5 kg, bisa tercapai dalam berapa bulan ya?”
    Atau “ untuk berlibur ke Bali perlu menabung berapa lama ya?”
    Tenggat waktu membantu kita untuk membuat planning dan disiplin terhadap planning untuk mencapai target kita. Dengan adanya tenggat waktu yang kita berikan untuk mencapai resolusi, maka akan mempermudah kita untuk melakukan langkah selanjutnya.
     

  3. Tentukan step-by-step dalam mencapai resolusimu!
    “Aku mau ke Bali dengan uang tabunganku sendiri dan aku mau menabung selama 3 bulan hingga uangnya cukup!”
    Resolusi yang cukup baik karena sudah cukup spesifik dan ada tenggat waktu yang diberikan. Langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana langkah-langkah yang bisa diambil agar resolusi kita tercapai.
    Misalnya, jika ingin pergi berlibur kamu bisa melakukan budgeting terlebih dahulu. Kira-kira berapa uang yang akan kamu alokasikan untuk biaya transportasi dan akomodasi, kemudian untuk jalan-jalan dan membeli oleh-oleh. Setelah itu, mulailah menghitung kira-kira dalam sehari berapa yang harus ditabung  agar biaya yang kamu butuhkan bisa tercapai dalam 3 bulan. Jangan lupa untuk tetap realistis dan disesuaikan dengan kapasitas kita dalam menentukan step-by-step ini. Tujuannya tentu agar kita tetap semangat dan tidak mudah menyerah dalam mencapai resolusi tersebut!

   Bagaimana dengan kabar resolusi yang teman-teman miliki sekarang? Langkah demi langkah, perlahan namun pasti, kita bisa mencapai resolusi yang sudah kita targetkan. Untuk teman-teman yang sudah berhasil mencapai resolusi di tahun ini, selamat ya! Kalian luar biasa karena sudah berhasil menyelesaikan apa yang telah kalian rencanakan, dan tetap semangat untuk mencapai resolusi-resolusi yang sudah menanti di masa depan!

Artikel Lainnya

Cari Karir